8 Tahapan Facial di Klinik Kecantikan, Perempuan Wajib Tahu!

Cantik Sehat – Ada 8 tahapan facial di klinik kecantikan yang harus Anda ketahui. Setiap tahapan memiliki peran penting dalam merawat kulit wajah. Saat akan melakukan facial, tentu Anda ingin memperbaiki permasalahan kulit wajah yang dialami. Mulai dari kulit kering, flek hitam, hingga memperbaiki tekstur kulit.

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga perlu perlakuan berbeda saat facial. Bahkan tak jarang ada orang yang alergi dengan bahan tertentu, sehingga akan mendapat jenis perawatan berbeda. Dengan melalui berbagai tahapan saat facial, bertujuan membuat permasalahan kulit bisa teratasi dengan baik.

Tahapan facial di klinik kecantikanInilah Tahapan Facial di Klinik yang Harus Diketahui

Berikut 8 tahapan saat melakukan facial di klinik kecantikan. 

1. Konsultasi

Tahapan facial di klinik kecantikan yang pertama yaitu berkonsultasi kepada dokter kecantikan. Konsultasi menjadi tahapan terpenting sebelum memulai facial. Saat berkonsultasi Anda bisa menjelaskan berbagai keluhan wajah yang dirasakan. Misalnya Anda ingin menghilangkan garis-garis halus dan kerutan wajah atau sekadar membersihkan sel kulit mati. 

Selain itu, Anda juga bisa memberi tahu dokter kecantikan tentang berbagai masalah kulit yang dimiliki. Misalnya Anda memiliki wajah sensitif terhadap bahan tertentu. Dengan begitu maka dokter akan memberikan tahapan facial sesuai kondisi kulit wajah Anda. hal ini tentu membuat Anda mendapatkan perawatan optimal sesuai kebutuhan kulit wajah. 

2. Pembersihan Kulit Wajah

Selanjutnya, tahapan facial di klinik kecantikan yaitu proses membersihkan kulit wajah. Pembersihan kulit wajah menjadi langkah penting sebelum melakukan perawatan wajah. Bahkan sebelum tidur pun Anda disarankan untuk membersihkan wajah. Hal ini bertujuan untuk membersihkan wajah dari make up, debu, minyak, dan kotoran. 

Selain itu, membersihkan wajah sebelum perawatan juga membuat skincare lebih meresap ke dalam lapisan kulit. Hal ini tentu membuat perawatan wajah menjadi lebih optimal. Biasanya saat proses membersihkan wajah, beauty therapist akan memberikan pijatan ringan sehingga membuat Anda semakin relaks. 

Pijatan ringan saat membersihkan wajah juga berfungsi mengendurkan otot-otot pada wajah. Agar lebih mudah saat melakukan tahapan facial di klinik kecantikan ini, usahakan tidak menggunakan make up secara berlebih. Hal ini bertujuan agar tidak memerlukan proses lama saat pembersihan wajah di klinik kecantikan.

3. Proses Penguapan

Tahapan facial di klinik kecantikan berikutnya yaitu proses penguapan. Penguapan dilakukan setelah wajah selesai dibersihkan. Proses penguapan bertujuan untuk membuka pori-pori pada kulit wajah dan melembutkan kulit. Adanya proses penguapan membuat komedo lebih mudah terangkat. 

Selain itu, penguapan juga berfungsi untuk meluruhkan sel kulit mati dan sisa-sisa kotoran pada wajah. Biasanya saat proses penguapan, pori-pori pada wajah akan terbuka dan mengeluarkan keringat. Saat keringat keluar maka racun, bakteri, sel kulit mati, dan minyak juga ikut keluar. 

Hal ini tentu membuat wajah semakin sehat, segar, dan bersih. Selain mengeluarkan racun dan membersihkan kulit, penggunaan uap hangat juga berfungsi untuk meremajakan kulit serta melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar tentu membuat wajah lebih sehat dan terawat. Proses penguapan wajah juga lebih memudahkan ahli terapi untuk melakukan proses eksfoliasi dan ektraksi. 

4. Proses Eksfoliasi atau Pengelupasan

Tahapan facial di klinik kecantikan selanjutnya yaitu eksfoliasi atau pengelupasan. Setiap klinik kecantikan memiliki metode berbeda dalam tahapan pengelupasan. Biasanya klinik kecantikan menggunakan metode micro peel atau microdermasi untuk pengelupasan kulit. Perlu diingat untuk tidak menerima layanan ini dari sembarang orang. Pasalnya metode ini seharusnya dilakukan oleh seorang ahli dermatologi atau dokter kecantikan. 

Proses pengelupasan kulit bisa bermanfaat untuk mematikan sel dan melepaskan kulit paling luar pada wajah yang tidak diperlukan lagi. Perlu diketahui bahwa seiring bertambahnya usia, maka kemampuan kulit dalam berganti sel semakin melambat. Maka dari itu diperlukan bantuan dari para ahli agar kulit wajah bisa berfungsi optimal. 

Proses pengelupasan merupakan tahapan facial di klinik kecantikan yang bisa membuat produk perawatan kulit lebih cepat terserap. Hal ini tentu membuat facial yang dilakukan mendapatkan hasil optimal, sehingga Anda bisa memperoleh hasil sesuai keinginan. 

5. Tahapan Ekstraksi

Tahapan facial di klinik kecantikan yaitu ekstraksi. Dibandingkan tahapan lainnya, proses ekstraksi terasa sedikit sakit. Ekstraksi biasanya dilakukan secara manual menggunakan alat khusus. Biasanya proses ini tidak disarankan bagi Anda yang memiliki banyak jerawat. 

Hal ini karena ekstraksi berpotensi melukai jerawat pada wajah, terutama jenis jerawat yang membandel. Namun sebaliknya, bila Anda tidak terlalu bermasalah dengan jerawat, maka ektraksi menjadi tindakan tepat. Hal ini karena ekstraksi yang dilakukan oleh para ahli dermatologi bisa membantu mengurangi calon jerawat pada wajah. Sehingga kulit wajah lebih bersih dan terbebas dari jerawat. 

Proses ini dilakukan dengan menggunakan alat-alat steril untuk menghilangkan komedo. Biasanya setelah menjalani proses ini, Anda akan mengalami wajah kemerahan dan rasa kurang nyaman. Namun tak perlu khawatir karena kemerahan di wajah tidak akan bertahan lama dan bisa kembali normal dengan cepat. 

6. Proses Pemijatan

Tahapan facial di klinik kecantikan selanjutnya yaitu proses pemijatan. Pada wajah terdapat berbagai ratusan titik yang terhubung dengan sistem saraf di tubuh. Maka saat dilakukan proses pemijatan pada wajah, tentu bisa mengaktifkan fungsi pada organ tubuh lain. 

Pemijatan pada wajah juga bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah dan membuat otot wajah lebih relaks. Saat sirkulasi darah berjalan dengan lancar, maka sel tubuh akan mendapatkan oksigen dan nutrisi. Hal ini tentu membuat wajah lebih sehat, kencang, dan lembap. Selain itu, pemijatan pada wajah juga membuat wajah lebih cerah dan kenyal.

7. Penggunaan Masker

Tahapan facial di klinik kecantikan selanjutnya yaitu menggunakan masker wajah. Ada berbagai jenis masker wajah seperti clay mask, peel off, dan perawatan serum hydrating. Masker biasanya disesuaikan dengan jenis kulit dan permasalahan pada kulit wajah. Aroma masker yang wangi dan menenangkan tentu membuat pikiran lebih tenang dan relaks. 

Hal ini tentu membuat Anda merasakan kenyamanan dan ketenangan saat menjalani facial. Selain membuat tubuh relaks, penggunaan masker bertujuan untuk memberi nutrisi pada kulit, sehingga membuat kulit lebih lembap, kencang, dan sehat.

8. Penggunaan Pelembap dan Tabir Surya

Tahapan facial di klinik kecantikan selanjutnya yaitu mengaplikasikan pelembap dan tabir surya. Aplikasi pelembap dan tabir surya menjadi proses terakhir dalam perawatan wajah. Biasanya pelembap akan diaplikasikan setelah wajah bersih. 

Dengan mengaplikasikan pelembap dan tabir surya tentu membuat wajah lebih lembap serta terlindungi dari paparan sinar matahari.  Selain itu, penggunaan pelembap dan tabir surya juga bisa mengurangi tanda penuaan pada kulit wajah. Sehingga wajah tetap kencang, sehat, dan terlindungi dengan baik.

Terdapat 8 tahapan facial di klinik kecantikan, mulai dari konsultasi hingga mengaplikasikan pelembap dan tabir surya. Setiap tahapan berfungsi untuk memberikan yang terbaik pada kulit wajah Anda. Selain itu, dengan konsultasi Anda juga akan mendapatkan perawatan secara tepat dan lebih optimal. 

Tinggalkan komentar