11 Rekomendasi Tips Kulit Sehat dan Cantik, Wajib Tahu!

Cantik Sehat – Tips kulit sehat dan cantik pastinya akan selalu dicari oleh semua wanita, baik anak muda hingga dewasa. Hal ini karena kulit yang sehat dan juga cantik merupakan keinginan semua wanita. Bahkan banyak orang yang melakukan berbagai usaha agar kulit yang dimilikinya tersebut tetap cantik dan terawat.

Apakah usaha tersebut sudah tepat dan tidak membahayakan bagi diri sendiri? Hal tersebut perlu diketahui dengan baik. Oleh karena itu, tips kulit sehat dan cantik sangatlah perlu untuk diketahui. Lalu, bagaimana saja langkah yang tepat untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan cantik?

tips kulit sehat dan cantik

Inilah Tips Kulit Sehat dan Cantik yang Dijamin Ampuh

Menjaga kesehatan kulit memang sebuah keharusan. Selain berpengaruh pada kesehatan, hal tersebut juga akan berpengaruh pada kecantikan dan penampilan. Lakukanlah hal-hal di bawah ini jika Anda menginginkan kulit yang sehat dan juga cantik.

1. Mengendalikan Stres

Tips kulit sehat dan cantik yang pertama adalah Anda harus terhindar dari stress. Hal ini karena stres dapat menjadi pemicu tubuh dalam memproduksi lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Jika sudah begitu, dikhawatirkan kulit akan memiliki jumlah minyak yang terlalu banyak yang kemudian akan menutup pori-pori kulit.

Jika pori-pori sudah tertutup, maka akan timbul jerawat akibat bakteri yang terjebak di dalamnya. Imbasnya, kesehatan dan kecantikan kulit pun akan teganggu karena jerawat maupun komedo yang muncul dari tertutupnya pori-pori tersebut.

2. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi dan Bernutrisi

Selanjutnya, tips kulit sehat dan cantik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi. Hal ini merupakan suatu kebiasaan baik yang akan membuat Anda terlihat tetap cantik dan juga awet muda.  

Banyak sekali jenis makanan yang dapat membuat kulit Anda tetap sehat dan juga cantik, di antaranya makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan juga kolagen. Baca juga Cara Untuk Cantik Alami Dengan Tanaman Herbal.

Tips cantik dengan bahan alami adalah mengonsumsi bayam, kiwi, stroberi, dan tomat. Sementara untuk asupan kolagen, Anda dapat mengonsumsi bawang putih, ikan dan daging tanpa lemak, kacang-kacangan, sayuran jihau, dan juga alpukat. Dengan begitu, maka keinginan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik bisa Anda dapatkan.

3. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Begadang merupakan hal yang sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang canti dan sehat. Sebab, tips kulit sehat dan cantik yang selanjutnya bisa Anda lakukan adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup.

Jika ternyata Anda kurang tidur, maka akan ada efek buruk yang ditimbulkan, seperti kulit yang tampak kusam dan juga tampak lelah. Dengan tidur yang teratur, maka Anda akan terhindar dari kantung mata yang menghitam.

4. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari secara Langsung

Paparan sinar matahari tidak boleh Anda sepelekan, karena hal tersebut bisa saja memberikan dampak yang buruk bagi kulit Anda. Hindarilah paparan sinar matahari, khususnya pada pukul 11.00-16.00.

Akan tetapi, jika memang Anda harus berkegiatan di antara jam tersebut, maka gunakanlah tabir surya sebagai tips kulit sehat dan cantik. Gunakanlah juga pakaian yang lebih panjang sehingga kulit Anda dapat terlindungi dengan baik.

5. Memenuhi Kebutuhan Air Putih

Air putih juga merupakan salah satu cara agar menjadi cantik dan putih. Jika Anda ingin kulit Anda menjadi sehat dan cantik, maka konsumsilah air mineral secukupnya. Hal ini karena air sangat membantu tubuh dalam menghidrasi kulit. Minumlah air minral minimal 8 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh Anda.

Dengan meminum air putih, Anda pun dapat menjaga kesehatan ginjal. Hal ini karena cairan tubuh dapat tercukupi sehingga urine akan mengalir banyak. Dan ginjal pun akan menjalankan fungsinya dengan baik dan benar.

6. Menghindari Minuman Beralkohol

Tips kulit sehat dan cantik yang lainnya adalah menghindari minuman yang beralkohol. Hal ini karena alkohol mampu merusak keadaan kulit Anda. Jika Anda mengonsumsi alkohol secara berlebihan, maka hal tersebut pun akan merusak organ tubuh yang lainnya, salah satunya adalah hati.

Jika alkohol dikonsumsi secara berlebihan pun, maka akan menyebabkan pori-pori melebar, bahkan pembuluh darah pun bisa pecah. Maka hindarilah minuman yang satu ini.

7. Mengangkat Kulit Mati

Selanjutnya, tips kulit sehat dan cantik yang bisa Anda lakukan di rumah adalah mengangkat kulit mati. Bagaimana caranya? Anda dapat melakukan exfoliation di rumah hanya dengan menggunakan body scrub.

Hal ini bertujuan untuk mengangkat kulit yang hampir sama dengan kusam. Sehingga nantinya kulit Anda akan lebih bersih dan juga bercahaya. Anda pun dapat mengunjungi dokter untuk perawatan yang lebih aman.

8. Berolahraga Secara Teratur

Tidak ada yang meragukan lagi manfaat dari berolahraga. Sehingga hal ini pun menjadi salah satu tips kulit sehat dan cantik yang bisa Anda lakukan. Jika Anda melakukan olahraga secara teratur, maka kesehatan tubuh dan kulit Anda pun dapat terjaga.

Bahkan olahraga yang teratur bisa membuat Anda memiliki banyak energi dan tetap bugar dalam beraktivitas. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan dalam hal ini adalah aktivitas aerobik, jalan cepat, bersepeda, ataupun berlari.

Fungsi dari olahraga ini adalah untuk melatih perrnapasan. Jika Anda dapat melakukan latihan aerobik lebih lama, maka daya tahan tubuh yang Anda miliki akan semakin kuat.

9. Menghindari Keramas Setiap Hari

Keramas mungkin menjadi salah satu alternatif untuk membuat tubuh kembali segar. Namun, melakukan keramas setiap hari ternyata tidak baik bagi kesehatan. Hal tersebut dikhawatirkan akan mengurangi minyak di kulit kepala yang berfungsi sebagai pemberi nutrisi bagi rambut.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk keramas setiap dua hari sekali agar rambut dan kulitnya tetap dalam keadaan sehat. Bukankah menyenangkan memiliki kulit kepala yang sehat?

10. Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Tips kulit sehat dan cantik yang lainnya adalah membersihkan make up sebelum Anda tidur. Jika Anda tidur dalam keadaan menggunakan make up, maka pori-pori di wajah Anda akan tersumbat oleh make up, kotoran, dan juga keringat yang tersisa.

Jika begitu, maka kulit akan menjadi kusam dan juga keriput. Oleh karena itu, biasakan untuk mencuci wajah dari make up sebelum tidur agar kulit tetap sehat dan terawat. Dapat cantiknya juga sehatnya, jika melakukan tips ini.

11. Tidak Memencet Jerawat

Jerawat memang menjadi hal yang paling mengerikan bagi sebagian orang. Bahkan ada yang ingin memencetnya agar cepat hilang. Namun, kebiasaan memencet ini ternyata dapat menyebabkan jaringan parut dan terinfeksi.

Hal ini pun akan menimbulkan banyak risiko, yaitu memperparah peradangan dan juga menyebabkan flek. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk memencet jerawat ya, meski tangan sudah gatal hendak memusnahkannya.

Itulah beberapa tips kulit sehat dan cantik yang bisa Anda lakukan di rumah. Lakukanlah tips-tips di atas jika menginginkan kulit yang cantik dan juga sehat. Namun, imbangilah dengan tetap berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Selain itu, Anda pun dapat menghubungi dokter untuk hasil optimal.

Tinggalkan komentar