10 Urutan Make Up bagi Pemula, Mudah dan Efektif

Cantik Sehat – Urutan make up bagi pemula memang berbeda tiap orangnya. Ada yang memulai dengan mencuci wajah langsung, ada yang harus melakukan serangkaian treatment untuk membersihkan pori-pori, dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan kondisi tiap kulit dari masing-masing wanita adalah berbeda. Ada yang memiliki kondisi kulit berminyak, sensitif, super kering, atau justru normal-normal saja.

Berbeda lagi dengan faktor usia, tanpa disadari semakin bertambah usia menuju paruh baya, anda akan menemui berbagai permasalahan kulit yang kian kompleks. Umumnya bagi para remaja hingga awal usia 20 tahun, akan menemui berbagai masalah kulit seputar jerawat, masalah ingin memutihkan kulit wajah, dan masih banyak lagi permasalahan lain sesuai pertambahan usia. Tanpa disadari, hal ini membuat pemilihan make-up menjadi aspek yang penting.

urutan make up bagi pemula

Inilah Urutan Make up bagi Pemula yang Benar

Bagaimana ya, cara menerapkan make up yang benar agar hasilnya merata, tidak berlebihan, dan sesuai ekspektasi? Meski tidak ada aturan baku mengenai hal ini, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Membersihkan wajah

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Ada banyak cara untuk membersihkan wajah dan semuanya bergantung pada tipe kulit wajah anda. Contohnya pada anda yang memiliki kondisi kulit normal, cukup membersihkan wajah menggunakan sabun wajah saja.

Berbeda halnya bagi anda yang memiliki kondisi kulit berminyak, urutan make up bagi pemula dengan kondisi kulit demikian memerlukan pembersihan wajah ekstra. Apalagi untuk anda yang menggunakan berbagai produk pada malam hari, usahakan untuk tidak menggunakan produk yang menimbulkan minyak berlebih.

Penggunaan toner

Langkah kedua dalam penggunaan make up adalah mengaplikasikan toner ke wajah. Toner sangat baik untuk anda yang punya kondisi kulit kering dan sensitif. Toner dapat membantu kulit lebih terhidrasi dan make-up lebih mudah menempel di wajah anda. Toner bagi pemilik wajah berminyak juga mampu mengurangi minyak berlebih yang menyebabkan make-up menjadi kurang merata.

Selain itu, untuk urutan make up sehari-hari anda juga bisa menggunakan sheet mask sesekali. Hal ini sebagai salah satu upaya agar wajah lebih terhidrasi, terutama bagi anda yang diharuskan menggunakan make-up seharian penuh, serta sangat cocok diterapkan bagi anda yang memiliki kondisi kulit kering.

Pelembab

Selanjutnya urutan make up bagi pemula adalah memakai pelembab. Untuk semua tipe kulit wajah diharuskan menggunakan pelembab sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Pastikan anda memasukkan pelembab ke dalam urutan make up bagi pemula, sebab pelembab berfungsi sebagai dasar untuk memulai penggunaan make up.

Sekedar tips, bagi anda yang memiliki kondisi kulit berminyak dan sensitif, usahakan untuk menggunakan pelembab yang bersifat ringan. Hal ini dimaksudkan agar pelembab dapat dengan mudah terserap ke dalam kulit. Sementara itu, bagi anda yang memiliki kondisi kulit kering dapat menggunakan pelembab atau emulsi terlebih dahulu agar kulit semakin lembab.

Concealer

Urutan make up bagi pemula selanjutnya adalah adalah penggunaan concealer. Penggunaan concealer dimaksudkan untuk menutupi beberapa area wajah yang lebih gelap dari bagian wajah lainnya. Perlu diingat, concealer sering digunakan untuk menutupi bekas jerawat, komedo, sampai jerawat. Hal ini adalah salah. Gunakan concealer pada area seperti bawah mata maupun bekas jerawat.

Usahakan bagi anda yang hendak menggunakan concealer atau make up apapun, jangan mengaplikasikan pada bagian yang terkena luka atau jerawat, karena tentu dapat menimbulkan sumbatan pada pori-pori dan memperparah luka atau jerawat. Sehingga, urutan make-up bagi kulit berminyak khususnya pada pemakaian concealer harus lebih diperhatikan.

Foundation

Foundation adalah make-up yang wajib anda masukkan ke dalam urutan make up bagi pemula. Foundation dimaksudkan untuk meratakan warna kulit setelah penggunaan concealer di beberapa bagian wajah saja. Pastikan anda memilih foundation yang sesuai dengan tone kulit. Anda dapat memasukkan foundation sebagai salah satu urutan make-up sehari-hari sebelum melakukan berbagai aktivitas.

Untuk menghindari kesalahan dalam memilih warna foundation, pilih warna yang sama atau satu tingkat saja di atas warna kulit. Ada beberapa jenis foundation yang dimaksudkan untuk kulit berminyak. Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kecocokkan dengan tone  kulit anda.

Bedak

Nah, ini adalah step yang harus dilalui oleh setiap pengguna make-up pemula. Bedak memiliki peranan penting untuk meratakan sekaligus memperbaiki tekstur kulit yang mungkin sedikit kurang rapi pada saat penggunaanfoundation dan concealer. Baca juga Begini 13 Urutan Memakai Make up Bagi Pemula Yang Benar.

Kembali lagi, bagi anda yang memiliki kondisi kulit berminyak, maka ada tips yang bisa menjadi referensi anda. Urutan make-up bagi kulit berminyak, pada step bedak dapat menggunakan jenis bedak tabur saja. Hal ini berfungsi agar wajah anda terlihat lebih natural.

Blush on

Urutan make up bagi pemula selanjutnya yakni penggunaan blush on dimaksudkan untuk mempercantik area pelipis dan pipi. Terdapat tips yang bisa anda jadikan referensi pada saat menggunakan blush on. Contohnya, bagi anda yang memiliki kulit putih dan kuning langsat, sebaiknya menggunakan warna cerah seperti pink, atau warna berani seperti peach.

Sementara itu, untuk anda yang memiliki warna kulit sawo matang dan sedikit gelap, dapat menggunakan tone warna yang lebih tua. Nah, di sini anda dapat menambahkan sedikit shading di pipi kanan dan kiri untuk mempertegas bentuk wajah. Baca juga artikel diet sehat.

Eyeshadow

Kemudian, ada pada penggunaan eyeshadow. Sebenarnya, warna pada eyeshadow dapat anda sesuaikan dengan pakaian yang anda kenakan atau mungkin tampilan apa yang anda inginkan. Misalnya, untuk kegiatan bekerja atau aktivitas di dalam kantor, anda dapat menggunakan eyeshadow dengan warna-warna sederhana seperti cream, coklat, atau pink muda yang soft.

Urutan make up bagi pemula pada bagian eyeshadow ini bisa dikombinasikan dengan penggunaan eyeliner dan maskara. Anda dapat menggunakan eyeshadow dan memberikan sentuhan tajam dengan penerapan eyeliner. Ditambah lagi dengan jepitan bulu mata dan penggunaan maskara yang membuat mata anda menjadi lebih tegas dan tajam.

Lipstick

Selanjutnya, langkah make-up bagi pemula yang tak boleh dilewatkan adalah penggunaan lipstick. Setelah menggunakan berbagai macam make-up sepertifoundation, concealer, dan lain sebagainya, anda perlu menambahkan warna yang cemerlang di bibir anda.

Penambahan warna ini juga bisa disesuaikan dengan warna tone kulit, pakaian, serta apa yang hendak anda tampilkan. Mungkin untuk aktivitas di luar ruangan seperti biasanya, anda dapat menggunakan warna-warna natural seperti pink, peach, atau merah lembut.

Face mist

Terakhir, dalam urutan make up bagi pemula adalah penggunaan face mist. Agar make-up anda tetap on point walaupun sudah siang atau bahkan sore, serta tetap matte tanpa menimbulkan kesan berminyak, anda bisa menggunakan face mist.

Tak lupa bila anda ingin menghadiri kegiatan penting, maka tambahkan sedikit highlighter untuk mempercantik make-up anda. Kemudian semprotkan face mist dengan jarak 15 hingga 20 cm dari wajah anda.

Nah, di atas adalah beberapa urutan make up bagi pemula. Anda dapat mengikuti setiap langkah di atas sesuai dengan kondisi kulit. Pastikan untuk mencari tahu jenis kulit serta tone kulit anda demi mendapatkan hasil terbaik sesuai harapan.

Tinggalkan komentar