4 Rekomendasi Lokal Skincare yang Mengandung Retinol Layak Dicoba

Cantik SehatSkincare yang mengandung retinol atau lebih sering dikenal sebagai bahan dari krim-krim perawatan kulit yang dapat mencegah dan mengatasi efek penuaan. Anti aging. Retinol sendiri merupakan unsur termurni vitamin A yang dapat menyerap dalam kulit dengan baik. Kealamian retinol ini menyebabkannya mudah meresap dalam kulit dan membawa efek lebih maksimal sebagai anti aging.

Retinol adalah sejenis kandungan dari vitamin A yang lebih spesifiknya adalah turunan dari retinoid. Sehingga skincare yang mengandung retinoid/BHA adalah skincare yang juga mengandung retinol. Jadi tidak perlu bingung ketika melihat kandungan yang terdapat pada pembungkus skincare. Nah sebenarnya apakah manfaat retinol itu sendiri untuk kulit wajah ya?

Skincare yang mengandung retinol

Manfaat Skincare yang Mengandung Retinol

Retinol merupakan senyawa yang telah diteliti dan diakui sebagai substansi yang dapat meredam kerusakan kulit terutama kulit wajah. Skincare yang mengandung retinol berguna dalam menyamarkan garis kerut, kulit yang tidak rata, dan lain-lain. Semua hal ini tentu saja mengganggu kecantikan kulit. Apalagi manfaat lainnya, berikut uraiannya:

1. Pori-Pori Besar pada Wajah

Pori-pori besar sering menjadi masalah kecantikan kulit. Pori-pori yang besar memang kurang sedap dipandang. Kulit jadi terlihat lebih tua dan tidak rata. Dengan retinol maka pori-pori wajah akan mengecil. Wajah akan terlihat lebih halus dan lebih muda bila pori-pori wajah kecil. Kulit wajah juga menjadi lebih cantik.

2. Mengatasi Milia

Pernah mendengar tentang milia? Milia adalah gejala kelainan kulit yang berupa bintik-bintik putih. Biasanya terdapat di bawah mata atau dapat juga muncul di pipi. Orang-orang lebih sering menyebutnya sebagai jerawat bayi. Nah salah satu obat untuk menghilangkan milia adalah menggunakan skincare yang mengandung retinol untuk milia. Jadi bisa lho diatasi dengan skincare dengan kandungan retinol.

3. Menghilangkan Jerawat dan Noda bekas jerawat

Skincare yang mengandung retinol pada dasarnya bermanfaat juga untuk mengatasi jerawat yang membandel. Kemampuan retinol menyerap dalam sel-sel yang rusak dan memperbaikinya dari dalam sehingga dapat membersihkan sekaligus menggantikan sel kulit mati. Noda bekas jerawat juga dapat hilang. Baca juga Produk Amora Skin Care yang Paling Oke dan Tips Penggunaannya.

4. Anti Aging

Garis-garis halus sebagai tanda bahwa penuaan telah terjadi rupanya dapat disamarkan dengan skincare yang mengandung retinol. Kerutan yang mulai muncul dihambat perkembangannya sehingga gejala penuaan dini dapat dikendalikan. Efek anti aging ini juga bermanfaat ketika wajah terkena polusi sehingga radikal bebas merusak keremajaan kulit.

Untuk Usia Berapa Sebaiknya Digunakan?

Memang manfaat kandungan retinol banyak disebut-sebut dalam meremajakan kulit. Menghilangkan kerutan serta garis-garis halus penuaan. Namun sebenarnya pada usia berapakah skincare yang mengandung retinol dan AHA ini bisa mulai digunakan? Nah elastisitas kulit pada awal 20-an sudah berkurang lho karenanya dapat mulai digunakan sejak awal usia ini.

Perawatan yang rutin dan dimulai lebih dini tentunya hasilnya akan lebih baik dibandingkan yang dimulai belakangan. Apalagi yang mulai merawat di atas 35 tahun. Perawatannya tentu tidak semudah ketika seseorang merawat kulit sejak awal 20-an. Memang bisanya permasalahan yang dihadapi adalah rutinitas perawatan yang tidak berkesinambungan.

Tips Penggunaan Skincare yang Mengandung Retinol

Setelah tadi dibahas manfaat skincare yang mengandung retinol, sekarang mengenai penggunaannya. Kapan saja bisa digunakan? Sebaiknya penggunaannya adalah pada malam hari. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakannya:

  • Agar kulit tidak kaget dan dapat menyesuaikan dengan skincare retinol yang digunakan, maka sangat dianjurkan untuk memakainya dengan dosis rendah. Gunakan jangan setiap hari di awal-awal penggunaan. Cukup 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
  • Dalam 2 minggu pertama sampai setidaknya 1 bulan, sebelum menggunakan rangkaian produk retinol atau acid seperti AHA dan BHA.
  • Ketika menggunakannya di malam hari maka gunakan juga dengan serum, toner, maupun pelembab. Kesemuanya berfungsi sebagai hydrating, seperti yang terdapat kandungan hyaluronic acidnya.
  • Ketika kulit sedang iritasi, atau sedang hamil, maka skincare retinol jangan digunakan.

Produk Lokal Rekomendasi Skincare yang Mengandung Retinol Terbaik

Untuk wanita indonesia, kini sudah semakin banyak skincare yang mengadung retinol produk lokal. Mengapa menggunakan produk lokal? Selain harganya lebih bersahabat, kandungannya juga sudah disesuaikan dengan kondisi kulit penduduk negeri ini. Yuk ah kita simak beberapa produk skincare lokal yang mengandung retinol:

1. FSS Retinol Serum

Produk yang satu ini memiliki kemasan yang berwarna merah marun dan merah muda. Cukup sederhana namun menawan. FSS merupakan singkatan dari For Skin’s Sake. kandungan utamanya tentu saja adalah retinol. Bahan aktif retinol bertugas melawan gejala penuaan yang mulai melanda.

Caranya adalah dengan memancing proses regenerasi kulit. Tekstur kulit wajah diperhalus dengan bantuan kandungan retinol. Bukan hanya itu, warna kulit pun dapat diratakan oleh skincare produk lokal ini. Cukup lengkap bukan manfaat yang bisa didapat bila menggunakan FSS Retinol Serum ini.

2. ElsheSkin Brightening Skin

Sudah bisa menebak kan fungsi produk lokal ini. Ya benar bahwa produk ini berfungsi untuk mencerahkan kulit. Adanya tujuh bahan aktif sebagai pemutih juga kandungan retinolnya. Kandungan retinol disini seperti pada produk lainnya dapat berguna sebagai anti aging atau anti penuaan.

3. Beaussentials Anti Aging Cream

Meskipun namanya bukan seperti produk lokal namun Beaussentials Anti Aging Cream ini produk lokal lho. Nah salah satu manfaatnya adalah menghilangkan flek wajah yang membandel. Bagi yang memiliki masalah mata kantung mata hitam maka dapatlah tenang karena dapat diatasi dengan produk lokal yang mengandung retinol ini.

4. FSS Retinol Overnight Cream

Ada satu lagi produk For Skin’s Sake buatan lokal yang diberi nama Retinol Overnight Cream sebagai krim malam. Krim ini akan bekerja maksimal  saat yang menggunakannya tidur.  Produksi kolagen ditingkatkan pada malam hari. Selain itu kandungan retinol yang ringan membuat krim ini cocok juga dipakai oleh mereka yang baru mencoba produk berbahan retinol.

Krim-krim skincare yang mengandung retinol produk lokal di atas bolehlah kita lirik harganya ya. Yuk kita mulai dari For Skin’s Sake Retinol Serum yang dipatok dengan harga 270 ribu rupiah. Lalu ElsheSkin Brightening Skin yang dibanderol hanya dengan harga 85 ribu kemasan 15 gram.

Sedangkan dua lainnya yaitu Beau Essentials Anti Aging Cream rupanya ditetapkan dengan harga resmi 365 ribu rupiah. Dikemas dalam botol pump ukuran 30 ml. Lalu yang terakhir produk skincare drugstore yang mengandung retinol  For Skin’s Sake Retinol Overnight Cream dalam kemasan jar seharga 240 ribu rupiah.

Perlu diingat juga bahwa penggunaan skincare dengan bahan retinol seringkali menimbulkan purging. Purging merupakan kondisi kulit yang mengelupas atau gatal-gatal atau iritasi disebabkan oleh bahan-bahan tertentu. Namun setelah mengalami purging maka kulit akan menjadi semakin bagus.

Nah skincare yang mengandung retinol memang dapat membuat wajah lebih awet muda. Namun harus hait-hait dalam penggunaannya ya. Meskipun dijual bebas tanpa resep dokter namun perlu sekali diperhatikan dosis penggunaan. Terutama bagi mereka yang baru mencoba skincare dengan bahan retinol. Selalu gunakan dosis rendah baru meningkat ke dosis yang lebih tinggi.

Tinggalkan komentar