Simak, 5 Manfaat Stemcell untuk Kecantikan Wajah dan Rambut!

CantikSehat – Manfaat stemcell untuk kecantikan wajah dan kulit sudah menjadi rahasia umum. Anda bisa mendapatkan perawatan ini pada dokter berlisensi di rumah sakit. Terapi menggunakan sel punca atau stemcell memiliki banyak kebaikan untuk tubuh. Tak hanya bisa menyembuhkan penyakit berat, terapi satu ini juga banyak digunakan untuk meremajakan kulit wajah alias terapi anti-aging.

Terapi stemcell merupakan salah satu jenis perawatan kulit yang mengakomodir jaringan induk dari seluruh sel yang ada dalam tubuh manusia.  Sel-sel kulit mati yang sudah menyelesaikan tugasnya akan digantikan oleh stemcell. Jaringan stemcell akan membelah diri menghasilkan sel kulit baru yang meneruskan tugas sel yang telah selesai. Tentunya tentang stemcell ini sangat menarik, maka simak yuk manfaat stemcell di bawah ini!

manfaat stemcell

Inilah Manfaat Stemcell untuk Wajah dan Rambut

Terdapat banyak manfaat stemcell untuk kecantikan wajah dan rambut. Di antara manfaat yang bisa Anda rasakan adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Penuaan Dini

Seperti yang telah diketahui, stemcell merupakan pembelahan sel yang bertujuan untuk menggantikan tugas sel kulit yang telah mati. Oleh karenanya, kinerja stemcell akan langsung menuju pada lokasi-lokasi sel yang butuh tergantikan dan teregenerasi. Hal ini memungkinkan manfaat stemcell untuk mencegah penuaan dini, karena kelenturannya akan terjaga berkat stemcell.

2. Mengaktifkan Sel Kulit Baru

Selanjutnya, manfaat stemcell untuk kecantikan adalah mengaktifkan pembentukan sel kulit baru. Pekerjaan yang harus dilakukan sel lama yang telah mati akan langsung bisa diaktifkan oleh stemcell. Oleh karenanya, bila Anda menjadikan terapi ini sebagai salah satu rutinitas, maka kulit tubuh Anda juga akan lebih kencang.

3. Mengurangi Garis Halus pada Wajah

Kandungan zat dalam stemcell akan membuat kulit wajah lebih lentur, sehingga bisa meminimalisir garis halus pada wajah. Hal ini menjadi salah satu manfaat stemcell untuk kecantikan.  Pada umumnya, garis halus berada di bawah mata dan lengkungan bibir. Hal itu bisa diatasi bila Anda juga melakukan perawatan dari dalam tubuh seperti memperhatikan asupan makanan dan berolahraga secara teratur.

4. Membantu Memperbaiki Rambut

Stemcell juga akan memproduksi zat sitokin yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Protein satu ini akan membantu mengurangi rambut rontok, kemudian menjadi salah satu nutrisi baik yang bisa melebatkannya. Stemcell dipercaya bisa membuat rambut tampak lebih berkilau setelah digunakan secara rutin.

5. Merangsang Produksi Kolagen

Manfaat stemcell untuk kecantikan berikutnya adalah merangsang produksi kolagen. Kolagen dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk kulit dan wajah. Keberadaannya mampu menjadi salah satu penyumbang kesehatan kulit secara alami. Kebutuhan kolagen yang terpenuhi dengan baik akan mampu mengatasi kulit kering, dan terhidrasi. Stemcell juga memegang peran penting dalam merangsang produksi kolagen tersebut. Tak heran, efek baiknya akan menjalar ke segala jaringan yang memproduksi kolagen.

Variasi Stemcell

Setelah membahas tentang manfaat stemcell, selanjutnya kita bahas juga tentang variasi stemcell. Terdapat  3 jenis variasi stemcell untuk kecantikan yang banyak digunakan di dunia kedokteran. Stemcell menggunakan embrio, stemcell tali pusat, dan stemcell menggunakan embrio dewasa. Simak penjabaran lengkapnya di bawah ini.

1. Stemcell Embrio

Stemcell embrio merupakan salah satu jenis perawatan dari jaringan sel yang paling banyak diminati. Jika diamati lebih jauh, keberadaan stemcell embrio merupakan salah satu jenis sel yang pertama terbentuk setelah sperma membuahi telur. Stemcell embrio dapat dikatakan sebagai ‘blank slate’ yang membentuk sel yang berbeda pada tiap jaringan yang berbeda pula.

Dalam pembuahannya, stemcell berupa embrio ini dapat berkembang biak dan membagi dirinya tanpa batas. Hal ini menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri di dalam dunia kedokteran, karena embrio harus dihancurkan untuk mendapatkan zigot dari stemcell tersebut. Anda harus bertanya lebih dalam tentang ini, sehingga manfaat stemcell yang Anda dapatkan bisa maksimal.

2. Stem Cell Dewasa

Salah satu jenis stemcell yang kerap dipakai yakni diambil dari sel induk matang di dalam tubuh seseorang. Fungsinya yakni untuk mengisi jaringan dalam darah, kulit, usus, dan sel-sel lainnya dalam tubuh. Stemcell dewasa akan lebih baik dalam mengganti sel rusak akibat penyakit atau cedera. Tak seperti embrio cell, stemcell dewasa sangat terbatas untuk mengembangkan dirinya menjadi jenis sel lain.

3. Pluripotent Stem Cell

Pluripotent merupakan jenis sel induk baru yang diprogram ulang dari sel dewasa, tetapi bertindak dan terlihat seperti sel induk embrio. Stemcell ini kerap disebut juga stemcell tali pusat. Jika Anda menggunakannya dengan benar, niscaya Anda akan mendapatkan manfaat stemcell untu kesehatan dan kecantikan yang optimal. Terlebih bila Anda termasuk seseorang yang mengidap penyakit berat.

Pembentukannya juga berasal dari kulit, darah, dan sel dewasa lainnya. Keberadaannya merupakan jenis mutasi sel baru yang berfungsi tak jauh berbeda dengan dua jenis stemcell sebelumnya. Aplikasi pengambilan stemcell untuk kecantikan satu ini juga sudah banyak dilakukan dokter ahli.

Ketiga jenis stemcell (sel punca) di atas memiliki karakteristik yang berbeda. Meski demikian, ketiganya sudah diverifikasi mampu untuk mengatasi berbagai penyakit. Hingga kini, sudah banyak penelitian medis, klinik, dan rumah sakit yang memiliki laboratorium yang bisa menyimpan jaringan stemcell dengan baik.

Efek Samping Terapi Stemcell

Seperti sebagian besar jenis obat-obatan, terapi menggunakan stemcell juga memiliki efek samping. Meskipun demikian, efek samping yang ditimbulkan oleh jaringan punca bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan berlebihan.  Apa saja efek samping yang bisa ditimbulkannya?

  • Stemcell bersifat karsogenik. Dirinya bisa saja terkontaminasi dengan jaringan sel lain yang tidak terdifferensiasi dengan baik. Efek paling parah, bisa menimbulkan kanker kulit.
  • Selalu bersifat allogenik. Hal ini berarti bahwa sel induk harus diambil dari pendonor yang cocok. Pada umumnya, pendonor berasal dari keluarga agar terhindar dari rejeksi imunitas atau penolakan sistem imun dalam tubuh.
  • Sel punca dewasa atau stemcell untuk kecantikan kulit pada umumnya bisa ditemukan dalam jumlah kecil pada 12 tempat yang berbeda dalam tubuh seseorang.
  • Di antaranya pada bagian otak, darah, kornea, retina, jantung,  otot tengkorak, usus, lemak, kulit, gigi, dan sumsum tulang belakang. Hal ini dikarenakan sulitnya mendapat sel induk dalam jumlah banyak pada satu tempat saja.
  • Masa hidup stemcell tali pusat lebih tinggi dibandingkan stemcell (sel punca) dewasa.
  • Sifat lainnya dalam sel punca adalah dapat berkembang biak. Sel punca yang aktif akan langsung bergerak dalam tubuh untuk menjadi pengganti sel yang rusak.
  • Dapat terkena penyakit genetik bila pengambilan stemcell dilakukan pada sel embrio. Seperti diabetes atau jantung koroner.
  • Keterbatasan sel induk yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit menjadi hambatan tersendiri. Hal ini memungkinkan adanya ketidaksesuaian jumlah sel induk yang diperlukan untuk resipien dengan jumlah sel yang tersedia dari pendonor.
  • Sebenarnya, meski sudah dalam kategori aman digunakan, pengaplikasian stemcell masih dalam pengawasan. Hal tersebut dikarenakan, pengobatan dengan menggunakan jaringan sel yang hidup dalam tubuh manusia masih menjadi kontroversi. Proses kloning sel puna manusia dianggap bertentangan dengan norma agama.

Mengambil manfaat stemcell untuk kecantikan wajah bisa menjadi pilihan untuk dilakukan. Pastikan untuk memilih perawatan dengan teknik yang tepat setelah berkonsultasi dengan para dokter yang mumpuni di bidangnya. Perawatan stemcell tergolong aman dan tidak berbahaya. Bila perawatan ini dilakukan dengan rutin, bukan hal yang mustahil nantinya Anda akan mendapatkan kulit yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Tinggalkan komentar