7 Perawatan Kecantikan untuk Ibu Hamil Selama di Rumah Saja

Cantik Sehat – Perawatan kecantikan untuk ibu hamil, khususnya Anda yang mengandung di usia muda, sangat penting untuk diperhatikan keamanannya. Alasan utamanya jelas karena semasa mengandung sensitivitas kulit ibu hamil mengalami peningkatan.

Salah satunya pada kulit wajah maupun daerah sekitar pergelangan tangan dan kaki. Namun, perawatan untuk ibu hamil juga sangat dianjurkan, karena kebanyakan wanita hamil mengeluhkan kondisi kulit yang kusam.

Perawatan kecantikan untuk ibu hamil

Inilah Tips Perawatan Kecantikan untuk Ibu Hamil

Nah, mulai dari skincare sampai produk make-up tertentu dinilai dapat membantu meredakan rasa khawatir berlebihan yang sering dialami. Berikut beberapa perawatan kecantikan untuk ibu hamil selama di rumah saja.

1. Memilih Skincare Yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam perawatan kulit ibu hamil adalah penggunaan skincare. Terdapat beberapa kandungan di dalam produk skincare yang dilarang digunakan oleh ibu hamil. Beberapa di antaranya adalah produk dari skincare untuk kulit berjerawat.

Perawatan kecantikan untuk ibu hamil butuh perhatian dan kehati-hatian ekstra karena terdapat beberapa bahan kimia yang dinilai terlalu keras untuk diaplikasikan pada kulit ibu hamil. Contohnya adalah retinoid yang sering terkandung di dalam beberapa serum untuk kulit berjerawat. Selain itu, salicylic acid yang terdapat di beberapa sabun khusus untuk kulit berjerawat juga perlu dihindari oleh ibu hamil.

2. Penggunaan Body Care

Selanjutnya, penggunaan body care. Penting bagi ibu hamil untuk selalu memastikan bahwa tubuhnya lembab dan terlindungi dari cahaya matahari yang terlalu menyengat. Sehingga, pemilihan body care juga patut diperhatikan untuk menjaga elastisitas dari kulit ibu hamil yang mengalami perubahan seiring perkembangan janin.

Salah satu tips perawatan kecantikan untuk ibu hamil adalah menggunakan body lotion maupun body care yang mengandung bahan dasar alami, seperti madu, bunga mawar, atau kandungan tea tree bagi Anda yang memiliki kondisi kulit berjerawat. Jangan lupa untuk menggunakan sabun mandi yang mampu melembabkan kulit daripada jenis sabun yang menimbulkan kesan kering di kulit Anda.

3. Perawatan Kuku

Tips perawatan kecantikan untuk ibu hamil berikutnya ialah mengenai masalah kuku. Bukan masalah bila seorang ibu hamil ingin melakukan pedicure dan manicure. Justru kegiatan ini dianjurkan untuk dilakukan seorang wanita untuk meningkatkan kepercayaan diri. Namun, bagi wanita hamil, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan perawatan kuku.

Salah satunya ialah kandungan di dalam bahan yang akan digunakan untuk manicure dan pedicure. Ketika ingin mengaplikasikan kuteks di kuku, Anda perlu memastikan bahwa di dalamnya tidak mengandung dibutyl, toluene, dan phthalate sebagai bahan yang dinilai beracun bila digunakan pada kuku.

Bahkan selama pengaplikasian skincare untuk ibu hamil, Anda juga harus memastikan kesterilan, sirkulasi udara, dan kebersihan salon tempat Anda melakukan pedicure dan manicure. Baca juga Top 8 Skincare Terbaik 2020, Nomor 4 Paling Laris

4. Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut bisa jadi kegiatan yang cukup riskan apabila dilakukan oleh ibu hamil. Bagaimana tidak, dalam beberapa jenis pewarna rambut terdapat kandungan yang mampu merusak jaringan yang ada di kulit kepala dan ini dapat berdampak alergi bagi sang ibu hamil.

Oleh karena itu, perawatan kecantikan untuk ibu hamil untuk kesehatan dan kecantikan rambut dapat dilakukan dengan sewajarnya saja. Misalnya melakukan potong rambut secara rutin, hair mask, atau bahkan creambath yang bertujuan untuk menjaga kesehatan rambut dan akarnya.

5. Hair Removal

Sebagian besar wanita tentu memiliki kebiasaan untuk mencukur rambut yang ada di tubuhnya, terutama rambut yang berlebihan di kaki atau tangan. Hal ini wajar dilakukan, bahkan oleh ibu hamil sekalipun. Tidak ada masalah bila Anda mencukur rambut tubuh, asalkan Anda menggunakan bahan-bahan alami.

Sebagai pencegahan efek samping negatif dan jangka panjang dalam perawatan kecantikan untuk ibu hamil yang satu ini, Anda dapat menghindari berbagai produk kimia yang seringkali diaplikasikan pada saat melakukan hair removal. Sementara itu, bila Anda melakukannya di salon kecantikan khusus, maka pastikan kebersihan berbagai barang yang digunakan.

6. Penggunaan Make-up

Selanjutnya, perawatan kecantikan untuk ibu hamil juga tidak lepas dari peran make-up yang membantu meningkatkan kepercayaan diri ibu hamil. Tidak ada yang salah juga dalam penggunaan make-up ini. Hanya saja beberapa hal yang perlu diperhatikan ialah kandungan di dalam make-up.

Ada beberapa bahan yang patut Anda hindari dalam penggunaan make-up. Misalnya seperti fragrance yang mendominasi make-up Anda. Usahakan juga untuk mengaplikasikan make-up secukupnya saja.

7. Konsultasi ke Dokter

Langkah terakhir, dalam setiap pengaplikasian skincare untuk ibu hamil ialah mengkonsultasikan permasalahan kulit maupun produk yang Anda gunakan kepada ahli terkait. Misalnya saja dokter kecantikan maupun dokter kulit.

Hal ini bertujuan untuk memastikan segala produk yang Anda gunakan aman untuk diaplikasikan ke wajah dan tubuh Anda selama masa kehamilan. Mengingat ketika kehamilan, kulit pada ibu hamil akan mulai sensitif terhadap beberapa kandungan produk.

Rekomendasi Merek Masker Wajah untuk Ibu Hamil

Penggunaan masker wajah berfungsi untuk membantu menjaga kelembapan kulit wajah, mencerahkan, sampai meredakan gejala awal jerawat. Namun efektivitas masing-masing produk tergantung pada kandungan yang ada di dalam masker tersebut. Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi masker perawatan kecantikan untuk ibu hamil:

1. Wardah

Merk masker wajah untuk ibu hamil yang tentunya aman untuk digunakan ialah Wardah. Sebagai produk lokal, kualitas dari brand yang satu ini tidak kalah dengan berbagai produk terkenal lainnya. Khususnya bagi kulit wajah orang Indonesia, Wardah memiliki banyak jenis make-up dan skincare yang cocok untuk digunakan.

2. The Body Shop

Selanjutnya, adalah The Body Shop. Produk ini memiliki berbagai varian tergantung dengan jenis kulit yang Anda miliki. Sehingga perawatan kecantikan ibu hamil dalam bentuk masker bisa Anda dapatkan melalui produk dari  The Body Shop. Bahkan beberapa produk seperti tea tree dan seaweed dari  The Body Shop dikenal efektif mengatasi kulit berjerawat dan kering.

3. Cetaphil

Rekomendasi merk masker wajah untuk perawatan kecantikan untuk ibu hamil yang berikutnya ialah Cetaphil. Produk satu ini memang cocok digunakan oleh semua kalangan, mulai dari remaja, dewasa, sampai ibu hamil. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam Cetaphil yang sudah lolos dalam uji klinis dermatologist, mulai dari moisturizer, sabun wajah, sampai beberapa produk populer lainnya.

4. Emina

Siapa sangka, produk yang dianjurkan untuk kulit remaja ini juga cocok digunakan pada ibu hamil. Terutama beberapa masker dari emina yang sangat ringan ketika digunakan. Bahkan Anda bisa menggunakan produk ini secara berkala sebagai pengganti berbagai masker yang mungkin sedikit berat ketika diaplikasikan di wajah.

Nah, di atas adalah tips singkat perawatan kecantikan untuk ibu hamil yang aman untuk Anda lakukan selama masa kehamilan tanpa perlu khawatir mengganggu kesehatan janin. Selain dituntut lebih cermat dalam memilih skincare, ibu hamil juga harus memperhatikan detail demi menghindari kemungkinan alergi.

Tinggalkan komentar