Temukan Cara Mengobati Kulit Kering Disini, Ikuti 13 Solusi Ini!

Cantik Sehat – Kulit kering atau dalam istilah medis disebut dengan xerosis dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja. Kulit kering ini bisa terjadi karena kurangnya kelembapan pada lapisan kulit teratas. Terdapat berbagai tips temukan cara mengobati kulit kering secara tepat.

Setiap tips bisa Anda praktikkan untuk memberikan kelembapan pada kulit. Kulit yang mengalami kekeringan biasanya cenderung lebih sensitif dan lebih rentan terhadap kerusakan. Oleh karena itu, mari simak ulasan berikut ini mengenai temukan cara mengobati kulit kering secara optimal.

temukan cara mengobati kulit kering
mengatasi kulit kering dengan mudah

Temukan Cara Mengobati Kulit Kering Secara Mudah Ini

Jika kulit Anda mulai kering, segera lakukan perawatan agar tidak terkena infeksi bakteri. Selain infeksi bakteri, kulit kering yang tidak terawat juga bisa membuat retakan kulit menjadi berdarah. Berikut tips tepat yang bisa dilakukan untuk mengobati kulit kering.

1. Gunakan Pelembap Secara Teratur

Tips temukan cara mengobati kulit kering yang pertama yaitu dengan menggunakan pelembap secara teratur. Dengan rutin mengoleskan pelembap secara teratur sepanjang hari bisa membuat kulit kering menjadi lebih halus dan lembut.

Selain itu pilihlah pelembap yang tepat, karena bisa melindungi lapisan kulit teratas untuk mencegah air keluar dari tubuh, sehingga tidak membuat kulit kering. Biasanya pelembap yang efektif dalam melembapkan kulit memiliki tekstur padat dan berminyak.

Salah satu pelembap terbaik yang bisa digunakan yaitu petroleum jelly. Anda bisa mengoleskan petroleum jelly pada kulit kering secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal. Sebaiknya gunakan petroleum jelly setelah mandi, karena kulit masih terasa lembap dan bersih.

2. Gunakan Pelembap Udara (Humidifier)

Cara mengobati kulit kering selanjutnya adalah dengan pelembap udara (humidifier), biasanya akan menyesuaikan kelembapan udara di rumah Anda. Dengan begitu, maka udara di dalam rumah tidak akan terpengaruh dengan cuaca panas atau dingin. Hal ini tentu semakin membuat udara di rumah tetap stabil, sehingga membuat kulit tidak mudah kering.

3. Gunakan Minyak Kelapa

Tips untuk temukan cara mengobati kulit kering selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Di dalam minyak kelapa terdapat asam lemak yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, kandungan asam lemak juga bisa melindungi kulit dari berbagai faktor lingkungan. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin pada bagian kulit yang terasa kering. Hal ini juga dapat menjadi cara mengobati kulit kering di kaki, dan jangan lupa untuk gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Gunakan Madu untuk Kulit Wajah Kering

Kulit kering bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, tanpa kecuali wajah. Apabila kulit wajah Anda mengering, Anda bisa menggunakan madu untuk mengatasinya. Madu merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk melembapkan wajah, sebagai antiradang, dan menyembuhkan luka.

Untuk mengaplikasikan madu pada wajah yaitu dengan cara menggunakannya sebagai masker. Anda bisa langsung mengoleskan madu pada kulit wajah atau bisa juga mencampurkan madu dengan bahan lain seperti perasan lemon.

5. Gunakan Lidah Buaya

Tips temukan cara mengobati kulit kering selanjutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya atau aloevera. Lidah buaya termasuk bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering. Anda bisa menggunakan ekstrak lidah buaya yang telah diproses atau bisa juga menggunakan gel dari tanaman lidah buaya secara langsung.

Sebelum menggunakan gel lidah buaya, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan cara mengoleskan sedikit gel pada kulit. Apabila tidak ada reaksi alergi, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kering dan mendiamkannya semalaman. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Cara mengobati kulit kering selanjutnya yaitu dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Makanan kaya antioksidan bisa membantu tubuh dalam membuat sel-sel sehat. Baca juga cara tampil cantik dan menarik setiap hari yang sederhana.

Selain itu, makanan kaya antioksidan juga mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh racun. Berbagai makanan yang mengandung aktioksidan tinggi antara lain kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.

7. Mandi dengan Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan alami yang memiliki zat antiradang dan antioksidan. Adanya kandungan zat dalam oatmeal ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan kulit iritasi. Selain itu, oatmeal juga sangat efektif untuk menghilangkan gatal pada kulit.

Cara menggunakan oatmeal untuk kulit kering yaitu dengan memilih oatmeal koloid yang dikhususkan untuk mandi. Kemudian tuangkan oatmeal ke dalam bak mandi yang berisi air hangat, lalu gunakan untuk berendam atau mandi. Gunakan secara rutin agar Anda mendapatkan manfaat dari oatmeal untuk mengobati kulit kering.

8. Gunakan Produk Mandi Berbahan Lembut

Tips temukan cara mengobati kulit kering selanjutnya yaitu dengan menggunakan produk mandi berbahan lembut. Produk mandi juga berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit. Agar kulit senantiasa sehat dan tidak kering, Anda bisa menggunakan produk mandi yang berbahan lembut tanpa kandungan alkohol atau zat kimia tambahan lain.

Jika Anda merasa ragu dalam memilih produk mandi, Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk menentukan produk yang sesuai. Dengan berkonsultasi kepada dokter tentu Anda akan mendapatkan produk tepat sesuai kebutuhan kulit.

9. Hindari Skincare yang Mengandung Alkohol

Bila Anda memiliki kulit sensitif seperti mudah kering, usahakan untuk menghindari berbagai produk skincare yang mengandung alkohol. Hal ini karena alkohol bisa membuat kulit semakin kering.

Selain itu, usahakan untuk tidak memilih produk skincare yang mengandung pewangi. Hal ini karena pewangi bisa membuat iritasi dan membuat kulit semakin kering.

10. Gunakan Sarung Tangan Saat Mencuci

Kulit kering pada tangan bisa juga disebabkan karena bahan detergen terlalu keras. Agar tidak mengalami kulit kering setelah mencuci pakaian, Anda bisa menggunakan sarung tangan non-lateks.

Dengan menggunakan sarung tangan, tentu Anda tidak akan bersentuhan langsung dengan detergen saat mencuci pakaian. Dengan begitu maka Anda bisa menjaga kulit tangan tetap lembap dan sehat.

11. Jangan Mandi Menggunakan Air Panas

Meski nyaman dan membuat relaks, namun mandi menggunakan air panas bisa membuat kulit semakin kering. Hal ini karena mandi menggunakan air panas bisa menghilangkan minyak alami pada kulit. Kehilangan minyak alami pada kulit tentu bisa membuat kelembapan kulit menjadi berkurang, sehingga membuat kulit kering.

12. Jangan Menggosok Kulit Terlalu Keras

Tips temukan cara mengobati kulit kering selanjutnya yaitu dengan tidak menggosok kulit terlalu keras. Kulit kering cenderung sensitif dan mudah terluka. Maka dari itu sebaiknya hindari menggosok kulit terlalu kerasa saat selesai mandi.

Anda hanya perlu menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk untuk mengeringkan tubuh agar kulit tidak tergores. Selain itu, usahakan untuk menggunakan handuk berbahan lembut yang nyaman bagi kulit.

13. Penuhi Kebutuhan Asupan Air

Cara mengobati kulit kering selanjutnya yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh secara tepat. Usahakan untuk meminum sekitar 8 gelas atau 2 liter air putih setiap hari. apabila kebiasaan ini diterapkan secara rutin, maka kulit akan menjadi sehat dan lebih lembap.

Cara mengobati kulit kering di bibir juga bisa dengan memperbanyak asupan air. Karena dengan terpenuhinya air, sel-sel tubuh bisa terhidrasi dengan optimal.

Terdapat berbagai cara untuk mengobati kulit kering secara tepat, mulai dari menggunakan pelembap secara teratur hingga mencukupi asupan air dalam tubuh. Dengan menerapkan tips temukan cara mengobati kulit kering secara tepat, tentu bisa membuat kulit menjadi sehat, lembap, dan lebih terawat.

Originally posted 2020-10-12 15:09:52.

Tinggalkan komentar