8 Tips Menjadi Cantik yang Mudah dan Hemat Biaya, Wajib Ditiru!

Cantik Sehat – Tips menjadi cantik ini mungkin akan terasa menggelitik, tetapi sangat penting untuk dipelajari. Pasalnya, tidak sedikit orang yang sudah melakukan perawatan di klinik kecantikan, tetapi hasil yang diberikan justru mengecewakan. Hal ini tentu sangat menyebalkan, apalagi uang yang dikeluarkan sudah cukup banyak. Lantas, apa yang salah?

Cantik itu tidak harus berkulit putih atau wajah mulus seperti bayi. Hal yang paling penting adalah kondisi kulit wajah yang bersih, sehat, dan terawat. Kondisi ini dapat ditandai dengan kulit yang terlihat segar, kenyal, dan bercahaya. Cara paling mudah untuk mendapatkannya adalah dengan mengubah pola hidup.

tips menjadi cantik
tips cantik yang mudah dilakukan

Tips Ampuh Menjadi Cantik

Gaya hidup memengaruhi kondisi seseorang jauh lebih besar daripada perkiraan, termasuk dalam hal kecantikan. Tubuh yang terlalu lelah atau pikiran stres akan membuat seseorang terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya. Oleh karena itu, pastikan mengikuti tips menjadi cantik berikut ini dengan sungguh-sungguh:

1. Jangan Malas Bersihkan Wajah

Wajah adalah bagian tubuh yang tidak terlindungi oleh pakaian atau penutup. Ada banyak debu, asap, polusi, dan make up yang menempel di atasnya. Benda-benda asing inilah yang memengaruhi kondisi dan kesehatan kulit wajah, karena dapat menyumbat pori-pori.

Oleh karena itu, tips menjadi cantik yang pertama, yaitu jangan malas untuk membersihkan wajah. Lakukan rutinitas ini minimal 2 atau 3 kali sehari menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Alangkah lebih baik, jika langkah ini ditambah dengan rangkaian skincare lain yang dapat mengoptimalkan proses pembersihan kulit. Misalnya pemakaian cleanser, toner yang exsfoliating dan juga facial wash serta peel off toner.

2. Gunakan Pelembap

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan pelembap, terutama bagi yang bertipe kulit kering. Dalam tips untuk menjadi cantik kehadiran pelembap sangat penting, karena dapat membantu tubuh untuk mengunci kadar air pada kulit.

Kulit yang kekurangan cairan dapat mengalami dehidrasi, kekurangan vitamin, dan lebih cepat keriput. Untuk menggunakannya, segera oleskan pelembap atau lotion sesaat setelah selesai mandi, jangan menunggu kulit kering terlebih dahulu.

Hal ini justru akan mengurangi fungsi dari pelembap tersebut, karena tidak ada cairan yang akan dikunci. Sebaiknya, terapkan hal ini ke semua bagian tubuh, tidak hanya area wajah saja.

3. Gunakan Tabir Surya

Tips menjadi cantik yang ketiga adalah menggunakan tabir surya (sunscreen atau sunblock), sebelum beraktivitas di luar rumah. Tabir surya akan melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, baik UVA atau UVB yang dapat mengancam kesehatan kulit.

Jika tidak mendapat perlindungan yang baik, bukan tidak mungkin kulit akan mengalami penuaan dini. Dalam kasus lebih lanjut, paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, pastikan memilih tabir surya yang memiliki kandungan SPF dan PA yang memadai.

Ingat, SPF tidak menandakan seberapa kuat perlindungan dari produk tersebut, tetapi seberapa lama efeknya mampu bertahan. Jika hanya berada di dalam ruangan, SPF15 sudah cukup untuk melindungi.

4. Gunakan Masker

Masker menjadi salah satu perawatan yang sangat dianjurkan dalam tips menjadi cantik alami. Pasalnya, masker dapat memberikan nutrisi tambahan, sehingga kulit menjadi kencang dan elastis. Lakukan perawatan ini minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Tak harus di salon kecantikan, masker juga dapat diaplikasikan sendiri di rumah. Saat ini sudah ada banyak sekali masker siap pakai yang ada di pasaran, tinggal sesuaikan saja dengan keinginan atau kebutuhan.

Tidak ada salahnya jika ingin mencoba masker alami yang terbuat dari bahan-bahan di sekitar. Beberapa di antaranya, yaitu lidah buaya, alpukat, putih telur, madu, oatmeal, pisang, dan lain sebagainya. Selain hemat, masker alami juga lebih aman untuk kulit.

5. Perhatikan Asupan Makanan

Tips menjadi cantik tidak dapat terlepas dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika ingin kulit sehat dan wajah cantik, pastikan untuk selalu mengonsumi makanan yang bergizi tinggi.

Buatlah variasi menu setiap kali makan, agar manfaat yang didapatkan lebih maksimal. Berikut adalah beberapa contoh jenis makanan yang bagus untuk kulit:

Ubi Jalar

Selain enak dan mengenyangkan, ubi jalan juga kaya akan kandungan beta karoten. Zat ini berfungsi untuk mencegah dehidrasi kulit, melindungi kulit dari sinar matahari, serta mencegah penuaan dini (keriput). Selain itu, beta karoten juga dapat diubah menjadi vitamin A yang bagus untuk kesehatan tulang, mata, serta imunitas tubuh.

Tomat

Memasukkan tomat ke dalam tips menjadi cantik dan sehat tentu tidak berlebihan. Pasalnya, tomat merupakan sumber antioksidan bernama lycopene yang ampuh untuk menangkal radikal bebas. Menurut hasil sebuah penelitian, mengonsumsi tomat 40gram secara rutin dapat mengurangi risiko kerusakan kulit akibat sinar UV.

Alpukat

Tak hanya kaya akan lemak sehat, buah alpukat juga mengadung vitamin A, C, dan serat. Kombinasi dari zat-zat tersebut sangatlah bagus untuk kesehatan kulit, serta dapat mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini. Oleh karena itu, selain dikonsumsi harian, alpukat juga sangat bagus untuk dijadikan masker wajah.

Brokoli

Tips menjadi cantik memasukkan brokoli ke dalam daftar makanan yang bagus untuk kulit. Pasalnya, di dalam brokoli mengandung vitamin C, zinc, serta lutein yang dapat menangkal radikal bebas dari kulit.

Brokoli juga termasuk jenis makanan yang enak diolah dengan beragam cara. Namun, jangan memasaknya terlalu lama atau panas, karena dapat merusak kandungan di dalamnya.

6. Tidur Berkualitas

Kenapa tidur termasuk salah satu tips menjadi cantik? Dalam dunia kecantikan, tidur akan memberikan jeda sesaat bagi tubuh untuk melakukan regenerasi sel. Baca juga Cara Agar Cantik dan Awet Muda.

Hal ini tentu sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, terutama untuk mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, pastikan untuk mencukupi jam tidur dan memastikan tidur tersebut berkualitas.

7. Olahraga Rutin

Masih ada yang berpikir olahraga itu hanya untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan? Jika masih memiliki pemikiran ini, maka ubah sekarang juga. Pasalnya, melakukan olahraga secara rutin juga termasuk ke dalam tips menjadi cantik.

Saat berolahraga, peredaran darah di dalam tubuh akan lebih lancar, sehingga kulit tampak merona dan bercahaya. Jangan pernah takut untuk berkeringat, karena melalui keringat inilah racun di dalam tubuh dikeluarkan.

Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan struktur kulit. Olahraga tak harus berat atau pergi ke gym, lakukan saja gerakan sederhana seperti jogging, bersepeda, aerobik, yoga, dan lain-lain.

8. Asupan Cairan

Salah satu tanda kulit mengalami dehidrasi adalah munculnya kerutan di wajah atau lingkaran hitam di bawah mata. Akibatnya, wajah akan terlihat pucat, layu, dan lebih tua dari usia yang sesungguhnya.

Oleh karena itu, terapkan tips menjadi cantik dengan mengonsumsi cukup cairan, minimal 8 gelas per hari. Lakukan secara rutin agar elastisitas kulit tetap terjaga dan tampak lebih muda.

Demikian beberapa tips menjadi cantik yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Maksimalkan hasilnya dengan mengelola stres dengan baik, serta mengubah gaya hidup menjadi lebih teratur. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi penyemangat bagi yang ingin tampil cantik alami tanpa riasan.

Tinggalkan komentar