11 Urutan Make up Pemula, Ikuti Yuk Agar Cantik Maksimal!

Cantik Sehat – Urutan make up pemula penting sekali untuk diketahui bagi Anda yang sedang belajar menggunakan make up. Meskipun tidak ada aturan baku tentang urutan penggunaan make up, namun jika kurang tepat dapat mengakibatkan hasil riasan kurang maksimal. Ketahui dan pelajari tahapan demi tahapan dalam pengaplikasian make up sehingga terlihat rapi dan tidak menor.

Make up seolah sudah menjadi kebutuhan bagi kaum hawa untuk menunjang penampilan mereka. Meski demikian, ternyata masih banyak yang bingung untuk menentukan urutan pemakaian make up pemula. Saat ini tutorial penggunaan make up dapat dengan mudah ditemukan. Belajar menggunakan make up secara otodidak sekarang bukanlah hal yang sulit.

urutan make up pemula

Urutan Make up Pemula untuk Tampilan Flawless

Bagi para pemula yang sedang belajar menggunakan make up, sebaiknya ikuti tahap demi tahap secara urut agar hasilnya bagus. Mungkin perlu beberapa kali latihan untuk bisa mahir menggunakan make up dan terbiasa dengan urutannya. Berikut 11 urutan make up pemula yang bisa diikuti sebagai panduan.

1. Bersihkan Wajah

Urutan make up pemula yang pertama dan wajib dilakukan adalah membersihkan wajah. Wajah yang bersih menjadi dasar utama untuk menghasilkan riasan yang bagus. Bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih khusus wajah. Jika tidak ada cairan pembersih wajah, bisa juga mencuci muka dengan menggunakan sabun muka. Keringkan kulit wajah agar siap untuk pengaplikasian make up.

2. Gunakan Pelembab Wajah

Skin care yang satu ini wajib untuk digunakan. Gunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Kulit wajah yang lembab akan membuat make up menempel dengan baik. Untuk siang hari, pilihlah pelembab atau moisturizer yang mengandung SPF agar wajah terlindung dari radiasi sinar ultraviolet yang dipancarkan sinar matahari.

3. Aplikasikan Face Primer

Urutan make up pemula yang selanjutnya adalah penggunaan face primer. Penggunaan face primer akan membuat alas bedak menempel lebih awet. Selain itu, penggunaan face primer juga akan membuat alas bedak lebih mudah diaplikasikan di wajah. Gunakan face primer secara merata pada wajah hingga ke bagian leher. Cukup aplikasikan face primer tipis-tipis pada kulit wajah dan leher.

4. Alas Bedak

Urutan make up untuk pemula selanjutnya adalah alas bedak. Foundation atau alas bedak penting digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah. Bintik hitam atau bekas jerawat dapat disamarkan dengan menggunakan alas bedak. Pilihlah alas bedak yang sesuai dengan warna kulit. Alas bedak yang terlalu terang atau terlalu gelap dapat menyebabkan riasan menjadi tidak natural.

Cara pengaplikasian alas bedak bisa dengan menggunakan ujung jari, spon make up atau kuas. Cukup tuangkan sedikit alas bedak pada punggung tangan dan aplikasikan secara merata pada wajah, telinga dan leher. Hindari untuk mengaplikasikan alas bedak hanya di bagian wajah karena akan membuat seolah Anda mengenakan topeng. Baca juga 10 Urutan Make Up bagi Pemula, Mudah dan Efektif.

5. Concealer

Concealer  dalam urutan make up pemula sebaiknya diaplikasikan setelah alat bedak atau foundation. Beberapa orang menggunakan concealer sebelum alas bedak, namun hal ini akan memberikan hasil yang kurang maksimal. Concealer berfungsi untuk menutup noda pada wajah dan menyamakan warna kulit wajah. Jerawat dan lingkaran hitam di bawah mata dapat disamarkan dengan menggunakan concealer.

Gunakan concealer hanya pada bagian-bagian uang diperlukan. Jangan aplikasikan concealer di seluruh wajah dan leher. Selain untuk menutup noda di wajah dan meratakan warna kulit, concealer juga berfungsi untuk membuat highlight. Untuk membuat highlight pada wajah dengan menggunakan concealer, tentukan bagian mana saja yang akan diberi highlight.

6. Bedak

Urutan penggunaan make up untuk pemula yang keenam adalah pemakaian bedak. Pilih warna bedak yang paling mendekati warna kulit agar hasilnya terlihat natural. Gunakan spon atau kuas untuk mengaplikasi bedak, baik bedak padat ataupun bedak tabur. Pengaplikasian bedak menggunakan spon sebaiknya dengan cara ditepuk-tepuk ke kulit. Ini berguna agar tidak merusak foundation dan concealer yang telah diterapkan lebih dulu.

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, sebaiknya gunakan jenis bedak tabur. Bedak tabur memiliki kemampuan lebih tinggi untuk menyerap minyak pada kulit wajah dibandingkan dengan bedak padat. Sebaliknya bedak padat cocok digunakan bagi pemilik kulit wajah kering dan normal agar tidak terlihat semakin kering. Aplikasikan bedak secara merata pada bagian wajah, telinga dan leher.

7. Eye Shadow

Urutan make up pemula yang ketujuh yaitu penggunaan eye shadow. Riasan mata yang tepat akan membuat penampilan semakin memesona. Pilihlah warna-warna nude untuk jenis riasan yang lembut. Cukup aplikasikan satu jenis warna untuk memberikan kesan naturl. Namun jika ingin riasan mata yang lebih berwarna, aplikasi beberapa warna eye shadow  sesuai dengan keinginan.

8. Alis Mata

Banyak wanita yang merasa kesulitan untuk menggambar alis mata yang sesuai dengan bentuk wajah. Mulailah untuk membuat bingkai alis secara tipis baru setelahnya isi bagian dalam bingkai secara rata. Pilihlah warna alis mata yang paling mendekati warna asli alis. Hindari menggunakan warna alis mata yang terlalu tebal atau pekat karena akan membuat riasan wajah terlihat tidak natural.

Saat ini tersedia banyak alat bantu untuk menggambar alis dengan berbagai macam bentuk. Jika belum bisa menggambar alis dengan baik, gunakan alat bantu dan pilihlah model alis yang paling sesuai dengan bentuk wajah. Bentuk alis yang sesuai dan warna alis yang tepat akan membuat riasan wajah semakin sempurna. Menggambar alis mata masuk dalam urutan make up pemula yang harus sering dilatih.

9. Eyeliner

Gunakan eyeliner pada mata yang telah dirias dengan eye shadow. Aplikasikan eyeliner pada garis mata bagian atas agar mata terlihat lebih besar. Hindari menggunakan eyeliner secara tebal agar tidak terlihat menyeramkan. Bagi pemula sebaiknya pilih eyeliner yang berbentuk pensil. Eyeliner bentuk pensil lebih mudah diaplikasikan dibandingkan dengan menggunakan kuas. Mau sukses dalam diet? Simak disini!

10. Blush On

Urutan make up bagi pemula yang sebaiknya tidak dilewatkan adalah penggunaan blush on atau perona pipi. Perona pipi akan membuat wajah terlihat segar dan tidak pucat. Pilihlah perona pipi yang sesuai dengan warna kulit wajah. Perona pipi berwarna pink cocok digunakan untuk wajah yang berkulit terang. Pemilik wajah dengan kulit sawo matang sebaiknya memilih perona pipi berwarna oranye.

11. Lipstik

Urutan make up pemula yang terakhir adalah penggunaan lipstick. Pilihlah lipstick dengan warna favorit untuk menyempurnakan riasan wajah. Untuk siang hari, lipstik dengan warna-warna natural seperti pink atau warna nude cocok dijadikan pilihan. Gunakan pelembab bibir atau lip balm sebelum mengaplikasikan lipstick agar bibir tidak kering.

Merias wajah butuh ketrampilan yang harus dilatih secara terus menerus. Bagi para pemula mungkin perlu waktu yang lebih lama untuk bisa menghasilkan riasan yang sesuai dengan keinginan. Urutan make up pemula dapat membantu Anda agar tidak kebingungan. Latihan terus menerus menjadi salah satu kunci untuk bisa merias wajah dengan baik.

Demikianlah urutan make up pemula yang dapat dijadikan acuan dan panduan. Urutan make up ini dapat digunakan untuk menghasilkan riasan yang natural atau glamor baik untuk make up harian ataupun make up acara khusus. Sesuaikan make up dengan acara yang hendak dikunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu untuk menentukan urutan penggunaan make up.

Originally posted 2020-10-20 21:24:19.

Tinggalkan komentar