Rekomendasi 5 Skin Care untuk Kulit Kering dan Urutan Pemakaiannya

Cantik Sehat – Memilih skin care untuk kulit kering merupakan salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh kebanyakan dari anda. Hal ini dikarenakan kondisi kulit kering butuh perawatan khusus. Namun, melihat banyaknya jenis skin care yang ada, membuat anda merasa kebingungan harus memilih yang mana. Ditambah lagi, anda tidak mengetahui apakah produk tersebut cocok di kulit kering anda atau sebaliknya justru menimbulkan masalah baru.

Hal ini akhirnya membuat anda mencoba beragam produk dari berbagai macam brand. Namun, sebelumnya apakah anda sudah mengetahui beberapa faktor penyebab kulit wajah kering? Tahukah anda bahwa kulit kering juga bisa terjadi karena kesalahan penggunaan produk yang beraneka ragam tanpa mengetahui dengan pasti kondisi kulit wajah anda? Di bawah ini terdapat beberapa hal seputar kulit wajah kering!

skin care untuk kulit kering

Faktor Penyebab Kulit Wajah Kering

Sebelum mengulas rekomendasi skin care untuk kulit kering, ada baiknya anda mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan kondisi kulit kering. Beberapa faktor mungkin diakibatkan dari keturunan atau gen, tetapi ada juga faktor yang anda ciptakan sendiri tanpa disadari. Berikut beberapa penyebab kulit wajah kering.

Sabun yang Salah

Hal pertama yang menjadi penyebab kulit wajah kering adalah pemakaian sabun yang salah. Tahukah anda, ada beberapa bahan yang tidak dianjurkan di kulit wajah yang kering? Beberapa bahan seperti salicylic acid, retinoid, maupun alkohol sangat dilarang untuk diaplikasikan pada kulit wajah kering karena akan memperburuk kondisi kulit. Untuk itu, pastikan anda memperhatikan kandungan dalam sabun wajah yang anda gunakan demi menghindari iritasi.

Lingkungan atau cuaca

Selanjutnya, kondisi cuaca yang tidak menentu termasuk cuaca ekstrim seperti hujan tanpa henti maupun matahari yang terlalu terik juga dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah anda. Baca juga Mengenal Bamed Skin Care dan 6 Produk Andalannya, Simak Yuk!

Kebiasaan menguapkan wajah

Beberapa dari anda pasti senang melakukan kebiasaan menguapkan wajah, yakni suatu proses yang anda lalui agar pori-pori wajah terbuka untuk selanjutnya dilakukan peeling sehingga deep cleansing dapat dilakukan dengan maksimal. Namun, anda juga harus memperhatikan skala kegiatan ini. Jangan sampai anda melakukan kegiatan ini secara terus-menerus karena dapat membuat kulit anda menjadi kering.

Faktor keturunan

Berbicara soal gen, maka tidak akan ada yang bisa menebaknya. Bila anda memiliki ibu dengan kondisi kulit wajah yang kering, maka jangan ragu untuk mulai menggunakan berbagai skin care untuk kulit kering, karena besar kemungkinan anda pun memiliki kondisi kulit yang sama.

Merokok

Merokok kerap dijadikan alasan mengikuti fashion atau trend yang dianggap keren dan gaul. Namun, di balik kengerian rokok merusak paru-paru, ada juga efek negatif jangka panjang lain yang dapat muncul, salah satunya adalah kulit kering .

Rekomendasi Skin Care untuk Kulit Kering

Bagi anda pemilik kulit kering, jangan menggunakan sembarang produk. Berikut ini rekomendasi terbaik untuk anda:

Sabun wajah

Menjadi hal yang wajib bagi setiap orang untuk mencuci wajah, setidaknya dua kali dalam sehari saat mandi pagi dan sore. Khususnya bagi pemilik kulit kering, mencuci wajah terlalu sering justru semakin memperburuk kondisi kulit anda, loh.

Salah satu rekomendasi sabun wajah untuk kulit kering adalah Hada Labo. Produk yang berasal dari Korea ini dikenal efektif menutrisi wajah anda. Produk skin care untuk kulit kering ini sangat direkomendasikan terutama digunakan oleh remaja.

Produk lain yang dapat anda coba adalah bioderma, cocok bagi anda yang memiliki masalah kulit kering dengan kombinasi sensitif. Selain itu, bila anda ingin mengatasi kulit kering dengan harga yang cukup terjangkau, anda dapat membeli Dove beauty moisturizer facial wash.

Toner

Skin care untuk kulit kering yang wajib dimiliki adalah toner. Toner dapat membantu kulit anda menjadi lebih terhidrasi dan tidak menimbulkan rasa seperti ditarik setelah mencuci muka. Untuk toner, terdapat sederet produk seperti hydra vegetal lotion tonique yang efektif melembabkan wajah dengan kandungan bahan alami seaweed.

Toner lain yang dapat anda coba adalah Mario badescu (facial spray). Dilihat dari harganya, memang sedikit pricey untuk sebuah toner, tetapi banyak testimoni membuktikan bahwa produk ini mampu secara efektif melembabkan wajah anda. Selain itu, juga ada produk toner COSRX refresh ABC yang khusus diperuntukkan bagi anda pemilik kulit kering.

Pelembab wajah

Sebetulnya, terdapat cukup banyak pilihan skin care untuk kulit kering pada kategori pelembab. Namun, beberapa produk seperti Cetaphil Moisturizing dapat menjadi pilihan utama anda. Cetaphil ini juga cocok digunakan bagi remaja dan tidak meninggalkan bekas lengket di wajah.

Tak hanya itu, produk lainnya adalah The Body Shop vitamin E moisturizer yang dapat menjadi pilihan anda mengatasi masalah kulit kering. Tak perlu diragukan lagi, The Body Shop memang memiliki kualitas yang baik dalam setiap produk yang diproduksinya.

Sunscreen

Skin care untuk kulit kering selanjutnya adalah sunscreen, salah satu produk wajib bagi anda yang kerap beraktivitas di luar ruangan. Salah satu produk sunscreen yang dapat menjadi andalan anda adalah Skin Aqua UV mild milk, teksturnya sangat ringan dan mudah meresap ke dalam kulit.

Apabila anda membutuhkan sunscreen yang sedikit pricey, maka La roche- Posay ANthelios AOX SPF 50 dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain membantu menghalau paparan sinar matahari, produk ini juga dapat menyamarkan noda hitam pada wajah anda.

Sheet mask

Perawatan menggunakan sheet mask dapat anda lakukan saat weekend atau saat relaksasi kulit setelah seharian beraktivitas. Ada beberapa jenis mask yang dapat anda gunakan sebagai skin care untuk kulit kering. Namun, sebagai saran, jenis kulit wajah kering sebaiknya menghindari berbagai jenis masker wajah yang bersifat peeling atau clay. Hal ini besar kemungkinan menyebabkan kulit wajah anda semakin kering.

Salah satu masker yang dapat anda coba adalah berbagai sheet mask dari Innisfree maupun Garnier yang memiliki cukup banyak essence. Untuk masker bilas, anda bisa mencoba menggunakan SkinFood rice mask wash off yang dapat menghidrasi kulit anda.

Urutan Skin Care untuk Kulit Kering

Anda juga harus mengetahui urutan penggunaan skin care demi mendapatkan hasil terbaik dan maksimal. Umumnya, sebagai langkah pertama anda bisa menggunakan facial wash, kemudian dilanjutkan dengan toner, dan masuk ke tahap menggunakan berbagai krim. Namun, bagi anda yang memiliki kondisi kulit kering, anda butuh memperhatikan lebih banyak.

Salah satu urutan skin care untuk kulit kering yang tak boleh anda lewatkan adalah penggunaan berbagai pelembab, essence, maupun serum yang dapat membantu menghidrasi kulit wajah. Baru setelah itu, anda bisa menggunakan day cream atau make-up. Usahakan untuk menggunakan facial spray bila anda tidak mengenakan make-up atau skin care lainnya.

Nah, di atas adalah rekomendasi terbaik skin care untuk kulit kering, serta beberapa langkah pemakaiannya. Kuncinya adalah, anda harus secara tekun merawat kulit wajah, sehingga kondisi kulit akan secara stabil membaik. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar