5 Keunggulan Stem Cell untuk Kecantikan Kulit dan Organ Tubuh

CantikSehat – Stemcell atau biasa disebut dengan sel punca, merupakan salah satu jenis induk sel yang dapat dimutasikan menjadi mikroorganisme baru. Keberadaan stem cell untuk kecantikan kulit dan organ tubuh juga sudah banyak dirasakan penggunanya. Menggunakan stem cell sebagai metode baru dalam perawatan kulit akan sangat menguntungkan Anda.

Terdapat beberapa keunggulan dan manfaat yang bisa dirasakan ketika seseorang memutuskan untuk melakukan terapi stem cell. Secara umum, perubahan yang akan paling terasa adalah pada kulit tubuh dan wajah.  Kulit akan terasa lebih kenyal, lebih kencang, glowing, dan terawat. Tentu saja hal tersebut akan lebih maksimal bila dibarengi dengan konsumsi makanan bergizi dan olah raga teratur.

stem cell untuk kecantikan

Lokasi Sel Punca (Stem Cell)

Sel punca yang akan digunakan dapat diambil dari berbagai sumber di dalam tubuh seseorang. Pada umumnya, sel punca yang dipakai adalah stem cell dewasa yang cocok dengan calon pasien yang membutuhkannya. Di mana saja kah lokasi sel punca yang aman digunakan?

1. Otak

Di dalam otak terdapat stem cell yang bisa diubah menjadi berbagai jenis sel darah baru seperti mieloid, sel limfoid, hingga sel hematopoietik.  Sel punca ini akan sangat bagus bila calon pasien memiliki masalah pada zat pembentuk darah di dalam tubuhnya. Stem cell untuk kecantikan kulit dan wajah bisa membantu  Anda menurunkan risiko penuaan dini dan kulit kering.

2. Pembuluh darah

Mengambil sampel stem cell untuk kecantikan di dalam pembuluh darah juga menjadi salah satu upaya mengobati organ. Tak semua orang mampu memberikan kebaikan stem cell pada jaringan ini karena berbagai faktor. Hanya orang-orang yang benar-benar sehat dan minim risiko penyakit yang bisa menyumbangkan jaringan pembuluh darahnya dengan maksimal.

3. Sumsum Tulang Belakang

Lokasi ini menjadi sumber utama stem cell dewasa yang digunakan dokter untuk transplantasi sumsum tulang belakang pada pasien kanker darah seperti leukimia. Tak hanya itu saja, stem cell di dalam sumsum tulang belakang juga sangat bagus untuk memperbaiki otot jantung yang rusak. Diferensiasinya ke dalam jantung akan langsung membentuk sel darah baru yang bekerja lebih optimal dibandingkan sebelumnya.

4. Pembuluh Darah Tepi

Lokasi lain yang bisa memanfaatkan stem cell untuk kecantikan kulit  dan organ tubuh yakni di bagian pembuluh darah tepi. Kinerjanya akan fokus untuk mengkloning diri untuk perbaikan  pada saluran pencernaan, bagian hati, dan kulit tubuh, termasuk wajah.

5. Saluran Pencernaan

Di dalam saluran pencernaan terdapat sel punca bagian epitel usus yang bisa membantu untuk perawatan pasien yang mengalami masalah pada usus besar atau usus kecilnya. Mengambil sampel stem cell di lokasi yang yang tepat akan mempercepat proses pemulihan pasien. Sel-sel epitel usus akan cepat beradaptasi untuk meregenerasikan sel-sel baru yang lebih sehat.

6. Hati

Sel punca dewasa yang diambil dari jaringan hati akan bermanfaat untuk pasien yang mengalami permasalahan di lokasi tersebut. Jaringan baru dari stem cell akan memberikan efek signifikan bila tingkat kecocokan di atas 90 persen dari pendonornya. Oleh karenanya, memastikan tingkat kecocokan juga menjadi fondasi penting untuk terapi stem cell.

7. Kornea

Stem cell untuk kecantikan wajah paling banyak diminati, tak seperti stem cell kornea. Meski begitu, jaringan pada mata ini juga baik untuk upaya penyembuhan pasien buta. Kornea juga menjadi salah satu organ yang paling umum dijadikan sebagai donor dari pasien yang telah meninggal. Jika memutuskan untuk terapi stem cell di daerah mata, pastikan bahwa pendonor memiliki kecocokan yang baik dengan Anda.

Inilah Keunggulan Stem Cell untuk Kecantikan dan Organ

Terdapat banyak keunggulan yang bisa didapatkan dari terapi stemcell atau sel punca untuk tubuh manusia. Di antara manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memperbaiki Sel Rusak

Manfaat stem cell untuk kecantikan yang pertama adalah memperbaiki sel kulit yang rusak. Itu, merupakan tugas utama stemcell. Terapi yang mengandalkan dari pengambilan zat baru dalam jaringan sel tubuh ini akan menggantikan kinerja sel kulit mati. Penyembuhan luka akan lebih cepat karena stem cell adalah metode yang fokus pada regenerasi kulit baru dalam tubuh. Oleh karenanya, pemanfaatan metode ini akan langsung terasa manfaatnya jika sang pasien melakukannya secara berkesinambungan.

2. Memproduksi Sitokin

Sitokin merupakan zat protein yang berfungsi untuk melakukan perbaikan sel kulit dan sel rambut. Metode stem cell untuk kecantikan kulit ini juga akan membawa kebaikan pada rambut pasien. Permasalahan umum seperti kerontokan atau ketombe bisa mulai berkurang. Jika diteruskan, terapi ini juga akan membuat rambut Anda lebih hitam, berkilau, dan lebat.

3. Menjadi Sel Diferensiasi

Stemcell dapat membelah diri menghasilkan jenis sel baru. Baik stem cell jenis embrio maupun stem cell dewasa, fungsi jaringan sel ini akan memperbaiki beberapa bagian jaringan sel yang sudah tidak bisa menjalankan perannya dengan baik. Lebih jauh, terapi stem cell untuk kecantikan sangat baik untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner hingga stroke.

4. Menjadi Penyembuh Penyakit Berat

Kanker menjadi salah satu penyakit yang ditakuti. Terapi stem cell bisa menurunkan risikonya lebih jauh. Terapi stem cell bahkan bisa menyembuhkan penyakit yang bersifat degeneratif seperti osteoarthritis, demensia, diabetes, parkinson. Tak hanya itu saja, stem cell juga baik untuk pemulihan penyakit lainnya seperti kebutaan, gagal ginjal, hingga pengapuran sendi. Betapa dahsyat efek yang bisa diberikan dari terapi stem cell ini.

5. Penyeimbang Imun          

Pada pasien autoimun, keberadaan terapi stem cell untuk kecantikan sangat baik untuk penyeimbang imun. Autoimun merupakan salah satu kondisi ketika sistem imun tubuh yang berfungsi sebagai tameng penyakit justru balik menyerang dirinya sendiri.  Sistem imunitas tubuhnya tak bisa membedakan jenis sel baik dan sel buruk yang datang menghadang.

Oleh karenanya, melakukan terapi stem cell untuk kecantikan kulit dan organ bagi pasien autoimun sangat disarankan demi mempercepat penyembuhannya. Pada umumnya gejala yang terjadi adalah badan cepat lemas, mudah letih, dan tidak memiliki napsu makan yang baik.

Proses Transplantasi Stem Cell

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk transplantasi stem cell atau sel punca ini.

1. Pertama, metode Autologous

Metode Autologous menjadikan sumber stem cell berasal dari diri sendiri. Di sini paramedis akan mengecek hasil jaringan-jaringan baik pada pasien secara keseluruhan. Jika memenuhi syarat, maka donor stem cell bisa dilakukan dengan mengambil jaringan pada tubuh pasien itu sendiri.

2. Kedua, metode Alogenik

Metode ini mengambil sampel jaringan dari orang lain atau pendonor. Pihak medis harus memastikan bahwa calon pendonor benar-benar memenuhi syarat. Hal ini untuk meminimalisir adanya penurunan sel bawaan yang justru menyerang pasien, seperti sel diabetes. Jika tidak berhati-hati,  hal tersebut justru akan menjadi masalah baru bagi pasien.

Penjabaran mengenai keunggulan stem cell untuk kecantikan di atas bisa Anda jadikan salah satu wacana ilmu baru. Jika hendak melakukan terapi stem cell, pastikan Anda telah mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Berkonsultasi dengan dokter menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan.

Tinggalkan komentar