3 Manfaat Sarang Walet untuk Kecantikan, Kesehatan dan Cara Mengolahnya

CantikSehat – Manfaat sarang walet untuk kecantikan mungkin telah menjadi rahasia umum. Terlebih lagi manfaat sarang walet untuk kesehatan memang sudah terkenal. Harganya yang mahal juga selain karena manfaatnya namun juga kelangkaannya. Untuk mendapatkan sarang burung walet berkualitas dan dapat dipergunakan dengan layak maka diperlukan waktu yang cukup lama.

Olahan termasyur sarang burung walet adalah sup sarang walet. Sejak lama memang telah dikenal. Namun sarang walet dapat diolah juga sebagai es. Orang mungkin akan mengingatnya sebagai santapan kalangan menengah ke atas karena harganya yang mahal. Rupanya memang karena adanya manfaat sarang burung walet untuk kecantikan. Selanjutnya akan dibahas serba-serbi tentang sarang walet.

Manfaat sarang walet untuk kecantikan

Kandungan

Harga yang mahal berbanding lurus dengan khasiat sarang burung untuk kecantikan juga manfaat lainnya seperti kesehatan tubuh. Namun apa saja sesungguhnya kandungan dalam sarang burung walet sehingga membuatnya menjadi olahan super. Berikut ini adalah kandungan dalam sarang walet:

1. Antioksidan Yang Tinggi

Kandungan antioksidan merupakan salah satu kandungan luar biasa yang sangat dicari para pemburu kesehatan. Pasalnya dengan adanya kandungan super ini, akan banyak sekali manfaat turunan yang mengikutinya. Kadar antioksidan dalam sarang walet dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya.

2. Asam Amino Yang Tinggi Dan Kolagen

Kedua senyawa ini mendatangkan manfaat sarang walet untuk kecantikan dengan cukup signifikan. Banyak penelitian yang menerangkan bahwa asam amino dan kolagen merupakan  senyawa yang dapat membuat kesehatan dan kecantikan wajah lebih terjaga. Kelembaban alami dan kekenyalan kulit wajah lebih terasa. 

Manfaat Sarang Walet untuk Kecantikan

Begitulah bila sudah menyangkut kecantikan, maka bukan hanya cara yang sulit, biaya yang mahal pun akan dikeluarkan. Setelah mengetahui kandungan sarang burung walet serta manfaatnya bagi kesehatan, selanjutnya akan dijabarkan manfaat sarang walet untuk kecantikan:

1. Anti Aging Alami

Kolagen dalam sarang burung walet memiliki peran penting dalam perawatan kulit wajah. Adanya kandungan EGF atau Epidermal Growth Factor dalam sarang burung walet inilah yang membantu memproduksi  kolagen. Kulit akan terlihat lebih kencang dan awet muda alami tentunya.

2. Membasmi Kulit Kusam

Kelembaban alami pada kulit merupakan modal awal kecantikan kulit. Apalagi kulit wajah yang cenderung lebih sensitif dibandingkan kulit bagian tubuh lainnya. Wajar bila kulit wajah lebih mendapat perlakukan khusus. Sarang burung walet berguna sekali menghidrasi kulit dan meregenerasi kulit sehingga kulit lebih cerah.

3. Melawan Flek Serta Kerut Di Wajah

Produksi melanin yang berlebih pada kulit menyebabkan kulit terlihat lebih keruh warnanya. Namun sarang burung walet membantu mengatasi hal ini sehingga flek hitam yang mengganggu lenyap lebih cepat. Kerutan halus dapat pudar sehingga wajah terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

Produk Kecantikan yang Dibuat dari Sarang Burung Walet

Tiga manfaat sarang walet untuk kecantikan wajah telah disebutkan di atas. Nah apakah ada produk perawatan kecantikan dari sarang burung walet mengingat manfaatnya yang cetar? Ternyata ada lho. Berikut ini 3 produk kecantikan yang bahan dasarnya adalah sarang burung walet:

1. Pelembab

Kandungan kolagen sesungguhnya yang cukup berperan dalam produk pelembab yang terbuat dari sarang walet. Tersedia dalam bentuk krim untuk pemakaian sehari-hari baik siang maupun malam. Jadi telah ada daycream dan nightcream sarang walet. Lebih mudah digunakan dan praktis sekali.

2. Sabun Wajah

Perawatan berikutnya adalah sabun cuci muka. Fungsinya merawat kecantikan wajah sekaligus merawatnya agar awet cantik. Manfaatnya mengatasi kulit berminyak, membuat wajah lebih cerah, lebih kencang, sekaligus sebagai detoks racun-racun yang membuat wajah menjadi terlihat lebih tua.

3. Masker

Manfaat sarang walet untuk kecantikan pada daerah wajah adalah sebagai berikut, membantu mengatasi kulit yang berminyak. Sebaliknya dapat juga melembabkan kulit yang kering. Bekas jerawat pun bisa diatasi dengan rutin menggunakan masker wajah dari sarang burung walet.

Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan

Setelah membahas manfaat sarang walet untuk kecantikan, selanjutnya kita bahas manfaatnya untuk kesehatan, diantaranya:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu manfaat lain kandungan antioksidan selanjutnya adalah memperlancar aliran darah. Memberantas sumbatan-sumbatan dalam darah sehinga dapat menghindari penyakit jantung. Untuk mereka yang sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, khasiat sarang walet ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

2. Daya Tahan Tubuh Meningkat Pesat

Salah satu kunci sehat adalah daya tahan tubuh yang tinggi. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, maka serangan penyakit yang masuk akan dapat dihalau. Bila kuman penyakit dapat dilawan maka penyakit-penyakit yang terlanjur masuk tidak akan semakin parah apalagi sampai berkembang. Mereka akan mati.

Cara Mengolah Sarang Walet

Mengkonsumsi sarang burung walet pastinya ingin mendapatkan manfaat sarang walet untuk kecantikan dan juga untuk kesehatan. Jangan sembarang mengkonsumsi bila tidak ingin sia-sia karena kandungan dalam sarang walet telah hilang akibat pengolahan yang tidak tepat. Pertama yang harus dilakukan tentu saja membersihkan sarang burung walet sehingga aman untuk dikonsumsi.

Teknik pembersihan yang aman agar sarang tidak rusak yaitu dengan menggunakan gunting atau pinset. Lakukan dengan lembut dan ekstra hati-hati agar sarang tidak rusak. Perhatikan bahwa manfaat sarang walet untuk kecantikan serta kesehatan akan didapatkan bila suhu saat proses pemasakan tidak sampai 100 derajat celcius. Dianjurkan suhu maksimal adalah 80 derajat celcius.

Untuk pemasakan memang tidak diperkenankan dengan perebusan langsung. Pemasakan sarang burung walet sangat disarankan menggunakan metode double boiling. Teknik ini merupakan perebusan tidak langsung. Artinya sarang walet dimasukan dalam mangkuk berisi air terlebih dahulu dan kemudian mangkuk tersebut diletakan pada air mendidih.

Teknik lainnya agar khasiat sarang burung untuk kecantikan didapatkan adalah dengan pengukusan sehingga air mendidih tidak langsung mengenai sarang walet. Setelah itu diamkan setidaknya selama 8 jam agar sarang burung mekar, menjadi lebih lembut, dan mendapatkan bentuk terbaiknya.

Cara Konsumsi Sarang Walet

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika mengkonsumsi sarang burung walet, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya ketika perut kosong. Sarang walet merupakan senyawa tonik sehingga saat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, maka sangat mudah meresap dan akan mendapatkan manfaat terbaiknya.

Manfaat sarang walet untuk kecantikan memang tidak perlu diragukan lagi. Sekarang bahkan telah ada ekstrak sarang burung walet dan dikemas dengan praktis. Contohnya adalah Realfood Bird’s Nest Daily Drink ideal yang merupakan pilihan alternatif yang praktis untuk konsumsi sehari-hari.

Wah ternyata manfaat sarang burung walet untuk kecantikan memang sangat bagus ya. Tak heran harga sarang burung walet tergolong mahal untuk produk kecantikan. Namun harga sesungguhnya bukan masalah bagi mereka yang memang membutuhkannya.

Harga

Manfaat sarang walet untuk kecantikan yang sangat baik, kesulitan dalam membudidayakannya, dan mendapatkan sarang yang berkualitas, 20 juta rupiah per kilogram. Cukup mahal kan. Meski demikian tetap saja banyak sekali peminatnya. Bukan sekadar mencari manfaat namun tentu saja ada sedikit gengsi yang tersemat bila sanggup mengkonsumsinya.

Apalah arti harga yang mahal apabila benar mendapatkan manfaatnya. Apalagi bila  terdapat manfaat sarang walet untuk kecantikan. Siapa sih yang tidak mau wajahnya terlihat lebih awet muda, kencang, dan glowing? Dambaan setiap kaum Hawa. Kaum Adam pun pastinya sangat senang bila pasangannya memiliki kecantikan yang natural meski tanpa make up berlebih. 

Tinggalkan komentar