5 Perawatan Kecantikan Wajah Harian yang Tak Boleh Terlupakan

Cantik Sehat – Perawatan kecantikan wajah bagi setiap orang tentunya harus dilakukan secara rutin. Tidak memandang usia dan jenis kelamin, laki-laki dan perempuan harus terus merawat wajahnya supaya terhindar dari pengaruh buruk seperti dehidrasi kulit, terkena radiasi matahari, berjerawat, dan masih banyak lagi. Keadaan dan penampilan wajah sendiri bisa dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pertambahan usia, lingkungan, dan perawatan kulit wajah yang dilakukan.

Tidak harus pergi ke salon atau dokter kecantikan yang mahal, perawatan juga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan harga yang murah tentunya. Cara perawatan wajah sehari-hariyang benar bisa mencegah berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, flek hitam, keriput, dan garis halus. Seperti apa? Simak tipsnya di bawah ini.

Perawatan kecantikan wajah

Inilah Perawatan Kecantikan Wajah yang Benar

Penampilan wajah mencerminkan kondisi kesehatan kulit, bahkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa cara perawatan kecantikan wajah di rumah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Pakai Pembersih Wajah yang Sesuai Jenis Kulit

Setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan di segala usia memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang normal, kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi. Perbedaan jenis kulit ini membuat cara perawatan kecantikan wajah menjadi berbeda pula. Yang pasti,  setiap jenis kulit harus selalu dibersihkan secara rutin supaya tidak ada kotoran yang tertinggal.

Pemilik jenis kulit kering atau sensitif sebaiknya memakai produk pembersih wajah dengan bahan kimia lembut, kandungannya mampu melembapkan kulit, tidak mengandung alkohol, dan tidak ada wanginya. Sedangkan pemilik kulit berminyak sebaiknya memakai pembersih muka berbahan dasar lembut yang melembapkan kulit seperti kandungan gliserin dan pembersih yang berlabel noncomedogenic supaya pori-pori wajah tidak tersumbat.

Pemilik kulit berminyak dan kombinasi sebaiknya memakai cleanser berbahan dasar gel atau busa (foam) untuk mengangkat minyak berlebih dan mencegah penyumbatan pori-pori. Pemilik jenis kulit kering dan sensitif sebaiknya memakai cleanser berbentuk milk cleanser atau lotion. Cream/milk cleanser memiliki kadar pelembap yang lebih tinggi sehingga kadar minyak alami di wajah lebih terjaga.

2. Lakukan Cara Pembersihan yang Benar

Terapkan juga teknik pembersihan ganda (double cleansing). Pertama, gunakan make-up remover atau micellar water terlebih dahulu supaya kotoran dan sisa-sisa make-up terangkat. Kedua, bersihkan wajah dengan air hangat-hangat kuku untuk membersihkan residu make-up dan minyak atau kotoran di wajah akibat pemakaian make-up.

Cara perawatan kecantikan wajah sehari-hari yang benar adalah membersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Membersihkan wajah pada pagi hari bisa menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel di wajah ketika tidur karena sprei atau sarung bantal yang terkontaminasi bakteri. Membersihkan wajah pada malam hari sebelum tidur, juga bisa mengangkat make up, debu, dan kotoran di wajah karena beraktivitas seharian.

Cara perawatan kecantikan wajah yang tepat adalah membasuh wajah dengan air hangat sebelum memakai sabun muka. Setelah itu, bersihkan wajah dengan pijatan lembut oleh ujung jari secara melingkar. Langkah terakhir, Anda bisa membilas wajah menggunakan air biasa, lalu keringkan perlahan dengan cara menepuk wajah menggunakan handuk bersih.

3. Pakai Pelembap Wajah

Bagian penting lainnya dari perawatan kecantikan wajah adalah memakai pelembap setelah mencuci muka agar kelembapan alami kulit wajah tetap terjaga. Ingat, pelembab yang dipakai harus sesuai dengan jenis kulit. Kulit yang berminyak dan berjerawat sebaiknya memilih pelembap berbahan dasar air dan tidak mengandung minyak.

Pelembab wajah yang tepat mampu menjaga kelembapan alami kulit dan keseimbangan pH kulit, menghilangkan efek radikal bebas, dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Pilihlah pelembab yang mengandung beberapa bahan yang efektif melembapkan kulit seperti gliserol, ceramide, dan niacinamide.

4. Pakailah Tabir Surya

Cara perawatan kecantikan wajah selanjutnya adalah tidak lupa memakai tabir surya supaya kulit terlindungi dari sinar UV yang menyebabkan perubahan warna kulit, kanker, bintik atau flek pada wajah, serta keriput. Pilihlah tabir surya khusus untuk wajah dengan SPF 30. Pakailah setiap hari, walaupun langit sedang mendung. Ingatlah, pemakaian terbaik tabir surya adalah harus diulang setiap 2 jam ketika beraktivitas di bawah terik matahari.

5. Pemakaian Masker

Kerusakan kulit akibat faktor buruk lingkungan bisa diperbaiki dengan perawatan kecantikan wajah dengan cara memakai produk perawatan kulit supaya tetap sehat dan bersinar  (glowing). Pemakaian masker wajah pada malam hari sebelum tidur adalah salah satu cara yang digemari oleh banyak orang hingga sekarang. Baca juga 7 Perawatan Kecantikan untuk Ibu Hamil Selama di Rumah Saja.

Macam-macam Masker Wajah

Perhatikan formula dari masker wajah yang Anda gunakan. Masker sebagai cara merawat kulit wajah juga harus dipilih khasiatnya yang sesuai dengan kondisi dan masalah kulit wajah. Masker dengan kandungan kolagen sebagai formula anti aging dan charcoal tengah naik daun. Sebenarnya, ada banyak jenis masker wajah yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Penjelasannya sebagai berikut.

1. Sheet Mask

Masker yang berasal dari Korea Selatan ini mulai digemari karena pemakaiannya yang mudah dan hasilnya yang nyata. Masker ini ampuh membuat wajah terasa halus, lembap, dan terlihat cerah dalam sekejap. Tersedia beberapa varian yang bisa dipilih sesuai dengan jenis kulit. Anda bisa mencobanya sebagai perawatan kecantikan wajah harian.

2. Peel-Off Mask

Sesuai dengan namanya, masker ini berbentuk krim atau gel yang bisa dikelupas setelah mengering. Cara merawat kulit wajah yang satu ini efektif mengangkat kotoran dan komedo di wajah secara menyeluruh, terutama di area hidung. Masker ini juga dapat membuat wajah terasa lebih halus, tetapi kurang cocok untuk kulit sensitif karena bisa menyebabkan iritasi.

3. Clay Mask

Masker ini sangat cocok untuk kulit berminyak karena mampu menyerap kelebihan minyak dan kotoran dari pori-pori wajah. Bahkan, clay mask bisa membersihkan wajah secara mendalam. Masker ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena bisa menyebabkan iritasi. Pakailah pelembap setelah memakai masker ini agar wajah tidak kering.

4. Wash Off Mask

Masker ini cocok untuk semua jenis kulit dan ampuh membuat wajah menjadi lebih lembut. Pemakaiannya memang agak merepotkan karena harus dibersihkan dengan maksimal supaya tidak ada sisa masker yang tertinggal.

5. DIY Mask

Masker yang dibuat sendiri ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti susu, madu, yogurt, stroberi, oatmeal, dan bahan berkhasiat lainnya. DIY mask lebih aman untuk digunakan, tetapi hasilnya tidak langsung terasa dan terlihat.

6. Exfoliating Mask

Masker perawatan kecantikan wajah yang memiliki butiran halus di dalamnya ini memiliki dua manfaat, yaitu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan wajah. Biarkan masker ini di wajah sesuai waktu yang disarankan. Sebelum dibilas dengan air, pijat wajah secara perlahan dengan gerakan memutar supaya sel-sel kulit mati terangkat.

7. Sleeping Mask

Masker yang berbentuk gel ini harus digunakan pada malam hari sebelum tidur. Teksturnya yang mudah menyerap ke dalam kulit mampu menghidrasi dan menyegarkan wajah setelah lelah beraktivitas.

Hal terpenting dalam perawatan kecantikan wajah adalah dilakukan secara rutin. Konsistensi akan membawa hasil yang lebih maksimal. Jadikan perawatan kulit wajah sebagai bagian dari rutinitas harian. Yuk maksimalkan perawatannya!

Tinggalkan komentar