Inilah 6 Cara Menghilangkan Panu Dengan Bahan Alami, Jamur Pasti Kabur!

Cantik Sehat – Setiap orang yang diserang panu wajib mencari cara menghilangkan panu dengan bahan alami sebelum mencari obat instan. Karena panu adalah salah satu jenis jamur kulit yang tampak mengganggu. Obat alami banyak tersedia di rumah, maka wajib dicoba sebelum mencari alternatif lain.

Jamur panu yang menempel pada kulit biasanya menimbulkan bercak berwana putih berbentuk bulat atau tidak beraturan. Bercak ini tidak dapat hilang dengan sabun mandi atau digosok dengan power puff. Maka perlu bahan khusus anti jamur untuk menghilangkannya.

menghilangkan panu dengan bahan alami

Penyebab Panu

Penyebab panu adalah jamur tinea versicolor yang menempel dan berkembang di permukaan kulit. Jamur ini dapat tumbuh subur pada kulit yang sering lembap dan tidak terawat. Sekali saja jamur ini menempel, dan tidak diobati hingga tuntas, maka akan terus bertahan dan membentuk pola.

Sumber Panu

Seseorang bisa terkena panu jika sempat menempel pada sumber panu. Biasanya, sumber panu yang bisa menularkan jamur ke orang lain adalah pakaian atau peralatan yang dipakai penderita panu. Terutama alat mandi, sangat berpotensi menjadi sumber panu dan menyebarkannya ke mana-mana.

Cara menghilangkan panu dengan bahan alami pun tidak akan efektif selama penggunaan peralatan mandi tidak dijaga dengan baik. Untuk itu, setiap upaya menghilangkan panu harus diikuti dengan pola hidup sehat. Kewajiban untuk menjaga kebersihan diri dan keluarga harus dilaksanakan dengan baik.

Bahan Alami Penghilang Panu

Beberapa bahan yang dapat menghilangkan panu berikut dapat ditemukan di rumah. Setelah memperoleh salah satu atau sesuai rangkaian yang dibutuhkan, Anda dapat mengikuti cara menghilangkan panu dengan bahan alami di bawah ini.

1. Bawang

Bawang yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini dapat berfungsi sebagai penghilang jamur kulit. Karena bawang mengandung minyak atsiri dan anti jamur. Zat anti jamur pada bawang terletak pada daging dan air yang terkandung dalam umbi bawang putih. Baca juga 10 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Cepat, Wajib Dicoba!

2. Laos/Lengkuas

Jika Anda tertarik dengan cara menghilangkan panu dengan bahan alami, maka lengkuas wajib menjadi salah satu referensi. Bahan aktif dalam cairan lengkuas bila dicampur dengan garam menjadi anti jamur yang efektif. Hanya saja, pengobatan dengan lengkuas biasanya menimbulkan rasa perih pada kulit.

3. Belerang

Belerang merupakan salah satu bahan dalam cara menghilangkan panu dengan bahan alami. Selain untuk panu, belerang juga memiliki bahan aktif untuk menghilangkan kudis dan penyakit kulit lainnya. Jika tidak menemukan belerang asli untuk bahan penghilang jamur, bisa gunakan sabun sulfur, atau sabun mandi yang mengandung belerang.

4. Minyak Pohon Teh

Adalah minyak yang diambil dari pohon teh. Pada dasarnya pohon teh mengandung minyak atsiri dan bahan aktif anti jamur. Oleh karena itu setelah diolah menjari tree tea oil, banyak dipasarkan sebagai bahan kosmetik. Minyak ini dapat digunakan menghilangkan jamur kulit. Selain itu, juga dapat berfungsi mengempeskan jerawat di kulit wajah.

5. Minyak Kelapa dan Kayu Manis

Bahan lain dalam cara menghilangkan panu dengan bahan alami adalah minyak kelapa dan minyak kayu manis. Minyak kelapa diambil dari kelapa yang diambil santannya kemudian dimasak sampai menjadi minyak. Sedangkan minyak kayu manis diperoleh dari kayu manis yang sudah melalui proses ekstraksi.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang multi fungsi. Selain dapat dijadikan hiasan jika ditanam di pot, juga bisa menjadi obat dan bahan pangan. Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang dapat diobati dengan lidah buaya. Karena lidah buaya mengandung anti jamur dalam lendir di batang daunnya,

Inilah Cara Menghilangkan Panu Dengan Bahan Alami

Berdasarkan bahan yang sudah disebutkan di atas, berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan panu dengan bahan alami. Beberapa bahan bisa digunakan secara langsung. Sebagian yang lain harus dicampur dengan bahan lain untuk meningkatkan efektifitas fungsinya.

Semua bahan alami di atas dapat digunakan sebagai obat luar. Sehingga pemakaiananya adalah dengan mengoleskan bahan langsung ke kulit yang diserang jamur. Sebelum itu, pastikan kulit bersih sehingga bahan alami yang diaplikasikan tidak sia-sia.

1. Bawang Untuk Menghilangkan Panu

Cara menghilangkan panu dengan bawang putih adalah dengan mengupas bawang putih dan mengirisnya tipis-tipis. Irisan bawang tersebut kemudian ditempelkan pada kulit yang diserang panu. Cara ini menimbulkan sensasi terbakar pada kulit, namun lama kelamaan akan hilang dan dapat diulang beberapa kali.

2. Campuran Lengkuas dan Garam

Cara menghilangkan panu dengan bahan alami lengkuas dan garam adalah dengan mencampurkan kedua bahan ini. Umbi lengkuas yang keras mungkin sulit dicampur dengan garam. Untuk itu lengkuas bisa diparut atau diiris tipis jika masih muda. Kemudian parutan atau irisan tersebut ditabur dan dicampur dengan garam.

Setelah bahan siap, pastikan kulit yang terkena panu dalam keadaan bersih. Kemudian tempelkan campuran lengkuas dengan garam tersebut langsung ke kulit. Setelah itu gosok perlahan. Cara ini bisa jadi menimbulkan rasa perih pada kulit. Namun cukup efektif untuk menghilangkan jamur setelah diulang beberapa kali.

3. Campuran Belerang dan Lemon

Obat menghilangkan panu yang membandel berikutnya adalah dengan menggunakan campuran belerang dan lemon. Jika ada belerang asli, jika tidak bisa gunakan sabun sulfur yang mengandung belerang. Belerang dalam bentuk bubuk dapat dicampur dengan beberapa tetes air lemon kemudian ditempel pada kulit berpanu. Setelah kering, bersihkan dan ulangi kemudian.

4. Tea Tree Oil Untuk Panu

Tea tree oil dapat dicampur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa menjadi obat panu mujarab. Perbandingannya adalah tea tree oil 1:2 untuk minyak kelapa atau zaitun. Setelah dicampur, tempelkan pada kulit berpanu yang sudah dibersihkan. Jika dilakukan rutin dua kali sehari selama beberapa minggu, panu dapat hilang dengan sendirinya.

5. Minyak Kelapa dan Kayu Manis

Minyak kelapa dan minyak kayu manis yang dicampur dengan perbandingan 2:1 dapat menjadi fungisida yang efektif. Cara menghilangkan panu dengan bahan alami ini mungkin sulit diperoleh di pasar. Untuk itu minyak kelapa dan kayu manis dapat dibuat sendiri di rumah. Meskipun itu berarti harus sedikit repot. Setelah dioleskan, bilas dengan air hangat untuk membersihkan kulit.

6. Campuran Lidah Buaya dan Minyak Lavender

Lidah buaya dapat digunakan menghilangkan jamur. Cara menghilangkan panu dengan bahan alami lidah buaya adalah dengan menggunakan gel yang terdapat dalam dagingnya. Kemudian gel tersebut dicampur dengan minyak lavender beberapa tetes saja. Setelah itu campuran dapat dioles atau tempel pada kulit berpanu. Setelah kering, dapat dibilas menggunakan sabun dan diulang selama beberapa minggu.

Cara Mencegah Panu Menjamur

Cara menghilangkan panu sampai ke akarnyai tersebut dapat bekerja efektif jika diikuti dengan cara pencegahan penularan. Untuk itu penderita panu harus memiliki perlengkapan mandi pribadi yang tidak boleh digunakan orang lain. Selain itu, pakaian yang terkena jamur panu harus dicuci sendiri agar hjamur tidak merebak ke pakaian lain yang juga sedang dicuci.

Demikianlah cara menghilangkan panu dengan bahan alami. Setiap orang mungkin dapat menggunakan salah satu cara di atas dan tidak cocok dengan cara lain. Maka perlu dipastikan bahwa salah satu cara yang dipilih dapat bekerja efektif.

Tinggalkan komentar