8 Tips Memilih Outfit Naik Gunung Wanita, Mendaki Jadi Lancar!

Cantik Sehat – Outfit naik gunung wanita harus diperhatikan agar memberi kenyamanan dan keselamatan saat naik gunung. Kegiatan mendaki gunung kini tidak hanya digemari oleh kaum pria. Sekarang para wanita juga mulai menggemari olahraga ini. Meskipun melelahkan dan sering menantang bahaya, tapi perjalanan beratnya akan tertebus setelah mencapai puncak gunung.

Sebelum melakukan kegiatan mendaki gunung, pendaki wanita perlu mempersiapkan beberapa kebutuhan dan perlengkapan yang memadai. Kebutuhan ini termasuk menyiapkan pakaian wanita naik gunung yang aman dan nyaman. Berikut beberapa tips memilih busana untuk mendaki gunung yang nyaman dan aman, namun tetap stylish dan modis.

Outfit naik gunung wanita

Tips Memilih Outfit Naik Gunung Wanita

Saat memutuskan untuk mendaki gunung, pastikan Anda telah menyiapkan outfit naik gunung wanita yang sesuai. Persiapan ini penting untuk memudahkan Anda bergerak dengan nyaman dan leluasa, serta tetap aman. Meskipun demikian, jangan abaikan juga nilai estetikanya sehingga Anda tetap tampil cantik dan stylish meski sedang berada di atas gunung. Berikut tips menyiapkan outfit mendaki gunung:

1. Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Baju kaus berbahan katun sangat direkomendasikan sebagai pakaian yang digunakan untuk naik gunung. Mendaki gunung adalah kegiatan yang cukup berat dan menyebabkan tubuh banyak mengeluarkan keringat. Oleh karena itu sangat penting untuk menyiapkan kaus katun yang dapat menyerap keringat agar tubuh tetap merasa nyaman.

Anda tidak bisa menggunakan kaus katun biasa sebagai outfit naik gunung wanita. Kaus katun biasa mungkin dapat menyerap keringat, namun kaus ini tidak mampu kering dengan cepat. Hal ini malah membuat badan menjadi berat dan dingin karena basah. Kondisi ini malah membahayakan karena dapat memicu hipotermia. Gunakan kaus katun yang bersifat quick dry saat mendaki gunung.

2. Jangan Memakai Pashmina atau Hijab yang Tebal

Apabila Anda mengenakan hijab, maka tidak disarankan menggunakan hijab yang dapat mengganggu kenyamanan. Pakailah hijab bolak-balik sebagai outfit naik gunung wanita hijab. Jangan gunakan hijab yang tebal atau pashmina karena Anda dapat merasa kepanasan dan kerepotan karena modelnya yang ribet.

Pilihlah hijab yang bisa dipakai untuk beberapa baju outfit naik gunung wanita agar ransel Anda tidak terlalu berat. Pastikan juga bahannya tidak licin agar Anda tidak terlalu sibuk membetulkan posisi hijab yang melorot saat mendaki gunung. Hijab harus nyaman dan mampu menyerap keringat di kepala sehingga kepala Anda tetap nyaman dan tidak merasa gatal.

3. Menggunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

Sangat penting menggunakan pakaian dalam yang nyaman selama pendakian. Pemakaian bra dengan tali pengait yang biasa sangat tidak nyaman digunakan sebagai outfit naik gunung hijab karena kurang mampu menyerap keringat. Bra model ini juga akan menyebabkan sakit di bagian pundak dan punggung saat Anda membawa carrier.

Gunakan sport bra sebagai outfit naik gunung wanita yang nyaman dan menyerap keringat. Beberapa merek sport bra dilengkapi dengan padding yang mampu menopang payudara saat berolahraga mendaki gunung. Bahannya dibuat dari bahan yang bermutu tinggi, elastis, dan mampu menyerap keringat dengan baik sehingga menambah kenyamanan saat mendaki.

4. Dilarang Menggunakan Celana Berbahan Denim

Mendaki gunung menggunakan celana berbahan denim sebagai outfit naik gunung wanita sangat tidak disarankan. Celana denim dapat menyebabkan lecet di bagian pangkal paha karena ukurannya yang cenderung sempit dan bahannya yang kasar. Celana berbahan denim juga tidak dapat menghangatkan kaki karena bahan ini memiliki pori-pori besar yang tidak dapat melindungi dari udara dingin dan angin. Baca juga 15 Referensi Outfit Kondangan Santai untuk Penampilan Memukau.

Celana denim yang basah akan susah untuk kering dalam waktu yang cepat. Hal ini dapat menyebabkan celana menjadi berat dan susah saat melakukan pendakian. Celana yang basah juga dapat menyebabkan kaki kedinginan yang bila dibiarkan dapat mengakibatkan kondisi tubuh mengalami hipotermia.

5. Gunakan Celana Berbahan Kanvas

Celana dengan bahan kanvas sangat bagus digunakan sebagai outfit naik gunung wanita karena tidak akan menghalangi gerak Anda. Beberapa pendaki merekomendasikan celana gunung yang berbahan parasut atau kargo. Kedua bahan ini mudah dibersihkan dari debu dan cepat kering. Tekstur celana yang rapat dapat melindungi kaki dari udara yang dingin dan angin.

Celana dengan bahan parasut atau kargo lebih baik daripada naik gunung pake celana training yang meski ringan namun kurang aman. Anda bisa menggunakan celana gunung dari bahan stretch quick dry yang ringan, nyaman, dan mudah kering. Celana ini biasanya memiliki beberapa kantong dengan resleting. Anda bisa menyimpan barang penting di dalamnya tanpa harus membongkar carrier.

6. Ingin Hangat Namun Tetap Stylish? Gunakan Jaket Parka

Jaket parka bisa Anda jadikan sebagai outfit naik gunung wanita pilihan. Selain modelnya yang stylish, jaket ini tetap nyaman dan bisa menghangatkan tubuh saat sedang mendaki. Sebaiknya pilih jaket parka yang bermaterial tebal dan mempunyai banyak kantong untuk menyimpan benda-benda penting.

Beberapa produsen khusus mendesain Woman Ultra Light Down Jacket (ULD) yang sangat ringan. Jaket ini terbuat dari bulu angsa yang meski tipis namun pemakainya tetap merasa hangat. ULD sangat cocok untuk pendaki karena dapat menghemat ruang di dalam carrier, selain itu bahannya bersifat tahan angin dan tahan air.

Beberapa hal harus dipertimbangkan saat memilih jaket sebagai outfit naik gunung wanita. Gunakan jaket sesuai dengan ukuran tubuh, jangan terlalu kecil karena ada sistem layering untuk mejaga suhu tubuh tetap hangat. Pilihlah jaket dengan berwarna terang agar dapat memantulkan cahaya. Warna yang terang ini akan membuat Anda lebih mudah dicari apabila sesuatu terjadi.

7. Pakai Sepatu Gunung

Alas kaki sangat besar peranannya dalam pendakian gunung. Jangan gunakan sandal gunung saat melakukan pendakian. Anda tidak dianjurkan juga mengenakan sneaker karena alas kaki ini tidak bisa menjamin keamanan Anda saat mendaki. Menggunakan sepatu gunung adalah hal yang tepat.

Sepatu gunung memiliki alas yang bergerigi dalam sehingga memiliki daya cengkeram yang lebih kuat. Bentuknya juga lebih tinggi, hal ini berfungsi untuk melindungi mata kaki dari keseleo. Sepatu gunung bersifat santi air sehingga lebih mudah dibersihkan dan cepat kering. Baca juga artikel diet sehat.

Pakailah sepatu dengan ukuran satu nomor lebih besar dari ukuran kaki agar Anda dapat mengenakan kaus kaki tebal. Kaki yang terlalu lama berjalan biasanya akan sedikit bengkak. Menggunakan sepatu berukuran satu nomor lebih besar membuat Anda mendapatkan cukup ruang dan tidak merasakan sakit karena sepatu yang menjadi sempit.

8. Gunakan Buff yang Serba Guna

Buff atau masker sangat dibutuhkan dalam mendaki gunung. Saat musim kemarau buff digunakan untuk melindungi hidung dan mulut dari angin, pasir, dan debu. Bagi pendaki wanita, buff dapat menjadi alat serbaguna. Selain sebagai masker, buff bisa berfungsi sebagai penahan keringat, penutup kepala, penutup leher, kupluk, hingga penguncir rambut.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa tips memilih outfit naik gunung wanita agar tetap aman dan nyaman saat mendaki. Selain yang telah diterangkan di atas, jangan lupakan perlengkapan lain seperti topi, kacamata, tabir surya, dan lip balm agar kulit terhindar dari sinar matahari langsung. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar