13 Manfaat Rosella Untuk Kecantikan dan Kesehatan, Mau Tahu?

CantikSehat – Bunga rosella (Hibiscus Sabdariffa) merupakan tanaman bunga yang berasal dari benua Afrika. Di Indonesia sendiri bunga rosella biasanya disebutjuga dengan nama asam paya. Bunga ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Di samping itu ada juga manfaat rosella untuk kecantikan. Tanaman yang mudah ditemui di daerah beriklim sejuk atau basah ini memiliki kandungan Flofonoid, antioksidan, dan tertentu.

Nah, antioksidan dalam rosella inilah yang banyak dimanfaatkan sebagai zat aktif dalam produk kecantikan. Biasanya rosella juga dinikmati sebagai minuman teh. Dengan segudang manfaat bunga  rosella untuk kecantikan dan kesehatan, tak heran kini banyak orang yang mencarinya. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

manfaat rosella untuk kecantikan

Wajib Tahu! Ini Manfaat Rosella Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Agar Anda dapat memperoleh manfaat rosella untuk kecantikan dan kesehatan, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh atau salad. Selain itu, Anda juga dapat menjadikannya sebagai masker. Berikut ini akan dibahas manfaat rosella untuk kecantikan dan kesehatan tubuh Anda. Simak ulasan lengkapnya.

1. Manfaat Rosella Untuk Meremajakan Kulit

Jika Anda menginginkan wajah yang sehat dan cerah Anda harus menjaganya dari paparan radikal bebas juga sinar UV yang berbahaya. Selain itu Anda juga dapat memperoleh manfaat rosella merah untuk wajah yang satu ini dengan mengkonsumsi teh rosella secara rutin. Teh rosella ini mengandung protein esensial, asam amino, juga vitamin C yang dapat melindungi kecantikan kulit wajah Anda.

2. Manfaat Rosella Untuk Mendukung Program Diet Sehat

Jika Anda sedang menjalani program diet sehat, sebaiknya Anda meminum secangkir teh rosella di pagi dan malam hari. Tingginya kandungan vitamin C dalam teh rosella akan membantu tubuh untuk meluruhkan dan melepaskan lemak-lemak jahat. Selain itu, mengkonsumsi teh rosella juga akan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik.

Sehingga makanan yang masuk akan segera diolah menjadi energi. Bukan lemak. Teh rosella juga dapat menghambat kinerja enzim amylase. Jenis enzim yang satu ini dapat menyerap banyak karbohidrat dan menambah berat badan Anda. Inilah yang menjadi alasan mengapa salah satu manfaat rosella untuk kecantikan dan kesehatan yaitu membantu mensukseskan program diet sehat Anda.

3. Manfaat Rosella Untuk Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat Dalam Tubuh

Manfaat rosella untuk kecantikan dan kesehatan berikutnya yaitu dapat melancarkan kembali pembuluh darah yang mebuat arteri menyempit akibat kolestrol jahat (LDL). Kolestrol jahat sendiri dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti stroke hingga jantung coroner.

4. Manfaat Rosella Untuk Mencegah Tumor Dan Kanker

Manfaat teh rosella untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yaitu dapat mencegah timbulnya penyakit tumor dan kanker. Seperti yang diketahui bersama tumor dan kanker merupakan salah satu penyakit serius yang bahkan dapat menyebabkan kematian. Tahukah Anda? Bunga rosella sendiri mengandung anti oksidan 4x lebih efektif dibandingkan kumis kucing. 

5. Manfaat Rosella Sebagai Anti Bakteri

Salah satu manfaat rosella untuk kecantikan dan kesehatan yaitu dapat melawan dan mengusir bakteri jahat yang ada dalam tubuh. Anda cukup meminum secangkir teh rosella di pagi hari sebelum beraktivitas untuk perlindungan dari bakteri dan kuman yang menyerang. Anda pun dapat menjalani rutinitas keseharian Anda dengan lebih semangat.

6. Manfaat Rosella Untuk Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

Manfaat bunga rosella merah untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yaitu  menjaga kesehatan mulut dan gigi. Anda dapat menjadikan rosella sebagai obat kumur alami. Jika Anda melakukan hal ini maka dapat dipastikan akan mampu menghindarkan bau mulut serta serta mengatasi peradangan gusi. Ini karena rosella memiliki khasiat ampuh yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri.

7. Manfaat Rosella Untuk Mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup ditakuti masyarakat. Hal ini karena diabetes bisa memicu timbulnya berbagai penyakit serius lainnya. Anda  dapat menghindari resiko terkena penyakit diabetes dengan menjaga pola makan harian, seperti membatasi konsumsi gula.

Selain itu, Anda  juga dapat memperoleh manfaat rosella untuk kecantikan dan kesehatan yang dapat mencegah penyakit diabetes. Dengan rajin mengkonsumsi  teh rosella yang mengandung senyawa fenolik. Senyawa inilah yang bekerja sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari resiko diabetes.

8. Manfaat Rosella Untuk Menurunkan Demam

Selanjutnya manfaat rosella untuk kecantikan dan kesehatan yaitu sebagai penurun demam. Sejak dahulu, rosella telah dimanfaatkan sebagai obat herbal traadisional untuk menurunkan demam. Selain itu bunga rosella juga dapat membantu mengatasi gejala flu seperti pusing, batuk, dan pilek.

Apalagi, mengkonsumsi secangkir teh rosella juga akan langsung memberikan sensasi nyaman dalam tubuh Anda. Sehingga akan mempercepat proses penyembuhan Anda. Untuk memaksimalkan proses penyembuhan, tentunya Anda juga membutuhkan istirahat yang cukup. Namun jika flu terus berlanjut, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter ya.

9. Manfaat Rosella Untuk Menjaga Organ Ginjal

Manfaat rosella untuk kecantikan dan kesehatan berikutnya yaitu guna menjaga organ ginjal. Ginjal memiliki peranan yang sangat penting untuk menampung berbagai zat dan unsur berlebih dalam tubuh. Seperti kadar asam urat, kalsium, dan natrium dalam darah yang kemudian dibuang melalui ginjal. Anda dapat meringankan kerja ginjal dengan meminmum teh rosella secara teratur.

10. Manfaat Rosella Sebagai Antiinflamasi

Manfaat rosella untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yaitu sebagai antiinflamasi, Kandungan senyawa dalam rosella akan bermanfaat untuk mengatasi peradangan atau inflamasi pada tubuh. Mengkonsumsi teh rosella secara rutin dapat menjadi salah satu langkah preventif untuk mencegah terjadinya peradangan. Terutama pada saluran urin dan ginjal.

11. Manfaat Rosella Untuk Mencegah Pengeroposan Tulang

Selain menurunkan tekanan darah, rosella juga bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang dan membuat tulang menjadi lebih kuat. Hal ini karena rosella mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tulang, seperti kalsium, kalium, zat besi, dan vitamin D. Dengan mengonsumsi rosella setiap harinya, tentunya akan menghindarkan Anda dari resiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

12. Manfaat Rosella Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mungkin Anda pernah merasakan jika akhir-akhir ini banyak sekali penyakit yang muncul dan juga mengancam kesehatan. Terlebih sekarang ini tengah musim pancaroba yang membuat penyakit lebih mudah hinggap di tubuh dan mengancam kesehatan. Agar lebih terlindung dari segala penyakit, tubuh tentunya memerlukan kekebalan yang cukup. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi teh rosella.

13. Manfaat Rosella Untuk Mengatasi Stress Dan Mengurangi Rasa Cemas

Anda juga dapat menggunakan tanaman rosella untuk mengurangi kecemasan berlebihan juga depresi. Flavonoid yang terkandung dalam bunga rosella ini memiliki sifat antidepresan. Inilah yang dapat membuat Anda menjadi lebih tenang dan rileks. Seperti yang diketahui bersama, secara umum stress berlebih dapat mengganggu kondisi kesehatan Anda.

Nah demikian tadi ulasan lengkap mengenai manfaat rosella untuk kecantikan dan kesehatan yang harus Anda ketahui. Bagaimana? apakah Anda tertarik untuk mengonsumsi teh rosella? jika iya pastikan Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan ya. Karena sesuatu yang berlebihan tidak akan memberikan efek yang baik. Selain itu tentunya Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang sehat.

Tinggalkan komentar