Temukan Cara Mengobati Gatal-gatal Pada Kulit Lewat 12 Tips Mudah Ini

Cantik Sehat – Temukan cara mengobati gatal-gatal pada kulit dengan tepat, karena gatal pada kulit bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya reaksi alergi. Terlebih lagi, rasa gatal dipermukaan kulit tentu sangat mengganggu, bahkan bisa menyakitkan.

Terdapat berbagai tips temukan cara mengobati gatal-gatal pada kulit secara tepat. Uniknya, setiap tips bisa Anda gunakan untuk mengobati rasa gatal sesuai kebutuhan. Penasaran seperti apa tips-tipsnya? Mari simak dalam ulasan berikut ini!

temukan cara mengobati gatal-gatal pada kulit

12 Cara Mengobati Gatal Secara Tepat

Tips ini bertujuan untuk mengurangi rasa gatal dan mengurangi garukan di permukaan kulit. Hal ini karena menggaruk kulit yang gatal bisa menyebabkan masalah lain seperti kulit bersisik, kering, bahkan munculnya luka pada kulit. Jadi mari simak dalam ulasan berikut ini.

1. Gunakan Minyak Kelapa

Tips temukan cara mengobati gatal-gatal pada kulit yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dipercaya mampu mengobati masalah pada kulit seperti jerawat, eksim, dan gatal.

Minyak kelapa juga mengandung protein, sehingga dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit. Adanya kandungan beragam vitamin dan mousterizer pada minyak kelapa bisa memperbaiki iritasi dan kerusakan pada kulit.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa meningkatkan kadar antioksidan. Antioksidan ini berfungsi mengatasi peradangan yang memicu gatal-gatal pada kulit dan menstabilkan radikal bebas.

Cara menggunakannya yaitu dengan cara mengoleskan minyak kelapa di area kulit yang terasa gatal. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain mengurangi rasa gatal, mengoleskan minyak kelapa pada kulit juga membuat kulit terasa lembap dan sehat.

2. Gunakan Lidah Buaya

Selain minyak kelapa, lidah buaya juga merupakan bahan alami yang bisa mengobati gatal-gatal pada kulit. Kandungan dalam lidah buaya bisa membantu meredakan iritasi kulit dan kulit kering. Baca juga 9 tips menjadi perempuan cantik dengan perawatan sederhana.

Selain itu, lidah buaya juga bisa memberikan kelembapan pada kulit, sehingga kulit tetap lembap dan sehat. Sebelum mengoleskan lidah buaya pada kulit, sebaiknya Anda menguji reaksi alergi terlebih dahulu. Hal ini karena ada sebagian orang yang tidak cocok atau alergi dengan lidah buaya.

3. Gunakan Es Batu

Tips temukan cara mengobati gatal-gatal pada kulit selanjutnya yaitu dengan menggunakan es batu. Untuk menggunakannya, Anda cukup meletakkan es batu ke dalam kain, lalu gunakan kain berisi es untuk mengompres bagian kulit yang gatal. Cara ini cukup ampuh untuk meringankan gejala gatal pada kulit.

4. Gunakan Oatmeal

Selain baik untuk dikonsumsi, oatmeal juga bisa membantu meringankan rasa gatal pada kulit. Oatmeal mengandung zat antiinflamasi dan antioksidan yang bisa mengurangi rasa gatal pada kulit. Selain itu, kandungan pada oatmeal juga bisa mengatasi kulit kering dan kulit kasar.

Cara mengobati gatal-gatal pada kulit dengan oatmeal yaitu dengan mencampurkan oatmeal koloid ke dalam bak mandi. Gunakan secara teratur untuk mengurangi rasa gatal pada kulit Anda serta bisa juga digunakan sebagai cara jitu untuk mengobati gatal-gatal pada kulit tangan dan kaki.

5. Gunakan Baking Soda

Tips temukan cara mengobati gatal-gatal pada kulit selanjutnya yaitu dengan menggunakan baking soda. Baking soda memiliki sifat antijamur, sehingga sangat efektif digunakan untuk mengurangi rasa gatal di kulit.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan seperempat cangkir baking soda ke dalam bak mandi yang telah diisi air hangat. Selain mencampurkan baking soda ke dalam bak mandi, Anda juga bisa membuat pasta dari baking soda.

Caranya yaitu campurkan baking soda dengan sedikit air, lalu aduk hingga menyerupai pasta. Kemudian oleskan pasta baking soda ke kulit yang gatal secara langsung. Agar lebih efektif, usahakan untuk menggunakan cara ini secara teratur.

6. Gunakan Minyak Zaitun

Tips mengenai temukan cara mengobati gatal-gatal pada kulit yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Dalam minyak zaitun terkandung oleochantal yang bisa meredakan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit.

Selain meringankan rasa tidak nyaman akibat peradangan, minyak zaitun juga bisa menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti gatal, kering, dan iritasi yang menyebabkan kulit kemerahan.

Cara menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang iritasi atau gatal. Gunakan secara rutin agar rasa gatal sedikit berkurang.

7. Gunakan Cuka Apel

Selain minyak zaitun, cuka apel juga bisa mengurangi rasa gatal pada kulit akibat alergi. Cara mengobati gatal-gatal pada kulit dengan cuka apel yaitu dengan merendam kapas ke dalam cuka apel. Setelah itu, gunakan kapas tersebut untuk mengompres kulit yang gatal akibat reaksi alergi.

8. Gunakan Tea Tree Oil

Cara mengobati gatal-gatal pada kulit berikutnya adalah secara alami, yaitu dengan menggunakan tea tree oil. Tea tree oil banyak digunakan sebagai antiseptik dan memiliki sifat anti peradangan.

Selain itu, tea tree oil juga dipercaya mampu menenangkan kulit, sehingga banyak digunakan sebagai campuran produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat. Terlebih lagi, produk ini juga bisa digunakan sebagai cara jitu mengobati gatal-gatal pada kulit bayi secara aman.

9. Gunakan Daun Peppermint

Selain menggunakan tea tree oil, Anda juga bisa menggunakan daun peppermint untuk mengobati gatal pada kulit. Daun peppermint atau daun mint dikenal memiliki sifat yang menyejukkan serta mampu mengurangi rasa gatal alergi.

Untuk menggunakannya campurkan minyak daun mint dengan pelembap yang biasa Anda gunakan untuk mengurangi gatal. Campuran ini hanya digunakan pada gatal yang ringan, bukan gatal alergi parah.

Perlu diingat untuk tidak mengoleskan minyak peppermint ke kulit yang gatal secara langsung. Hal ini karena minyak peppermint bisa memicu sensasi terbakar pada kulit, bahkan bisa memperburuk permukaan kulit yang gatal.

10. Gunakan Obat yang Mengandung Antihistamin

Histamin adalah zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh saat terjadi alergi. Adanya zat inilah yang membuat tubuh terasa gatal, muncul ruam kemerahan, dan pembengkakan pada kulit.

Untuk melawan histamin, Anda memerlukan obat yang mengandung antihistamin. Namun obat yang mengandung antihistamin biasanya menimbulkan efek samping seperti kantuk. Jadi sebaiknya gunakan obat yang mengandung antihistamin sebelum tidur.

Anda bisa membeli obat yang mengandung antihistamin di apotik. Sebelum membeli untuk temukan cara mengobati gatal-gatal pada kulit, sebaiknya menjelaskan keluhan yang Anda rasakan kepada apoteker tempat membeli obat.

11. Gunakan Obat yang Mengandung Hidrokortison

Tips temukan cara mengobati gatal-gatal pada kulit selanjutnya yaitu dengan mengoleskan krim anti-gatal yang mengandung minimal 1% hidrokortison. Adanya kandungan hidrokortison pada krim anti gatal dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan terasa gatal.

Anda bisa membeli krim anti gatal ini di apotek terdekat. Namun perlu diingat, krim ini hanya ditujukan untuk area gatal yang sempit dan bukan digunakan di seluruh tubuh. Sebelum membeli krim ini, sebaiknya Anda menjelaskan keluhan Anda kepada apoteker untuk mendapatkan obat yang tepat.

12. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara mengobati gatal pada kulit selanjutnya yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. Gatal bisa terjadi karena kurangnya cairan dalam tubuh atau dikenal dengan dehidrasi. Maka dari itu, agar tidak menimbulkan reaksi gatal pada kulit sebaiknya tingkatkan konsumsi air putih.

Banyak konsumsi air putih bisa menghidrasi kulit, sehingga kulit terhindar dari rasa gatal maupun kulit kering. Selain itu, banyak konsumsi air putih juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, tunggu apalagi untuk temukan cara mengobati gatal-gatal pada kulit? Karena sangat mudah.

Terdapat berbagai tips temukan cara mengobati gatal-gatal pada kulit, mulai dari menggunakan minyak kelapa hingga perbanyak konsumsi air putih. Saat gatal yang Anda rasakan semakin parah dan mengganggu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan secara tepat.

Originally posted 2020-10-13 12:21:19.

Tinggalkan komentar