Pilih Pelembab Wajah Untuk Kulit Berminyak? Simak 5 Hal Ini Dulu!

Cantik Sehat – Kulit yang sehat adalah kulit yang terjaga kelembapannya, oleh karena itu pelembab wajah untuk kulit berminyak menjadi salah satu perangkat wajib. Bagi pemilik kulit berminyak, pelembap tetap wajib digunakan, lho. Karena fungsinya bukan hanya membasahi kulit. Tapi juga melindungi kulit dari radikal bebas dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit.

Jangan menganggap bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap. Justru kulit berminyak perlu mendapat perawatan ekstra agar tidak menimbulkan jerawat dan kusam. Salah satunya dengan menggunakan pelembab wajah untuk kulit berminyak. Mau tahu cara memilihnya? Simak penjelasan ini!

Inilah Pelembab Wajah Untuk Kulit Berminyak Paling Dicari

Penyebab Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah faktor genetik, lingkungan, penggunaan produk yang salah, atau salah pola makan. Kulit berminyak juga bisa disebabkan dehidrasi atau konsumsi obat tertentu. Pelembab wajah tersebut tentu tidak berfungsi mengurangi kadar minyak secara signifikan.

Pelembab untuk kulit berminyak dan sensitif digunakan untuk merawat kulit agar tampak segar setelah dibersihkan. Sebelum membahas tentang penggunaan pelembap dan fungsinya, berikut beberapa penyebab kulit menjadi berminyak:

1. Faktor Gen

Faktor genetik bisa menjadi penyebab seseorang memiliki jenis kulit berminyak. Karena gen adalah sifat yang diturunkan dan tidak bisa diubah dengan udah. Maka jika Anda memiliki kulit berminyak karena keturunan, perlu memilih produk perawatan yang sesuai. Pelembab wajah untuk kulit berminyak banyak tersedia di pasar dan gerai kosmetik.

Selain itu, perawatan ekstra juga perlu dilakukan agar kulit berminyak mampu mengontrol produksi minyak di wajah. Jika minyak berlebihan, dapat membuat kotoran mudah menempel dan menimbulkan jerawat yang sulit disembuhkan. Jika pun jerawat bsia kering, bekasnya tidak mudah hilang dalam sekejap.

2. Faktor Lingkungan

Cuaca panas, kering, dan udara yang kotor dapat memicu produksi miyak berlebih pada wajah. Untuk itu perlu dilakukan perlindungan menggunakan pelembab wajah untuk kulit berminyak. Dengan perawatan yang baik, risiko buruknya lingkungan dan jalanan yang ahrus dilalui setiap hari tidak sampai merusak kulit wajah. Sebaliknya, ketika cuaca dingin, kulit cenderung kering dan pecah-pecah.

Para pemilik kulit wajah berminyak dapat bergembira karena minyak di wajah melindungi dari pecah-pecah saat cuaca dingin. Namun demikian, jika kulit wajah dibiarkan dalam keadaan kotor akan mudah memicu jerawat dan komedo. Setiap kulit wajah tidak membutuhkan produk yang mahal. Namun perlu produk yang cocok, sesuai dengan kondisi kulit.salah satunya adalah menggunakan pencerah wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat. Produk ini akan mampu membantu wajah menjadi lebih cerah.

3. Produk Perawatan yang Salah

Produk perawatan yang salah dapat memicu produksi minyak berlebih pada wajah. Memilih produk perawatan kulit harus selektif. Gunakan produk yang cocok, dan ini tidak harus mahal. Produk lokal dengan kandungan zat yang aman bagi wajah berminyak juga bisa digunakan. Biasanya, produk yang cocok dengan satu orang belum tentu cocok dengan yang lain.

Maka pastikan Anda mecoba produk yang sekiranya coco sebelum benar-benar membeli dalam jumlah banyak. Biasanya, produk yang tidak cocok untuk wajah menimbulkan ruam atau terasa panas saat dioleskan di kulit. Ada juga yang baru bereaksi setelah beberapa lama, menimbulkan jerawat. Baca juga Pelembab Wajah yang Bagus Agar Kulit Tetap Sehat dan Segar.

4. Salah Pola Makan

Salah pola makan dengan terlalu banyak mengonsumsi lemak atau gorengan dapat  memicu wajah berminyak. Oleh karen aitu konsumsi secukupnya saja, segala sesuatu tidak baik jika berlebihan. Pelembab untuk kulit berminyak murah bisa jadi bekerja efektif jika pola makan terjaga seimbang. Maka menjadi cantik sejatinya bukan hanya disebabkan oleh produk perawatan.

5. Akibat Konsumsi Obat

Konsumsi obat tertentu yang dapat mengubah hormon berpotensi mengubah produksi minyak di wajah. Pelembab wajah untuk kulit berminyak mungkin tidak bisa banyak membantu jika terjadi seperti ini. Rangsangan hormon yang terkandung dalam obat tertentu menimbulkan perubahan metabolisme tubuh. Salah satunya dengan produksi minyak berlebih pada wajah.

Jenis Pelembab Berdasarkan Tekstur

Dari banyaknya pelembab wajah untuk kulit berminyak yang beredar di pasar kosmetik tanah air, memiliki tekstur yang beragam. Beberapa diantaranya bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Beberapa yang lain sebaiknya tidak digunakan untuk jenis kulit berminyak. Tekstur pelembap yang banyak beredar diantaranya adalah:

1. Gel

Pelembap jenis ini umumnya berwarna bening atau transparan. Dengan komposisi dominan air, tekstur pelembap ini mudah diserap oleh kulit dan menjadikan kulit wajah terasa lebih segar. Pelembab wajah untuk kulit berminyak direkomendasikan untuk menggunakan pelembap yang memiliki tekstur gel.

2. Cream

Jenis tekstur ini tidak dapat digunakan sebagai pelembab untuk kulit berminyakdan bruntusan. Karena bentuk cream umumnya terdiri dari oil yang pekat. Namun pemilik kulit wajah berminyak tidak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia produk kombinasi pelembap gel cream.

3. Lotion

Seperti halnya hand and body lotion yang memiliki tekstur ringan dan mudah menyerap di kulit. Pelembab yang berbentuk lotion juga mudah menyerap di kulit. Produk jenis ini coco digunakan untuk pemilik kulit berminyak. Banyak lotion Pelembab wajah untuk kulit berminyak yang merupakan produk lokal dan cukup recomended.

4. Oil

Jenis pelembab dengan tekstur oil umumnya tidak direkomendasikan untuk jenis kulit berminyak. Namun ada beberapa pelembab berbentuk oil tetap aman digunakan meski kult wajah berminyak. Seperti pelembap yang mengandung oil teh. Oil jeni sini mampi menagkal bakteri dan mengandung antioksidan tinggi.

Pelembab Wajah Untuk Kulit Berminyak

Untuk jenis kulit berminyak, perlu menggunakan pelembab khusus agar tidak menimbulkan masalah seperti jerawat atau beruntusan. Pelembab wajah untuk kulit berminyak remaja sama dengan pelembap bagi orang dewasa. Hanya saja untuk orang dewasa di atas usia 35 tahun perlu pelembap khusus yang mengandung SPF lebih tinggi.

Hal ini karena produksi kolagen pada usia di atas 35 tahun lebih lambat dari usia sebelumnya. Maka in berpengaruh pada kekenyalan kulit dan jika tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup akan tampak penuaan kulit yang terlalu cepat. Pelembab wajah untuk kulit berminyak perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Berbahan dasar air

Bahan dasar air dalam pelembab wajah yang digunakan untuk kulit berminyak akan mengurangi risiko tertutupnya pori-pori kulit. Karena air dengan udah diserap oleh kulit tanpa menimbulkan sumbatan pada pori-pori. Selain itu, bahan dasar air pada pelembab membuat pelembap menjangkau permukaan kulit lebih luas dibanding pelembap dengan bahan dasar oil.

2. Anti bakteri

Pastikan bahan Pelembab wajah untuk kulit berminyak mengandung antibakteri. Salah satunya bisa mengadnung ekstrak daun teh atau sedikit kandungan antiseptik. Ini berfungsi untuk mencegah infeksi kulit akibat produksi minyak berlebih.

3. Anti comedogenic

Komedo biasanya terbentuk akibat pori-pori yang tersumbat lapisan minyak. Baik minyak yang berasal dari sekresi kult maupun pelembap. Namun pelembap dengan bahan anti comedogenic akan mampu mengurangi ririko terbentuknya komedo. Tentu perlu depertimbangkan untuk memilikinya.

Sekian ulasan mengenai pelembab wajah untuk kulit berminyak. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas terkait pemilihan produk perawatan kulit yang tepat, semoga menjadi solusi untuk pembaca yang harus meluangkan lebih banyak waktu untuk membaca.

Originally posted 2020-11-03 23:20:02.

Tinggalkan komentar