8 Tips Perawatan Kecantikan Alami yang Dahsyat Khasiatnya

Cantik Sehat – Mengetahui tips perawatan kecantikan alami merupakan anugerah yang luar biasa, terutama jika Anda wanita. Setiap wanita pasti menganggap penting kecantikan diri, sehingga akan melakukan perawatan apapun demi mendapatkan kecantikan maksimal. Namun, menggunakan cara alami sebenarnya sudah sedikit tertinggal. Hal ini disebabkan banyaknya perawatan medis yang lebih mutakhir dan cepat.

Melakukan berbagai macam perawatan belum tentu bisa membuat kulit wajah menjadi cantik, karena setiap orang memiliki kulit yang berbeda-beda. Maka dari itu perawatan alami merupakan jalan yang paling aman untuk dilakukan. Meski membutuhkan waktu lebih lama, ternyata para orang tua terdahulu sudah membuktikan efektifnya perawatan cantik tanpa bantuan medis atau obat-obatan tertentu.

tips perawatan kecantikan alami

Tips Perawatan Kecantikan Alami serta Perawatan Mandiri

Tips perawatan kecantikan alami banyak dicari, mungkin saja termasuk Anda juga. Cara cantik alami memang menyebabkan kecantikan natural yang permanen. Bagaimana caranya? Simak ulasan singkatnya di bawah ini:

1. Perawatan Tubuh dari Dalam dengan Buah dan Sayur

Tips perawatan kecantikan alami yang pertama jelas harus dilakukan dari dalam. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memakan makanan yang sehat dan mengandung vitamin untuk kulit. Hal ini bisa dijadikan perawatan wajah alami di rumah karena sangat mudah untuk dilakukan sendiri secara mandiri. Makanan terbaik yang dianjurkan adalah buah dan sayur.

Buah dan sayur bekerja sebagai antioksidan untuk tubuh dan dapat menyehatkan kulit wajah. Selain itu, Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung minyak dan lain sebagainya yang sejenis, karena akan membuat wajah berminyak dan kusam. Perawatan wajah alami di rumah yang terbaik adalah dengan memakanan makanan sehat serta mengandung vitamin untuk kulit.

2. Minum Air Putih secara Teratur

Meminum air putih secara teratur masuk ke dalam bagian tips perawatan kecantikan alami ini. Mengapa? Air putih terbukti membantu melembabkan kulit sepanjang hari. Syaratnya, harus menjadi kebiasaan setiap hari. Anda tidak bisa hanya meminum air putih satu kali lalu berharap kulit langsung lembab. Cara merawat wajah sehari-hari dengan cara ini memang butuh waktu tak sebentar, tetapi hasilnya maksimal.

Air putih diyakini sebagai penetralisir racun yang ada dalam tubuh. Bila Anda rutin meminumnya, maka racun pada tubuh penyebab kulit rusak akan hilang. Minum air sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda saja, karena setiap orang memiliki kapasitas untuk menampung cairan. Bila terlalu banyak, justru akan berbahaya terhadap tubuh, maka lakukanlah sewajar dan secukupnya saja.

3. Selalu Membersihkan Kulit

Tips perawatan kecantikan alami selanjutnya adalah jangan lupa untuk selalu membersihkan kulit, terutama Anda yang memiliki aktivitas padat setiap hari. Cara merawat wajah sehari-hari yang paling penting adalah membersihkannya. Jadi, Anda harus punya cream juga toner untuk membersihkan kulit setiap hari. Bahkan, jika perlu gunakanlah sabun wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Ketika Anda melakukan aktivitas padat di luar rumah, sebaiknya bersihkan kulit 3 kali sehari (pagi, siang, dan sore). Sedangkan bila tidak ada kegiatan, maka cukup 2 kali saja setiap pagi dan menjelang tidur. Lakukan ini setiap hari, sehingga Anda sudah tidak perlu lagi facial ke tempat mahal. Bila dengan kebiasaan sehat dan cara alami bisa, kenapa Anda harus menghamburkan uang demi perawatan medis yang kimiawi?

4. Menggunakan Cream Pelindung Kulit

Tips perawatan kecantikan alami kali ini adalah menggunakan cream. Cream pelindung kulit ini berguna untuk melembabkan kulit. Anda bisa memilih pelembab alami maupun kimia, tergantung pada Anda yang menggunakannya. Keduanya memiliki khasiat yang sama. Namun, tetap saja jika tidak cocok, jangan diteruskan dan hentikan saja secara langsung.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan sunscreen ketika harus pergi dan beraktivitas ke luar rumah. Sesuaikan SPF yang diperlukan; biasanya ada yang mengandung 30 SPF dan 50 SPF. Baca juga 5 Perawatan Kecantikan Wajah Harian yang Tak Boleh Terlupakan.

Untuk yang langsung terpapar sinar matahari, sebaiknya Anda menggunakan sunscreen dengan kandungan 50 SPF. Tetapi, semua kembali lagi pada kulit Anda, apakah jenis kulit Anda cocok dan mudah beradaptasi? Jika tidak, maka sebaiknya gunakan kandungan SPF yang lebih rendah.

5. Masker dengan Bahan Dasar Alami

Dalam tips perawatan kecantikan alami, sangat disarankan untuk menggunakan masker berbahan dasar alami. Masker alami ini diklaim tidak menyebabkan efek samping dan tentu hasilnya maksimal. Untuk penggunaanya, sebaiknya Anda menggunakan masker 2 kali dalam seminggu. Jadi dengan begitu kulit wajah Anda akan terjaga dengan baik. Merawat kulit secara alami memang merupakan jalan terbaik saat ini. Hal ini terutama disebabkan bahan dasar kimia pasti memiliki efek samping tertentu, terutama bila digunakan pada kulit yang sensitif.

Bahan yang bisa Anda gunakan sebagai masker alami di antaranya adalah masker putih telur, timun, madu, jeruk nipis, bengkoang, ataupun alpukat. Ya, beberapa jenis makanan tersebut selain bisa merawat kulit dari dalam, ternyata bisa juga digunakan sebagai masker wajah alami. Hal tersebut otomatis membuat sayur dan buah ini menjadi bahan dasar terbaik bagi kulit dari luar maupun dalam.

6. Hentikan Kebiasaan Begadang

Kebiasaan begadang merupakan hal terlarang dalam tips perawatan kecantikan alami, karena begadang jelas akan membuat wajah semakin kusam setiap hari. Mata yang tidak sehat dan kelelahan juga menjadi efek samping negatif dari gaya hidup begadang ini. Tidak tidur merupakan satu kegiatan buruk yang harus dihindari bila ingin memiliki wajah cantik alami.

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan bisa jadi alasan Anda untuk begadang, padahal bekerja hanya dapat dilakukan oleh tubuh yang sehat. Jika tubuh Anda tidak sehat, maka Anda akan mudah merasa lelah. Kelelahan memiliki efek buruk untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit.

7. Rutin Olahraga Setiap Hari

Rutin melakukan olahraga adalah penting dan termasuk tips perawatan kecantikan alami juga. Tubuh manusia dirancang untuk aktif bergerak agar otot tidak kaku dan dapat berfungsi normal. Tidak hanya kesehatan secara menyeluruh yang akan terganggu, tetapi juga menyebabkan Anda menjadi malas merawat diri. Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan yang dilakukan rutin setiap hari sudah cukup. Waktu yang disarankan adalah minimal 15 hingga 30 menit.

8. Jaga Kebersihan Barang-barang yang Bersentuhan dengan Kulit

Anda mungkin sudah paham untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan atau jari yang kotor. Namun ternyata dibutuhkan lebih daripada itu, Anda juga wajib memperhatikan kebersihan barang-barang yang kerap bersentuhan langsung dengan kulit, terutama wajah. Ini merupakan tips perawatan kecantikan alami yang sering diabaikan.

Mengganti sprei dan sarung bantal, misalnya. Bagi pemilik kulit kering dan normal, disarankan untuk mengganti setidaknya satu kali dalam seminggu. Sedangkan bagi Anda pemilik kulit berminyak, sebaiknya rajin mengganti sarung bantal setiap tiga hari sekali, karena tipe kulit berminyak rentan terhadap bakteri penyebab jerawat.

Nah, dengan tips perawatan kecantikan alami di atas, siapa bilang menjadi cantik harus melalui perawatan yang merepotkan dan mahal? Satu lagi yang tak kalah penting, sangat direkomendasikan agar Anda rajin membersihkan layar gawai, karena tentu jari Anda menyentuhnya setiap saat. Ditambah lagi ketika menerima telepon, layar gawai akan menyentuh kulit wajah.

Originally posted 2020-10-31 22:25:41.

Tinggalkan komentar