10 Khasiat Menakjubkan dari Minyak Kelapa Untuk Kecantikan

CantikSehat – Minyak kelapa telah dikenal sejak lama sebagai minyak yang sehat untuk dikonsumi. selain itu, terdapat pula khasiat minyak kelapa untuk kecantikan. Meskipun minyak kelapa tidak dapat mengobati, tetapi dapat diandalkan untuk merawat kecantikan. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Menurut seorang dermatologis ternama yaitu Dr. Frances Prenna Jones, minyak kelapa dapat menangkal gangguan kesehatan kulit. Selain itu, sifatnya yang mudah menyerap ke kulit membuat minyak ini sangat efektif dalam memperbaiki kerusakan kulit. Minyak kelapa ini dapat melembabkan kulit sekaligus memerangi tanda penuaan dini.

minyak kelapa untuk kecantikan

Apa Itu Minyak Kelapa?

Minyak kelapa adalah minyak yang dihasilkan dari ekstraksi kelapa mentah yang masih segar. Apabila dibiarkan pada suhu dingin minyak kelapa akan mengental dan berwarna putih seperti balsam. Tetapi, setelah dipanaskan minyak ini akan mencair kembali.

Khasiat Minyak Kelapa

Jika selama ini kamu menggunakan minyak kelapa hanya untuk memasak, sebaiknya gunakan pula untuk merawat kecantikan. Sayang sekali jika manfaat minyak kelapa untuk kecantikan ini terlewatkan. Untuk mengetahui secara lebih rinci man, berikut ini ulasannya.

1. Mengatasi Jerawat Membandel

Khasiat minyak kelapa untuk kecantikan yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat yang membandel. Pasalnya, minyak kelapa mengandung vitamin C yang dapat mengatasi semua flek hitam yang menempel pada wajah. Baik akibat bekas jerawat, penuaan dini, maupun bekas luka. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, oleskan minyak kelapa ini pada bagian wajah secara rutin.

2. Membantu Menghapus Bekas Riasan

Bagi kamu yang biasanya menggunakan cleanser untuk membersihkan bekas riasan, dapat menggantinya dengan minyak kelapa. Fungsi minyak kelapa untuk kecantikan adalah dapat mengahapus riasan dengan baik. Salah satu produk yang bisa kamu gunakan untuk membebaskan pori-pori dari riasan adalah VCO.

3. Membantu Melembabkan Kulit

Khasiat minyak kelapa untuk kecantikan selanjutnya yaitu membantu melembabkan kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit kering dan bibir pecah-pecah sangat direkomendasikan menggunakan minyak ini untuk mengatasinya. Selain melembabkan, formula antibakteri pada minyak kelapa dapat mengobati penyakit eksim dan bakteri stafilokokus.

4. Membantu mencegah Kerutan Pada Ara Mata

Gunakan produk yang sedikit kandungan bahan kimia berbahaya untuk area mata yang sensitif. Nah, salah satunya kamu dapat menggunakan minyak kelapa ini. Cara menggunakan minyak kelapa untuk kecantikan adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagian tulang mata. Kemudian hindari kulit yang sangat dekat dengan mata.

5. Mengatasi Sunburn

Sunburn atau kulit terbakar karena matahari terasa perih dan berwarna merah. Khasiat minyak kelapa untuk kecantikan salah satunya dapat mengatasi masalah ini. Meskipun saat mengoleskan minyak kelapa tidak ada sensasi dingin, tetapi dapat kamu andalkan untuk jadi pelembab. Selain itu, kandungan vitamin E minyak kelapa juga bisa mengatasi radang pada kulit. 

6. Menjadikan Rambut Berkilau

Selain sehat untuk dikonsumsi, manfaat minyak kelapa bagi kecantikan adalah dapat menjadikan rambut berkilau dan sehat sepanjang hari. Selain itu, minyak ini efektif mengurangi hilangnya protein yang dapat mengakibatkan rambut menjadi kering dan tidak sehat.

7. Membantu Hilangkan Bau Mulut

Minyak kelapa juga dipercaya ampuh membunuh bakteri dalam mulut dan menghilangakn baunya. Dalam sebuah penelitian mengatakan berkumur dengan minyak kelapa memiliki keefektifan yang sam dengan menggunakan mouthwash dalam membunuh bakteri di mulut. Berkumur menggunakan minyak kelapa dengan durasi 10 menit dapat mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut.

8. Sebagai Deodorant Alami

Meskipun keringat yang keluar dari ketiak tidak bau tetapi bakteri yang hidup diketiak dapat menimbulkan bau tidak sedap. Nah, minyak kelapa dapat kamu gunakan untuk mengatasinya karena memiliki sifat antibakteri. Selain itu, minyak kelapa dapat kamu gunakan sebagai alternatif deodorant bebas bahan kimia.

Kontra Indikasi Minyak Kelapa Untuk Kecantikan

Sejatinya minyak kelapa adalah bahan alami yang rendah resiko. Namun, ada sebagian orang yang tidak disarankan menggunakannya. Misalnya orang dengan jenis kulit berminyak. Jika jenis kulitnya berminyak lalu menggunakan minyak lagi justru membuat kulit semakin berisiko.

Cara Memilih Minyak Kelapa Untuk kecantikan

Sebelum menentukan menggunakan sebuah produk minyak kelapa untuk kecantikan, sebaiknya pilih produk yang berkualitas. Nah, bagai mana cara mengetahui produk tersebut berkualitas bagus? Berikut ini beberapa poin penting dalam menentukan kualitas sebuah produk.

  • Pilih produk berdasarkan asal negara
  • Cek label sertifikasi
  • Pilih produk yang menggunakan metode cold-pressed
  • Cari produk yang menggunakan label “extra virgin”

Rekomendasi Produk Minyak Kelapa Untuk Kecantikan

Menilik banyaknya manfaat minyak kelapa untuk kecantikan, saat ini banyak produk yang mengandung bahan ini. Ada yang murah dan adapula yang mahal. Kendati demikian kamu tak perlu bingung untuk menentukannya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi merk minyak kelapa untuk kecantikan yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. Coco Milagro Extra Virgin Coconut Oil

Minyak kelapa untuk kecantikan yang berasal dari Indonesia ini mengandung 100% kelapa organik. Centrifugal dan cold-pressed sebagai metode produksinya serta tanpa melalui proses RBD produk ini berkualitas. Memiliki kualitas yang tinggi coco milagro dapat mengatasi luka bakar serta dapat mempersingkat proses penyembuhan luka. Dengan harga Rp. 95.000 tidak akan menguras kantong.

2. Javara Coconut Cooking Oil

Javara Coconut Cooking Oil juga salah satu minyak kelapa produk dalam negeri. Dibuat langsung dari daging asli kelapa yang berasal dari Sulawesi. Minyak ini diproduksi dengan metode cold-pressed sehingga menjadi minyak berkualitas tinggi serta terjaga nutrisinya.

Kandungan asam laurat pada minyak kelapa dapat menangkal bakteri dan virus sekaligus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain untuk memasak, Javara dapat digunakan untuk melembabkan kulit, membuat rambut berkilau serta menghapus bekas riasan di wajah. Harga Javara Coconut Cooking Oil kisaran Rp. 93.500.

3. Nutiva Organic Virgin Coconut Oil

Selanjutnya rekomendasi produk minyak kelapa adalah Nutiva Organic Virgin Coconut Oil. Minyak ini dibuat dari kelapa segar Asia Tenggara serta diproduksi dengan metode cold-pressed. Dengan metode tersebut dapat dipastikan kualitasnya sangat baik. Selain itu, produk ini tidak disertai dengan bahan kimia berbahaya seperti oemutih, pengawet maupun pewangi. Untuk harganya Rp. 250.000.

4. Jarrow Formulas Extra Virgin Coconut Oil

Sedikit lebih mahal dari minyak kelapa lainnya Jarrow Formulas Extra Virgin Coconut Oil murni dari kelapa organik. Dengan harga kisaran 300- 700an kamu dapat menggunakan minyak kelapa tanpa tambahan apapun. Seperti susu, kacang-kacangan dan ikan sehingga dapat dikonsumsi oleh vegetarian.

5. Ecozet Extra Virgin Coconut Oil

Selanjutnya ada Ecozet Extra Virgin Coconut Oil sebagai minyak kelapa untuk kecantikan yang bisa kamu gunakan. Bagi kamu, yang memiliki masalah rambut dan kulit kering direkomendasikan untuk memakai produk ini. Kandungan vitamin E di dalamnya dapat menjaga kelembapan secara maksimal. Sedangkan harganya adalah Rp. 99.000.

Demikian khasiat dan beberapa produk minyak kelapa untuk kecantikan yang bisa kamu gunakan untuk merawat tubuh. Namun, disarankan untuk pemiliki kulit berminyak sebaiknya tidak menggunakannya karena akan menambah masalah. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar