7 Rekomendasi Perawatan Kecantikan Kulit Selama Sebulan, Harus Tahu!

Cantik Sehat – Perawatan kecantikan kulit adalah hal yang wajar dilakukan setiap kaum hawa. Mulai dari perawatan secara pribadi setiap malam sampai mingguan atau bulanan di berbagai klinik skincare. Hal ini menjadi “ritual penting” dilakukan, mengingat berbagai macam masalah kulit yang dapat timbul bila kebersihan sampai kelembapan wajah sampai terabaikan.

Lebih lanjut, bagi sebagian besar wanita yang bekerja secara full time dalam seminggu penuh, maka perawatan kecantikan dapat menjadi sebuah sarana relaksasi maupun  me time yang sangat cocok untuk dilakukan di akhir pekan. Namun, tahukah Anda ada beberapa perawatan wajah yang harus Anda lakukan tiap bulannya, terutama untuk beberapa kondisi kulit? Berikut ulasannya.

Perawatan kecantikan kulit

Perawatan Kecantikan Bulanan untuk Kulit

Ada beberapa jenis perawatan kecantikan yang sebaiknya Anda lakukan paling tidak sekali dalam sebulan. Apa saja?

1. Facial

Perawatan pertama yang wajib Anda lakukan paling tidak 1 sampai 2 bulan sekali adalah facial. Perawatan ini menjadi hal yang umum dilakukan setiap wanita mengingat efek samping yang ditimbulkan sangat kecil. Selain itu, manfaat dari facial sendiri berfokus untuk membersihkan kulit secara deep cleansing, sangat dianjurkan bagi Anda yang setiap hari harus berjuang melawan polusi.

Perawatan kecantikan kulit ini juga memiliki beberapa manfaat lainnya seperti mengangkat berbagai sel kulit mati yang ada di wajah, mencerahkan kulit yang kusam, membuat kulit tampak lebih muda, dan juga menjadikannya lebih kenyal maupun lembab. Baca juga Rekomendasi 5 Skin Care untuk Kulit Kering dan Urutan Pemakaiannya.

2. Chemical Peeling

Selanjutnya adalah chemical peeling. Perawatan kecantikan ini mendadak populer dilakukan bahkan oleh remaja sampai dewasa yang umumnya memiliki kondisi kulit berjerawat atau berminyak. Chemical peeling juga salah satu perawatan yang wajib Anda lakukan paling tidak sebulan sekali.

Perawatan kecantikan kulit yang satu ini bertujuan mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara menyeluruh sehingga membuat wajah Anda menjadi glowing. Kini chemical peeling tak selamanya harus datang ke klinik kecantikan, beberapa toner maupun serum diyakini cukup ampuh menjadi chemical peeling bagi wajah Anda.

3. Laser

Sebenarnya perawatan ini ditujukan bagi wanita paruh baya yang memiliki flek hitam maupun berbagai noda hitam di wajah yang mengganggu penampilan. Namun, melihat pertumbuhan remaja yang kian cepat, maka tak jarang Anda menemukan remaja yang melakukan teknik laser untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Perawatan kecantikan kulit laser bertujuan untuk mengecilkan pori-pori, mengurangi penyumbatan di dalam pori-pori wajah, sampai meningkatkan pigmentasi di dalam kulit agar warna kulit wajah merata. Teknik yang digunakan pun terbilang tidak sakit walaupun harus mengalami sedikit nyeri setelah proses laser berlangsung.

4. Mikrodermabrasi

Berikutnya ada perawatan kulit yang mampu mengangkat sel kulit mati secara lebih dalam, bahkan diklaim ampuh menghilangkan bekas jerawat, bintik hitam, sampai noda hitam yang seringkali menurunkan kepercayaan diri Anda.

Perawatan kecantikan kulit ini juga dapat dilakukan oleh remaja, dewasa, sampai paruh baya. Bahkan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa melakukannya sebanyak 3-4 kali sesuai dengan kondisi kulit Anda.

5. Suntik botox

Bagi Anda yang kini telah berusia 30 tahun ke atas, wajar bila memiliki kondisi kulit yang mulai menunjukkan penuaan diri, mulai dari kerutan di bagian dahi, tulang mata, maupun daerah sekitar bibir. Hal ini wajar terjadi mengingat usia yang kian bertambah.

Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan perawatan kecantikan kulit menghilangkan atau menyamarkan kerutan ini, salah satunya ialah suntik botox. Bisa dibilang aktivitas ini sering dilakukan oleh sebagian besar wanita. Namun, yang perlu Anda perhatikan ialah klinik atau tempat Anda melakukan suntik ini harus benar-benar aman dan terjamin kebersihannya.

6. Fillers

Di era kini banyak wanita yang tergila-gila untuk mengikuti trend yang berasal dari Barat atau Korea; banyak gadis yang membuat bibir mereka tampak lebih berisi atau bahkan melakukan operasi pada lipatan mata.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan perawatan kecantikan kulit dengan membuat bibir Anda menjadi lebih tebal, maka fillers adalah jawabannya. Pastikan Anda melakukan operasi fillers ini di tempat yang memang terjamin mutu dan kualitasnya. Hal ini dikarenakan fillers akan memasukkan sejumlah cairan tertentu ke bibir Anda.

7. Totok Wajah

Totok wajah bisa Anda lakukan hampir di setiap salon kecantikan di Indonesia. Totok wajah adalah kegiatan pemijatan di area wajah dengan teknik atau cara tertentu sehingga mampu mengencangkan kondisi kulit wajah Anda. Bisa dibilang, perawatan ini tidak memakan waktu yang lama, yakni hanya berkisar sekitar 15-30 menit.

Cara Perawatan Wajah Sehari-hari

Setelah mengetahui beberapa perawatan wajah yang dapat Anda lakukan sekitar 1-2 bulan sekali atau mungkin operasi kecil seperti fillers, Anda juga perlu mengetahui beberapa cara untuk merawat wajah Anda sehari-harinya. Berikut adalah ulasan merawat wajah sesuai dengan kondisi kulit yang Anda miliki.

1. Perawatan Kecantikan Kulit Normal

Meski kondisi kulit normal jarang bermasalah, tetap disarankan untuk menggunakan berbagai skincare seperti pelembab sampai sabun wajah untuk menjaga pH kulit. Anda juga bisa menggunakan beberapa serum yang ampuh memaksimalkan kulit wajah sehingga lebih cerah dengan menggunakan serum seperti Scarlet Whitening.

2. Perawatan Untuk Kulit Berminyak

Berikutnya adalah kondisi kulit yang mungkin sering dialami oleh sebagian besar wanita, yakni kulit berminyak yang mudah diserang komedo dan jerawat. Untuk kondisi kulit ini, Anda memerlukan beberapa produk perawatan wajah yang cukup berat.

Mulai dari penggunaan double cleansing, pencuci wajah yang hypoallergenic, sampai toner untuk melembabkan wajah. Bahkan tak sembarangan produk dapat digunakan di wajah Anda. Hindari saja beberapa produk yang membuat wajah Anda menjadi lebih berminyak atau menimbulkan kesan lengket di wajah.

3. Perawatan Untuk Kulit Sensitif

Cara perawatan wajah sehari-hari untuk kulit sensitif juga harus ekstra. Contohnya saja dalam produk pembersih wajah yang Anda gunakan, pastikan terhindar dari alkohol, etanol, aqua, sampai fragrance yang berisiko besar menyebabkan iritasi.

Untuk perawatan kecantikan kulit sensitif, sebisa mungkin hindari chemical peeling yang terlalu sering karena dapat menyebabkan wajah menjadi lebih sensitif dan menimbulkan iritasi kemerahan di wajah Anda.

4. Perawatan Untuk Kulit Kering

Produk perawatan wajah dengan kondisi kulit kering memerlukan perhatian khusus. Pastikan Anda menghindari berbagai produk wajah yang menimbulkan kesan seperti tertarik pada kulit Anda. Selain itu, sangat dianjurkan penggunaan toner yang berfungsi melembabkan wajah. Tak lupa, lotion serta tabir surya yang melindungi kulit wajah Anda dari terpaan sinar matahari.

5. Perawatan Kecantikan Kulit Kombinasi

Bagi pemilik kulit kombinasi, jangan ragu menggunakan dua produk sekaligus. Produk ini harus digunakan pada tempat yang berbeda sesuai dengan kondisi kulit. Misalnya daerah T zone yang memiliki risiko berminyak, maka gunakanlah produk untuk kulit berminyak. Sementara di daerah wajah lain yang memiliki kondisi kulit sensitif, cukup gunakan skincare khusus kulit sensitif.

Nah, di atas adalah beberapa perawatan kecantikan kulit yang dapat Anda lakukan dan beberapa perawatan sehari-hari sesuai dengan kondisi kulit. Jangan lupa untuk memperhatikan berbagai faktor dari luar seperti polusi, cuaca, maupun makanan yang juga dapat mempengaruhi kondisi kulit.

Originally posted 2020-10-29 23:16:04.

Tinggalkan komentar