14 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kecantikan dan Kesehatan, Simak!

CantikSehat – Ada banyak sekali manfaat minum air putih untuk kecantikan. Sayangnya, ini jarang disadari karena kebanyakan orang menganggap minum air putih tidak banyak berdampak terhadap tubuh. Padahal pada dasarnya tubuh manusi sendiri lebih banyak mengandung cairan. Inilah alasannya mengapa akan muncul masalah yang akan mengganggu kesehatan jika cairan dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik.

Bagaimana dengan anda sendiri? Apakah anda sudah meminum air dalam jumlkah yang cukup setiap harinya? Idealnya manusia membutuhkan asupan cairan sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. Jika anda rutin mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, maka anda akan memperoleh manfaat minum air putih untuk kesehatan dan kecantikan sekaligus. Berikut ini ulasan lengkapnya!

manfaat minum air putih untuk kecantikan

Inilah Manfaat Minum Air Putih Untuk Kecantikan

Agar tubuh dapat terus ternutrisi anda harus meminum air putih dalam jumlah yang cukup. Apalagi ternyata selain untuk kesehatan dan kebugaran, ada berbagai manfaat minum air putih untuk kecantikan. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini agar anda pun menjadi lebih bersemangat dan rajin meminum air putih.

1. Manfaat Minum Air Putih Untuk Menghidrasi Kulit

Apakah kulit anda tetap kering meskipun telah menggunakan berbagai produk pelembab wajah? Mungkin saja hal ini dikarenakan anda kurang mengkonsumsi air putih. Karenanya guna mendapatkan manfaat minum air putih untuk kecantikan wajah, anda harus meminum lebih banyak air. Rahasia kulit nampak lembab dan kenyal adalah tercukupinya kebutuhan air putih dalam tubuh.

2. Manfaat Air Putih Untuik Anti Aging

Manfaat minum air putih untuk kecantikan selanjutnya adalah mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan di kulit wajah. Dengan rajin meminum air putih, maka anda pun dapat mengatasi berbagai masalah gejala penuaan dini. Air putih dapat bekerja untuk mencegah timbulnya bintik hitam, kerutan juga kulit yang mengendur. Sehingga anda pun nampak awet muda.

3. Manfaat Minum Air Putih Untuk Mencerahkan Kulit

Manfaat minum air putih untuk kecantikan kulit berikutnya yaitu dapat membantu mencerahkan kulit. Kulit yang lembab akan membuat kulit nampak lebih cerah dan bersinar. Oleh karena itu, agar anda memiliki kulit yang cerah dan fresh, sebaiknya perbanyak lah mengkonsumsi air putih sebagai langkah perawatan kulitĀ  dari dalam.

4. Manfaat Minum Air Putih Untuk Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat minum air putih untuk kecantikan adalah untuk mengatasi jerawat. Umumnya jerawat timbul akibat penumpukan kotoran dan racun pada kulit. Selain itu kulit yang kurang lembab juga dapat menyebabkan jerawat. Oleh karenanya asupan air putih dapat mendetoksifikasi racun pada kulit dan memberikan kelembaban alami yang tentunya dapat mencegah timbulnya jerawat.

5. Manfaat Minum Air Putih Untuk Menyembuhkan Bekas Luka

Apakah Anda tahu? Salah satu manfaat minum air putih untuk kecantikan adalah  menyembuhkan bekas luka, bekas jerawat hingga peradangan pada kulit. Hal ini karena air putih dapat meningkatkan elastisitas kulit juga membantu proses regenerasi kulit berjalan lebih optimal.

6. Manfaat Minum Air Putih Untuk Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat minum air putih untuk kecantikan lainnya yaitu dapat membantu mengatasi penyakit kulit seperti psoriasis juga eczema. Namun anda tetap harus pergi memeriksalkan diri ke dokter ya. Minum air putih akan membantu mempercepat pemulihan.

Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan

Setelah membahas manfaat minum air putih untuk kecantikan sekarang akan dibahas manfaat minum air putih untuk kesehatan. secara umum konsumsi air putih berperan penting untuk menghidrasi tubuh sehingga semua organ dapat berfungsi normal. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Menjaga Fungsi Ginjal

Salah satu manfaat minum air putih sebelum tidur untuk kecantikan dan kesehatan adalah menjaga fungsi ginjal. Air putih yang anda minum dapat melarutkan kalsium dalam urin sehingga akan mencegah akan timbulnya batu ginjal. Setiap harinya ginjal akan memproses 200 liter darah. Jika anda sering mengkonsumsi minuman yang memiliki rasa dan pewarna, tentunya ini akan membebani kerja ginjal.

Karenanya perbanyak lah konsumsi air putih untuk membersihkan racun yang ada pada tubuh dan memudahkan kerja ginjal. Minumlah air putih sesuai dengan jumlah yang disarankan. Anda dapat menghitung kebutuhan air putih harian sendiri dengan menggunakan rumus besaran berat badan dikalikan 30 ml air putih. Jadi jika berat badan anda 50 kg maka setelah dikalikan 30 ml, akan didapatkan hasil 1500 ml.

2. Untuk Menjaga Konsentrasi

Apakah anda sering mengalami sulit konsentrasi dan kurang fokus? Bisa jadi anda kurang mengkonsumsi air putih. Faktanya kurangnya asupan air putih dapat mengganggu fungsi otak sehingga akan membuat anda sulit fokus ndan berkonsentrasi.

3. Untuk Melancarkan Pencernaan Dan Sistem Metabolisme Tubuh

Tahukah anda? Mengkonsumsi air putih saat perut kosong akan dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh juga melancarkan pencernaan. Sehingga nutrisi makanan yang anda konsumsi pun dapat terserap dengan baik. Jika sistem pencernaan anda lancar, ini juga akan mebuat anda terhindar dari berbagai massalah pencernaan seperti sembelit.

4. Untuk Mencegah Bau Mulut

Selain manfaat minum air putih untuk kecantikan, anda juga dapat mengurangi bau mulut yang tidak sedap dengan banyak minum air putih. Minum air putih dapat membersih kan mulut dari bakteri sekaligus mengatur kelembaban rongga mulut.  Oleh karena itu jika anda ingin mengatasi bau mulut, perbanyaklah untuk mengkonsumsi air putih setiap harinya.

5. Untuk Menambah Darah

Agar dapat memproduksi darah dengan maksimal, tubuh memerlukan cairan yang cukup. Karenanya jika anda mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, maka  itu artinya anda telah membantu tubuh untuk memproduksi darah. Jangan sampai anda menjadi kekurangan sel darah yang akan mengakibatkan tubuh yang menjadi lebih cepat lemas, pusing, dan bahkan anemia.

6. Untuk Meningkatkan Sistem Pertahanan Tubuh

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur yaitu meningkatnya sistem imunitas  tubuh. Minum air putih, terutama saat perut kosong akan membantu menyeimbangkan sistem limfakit yang menyebabkan meningkatnya imunitas atau daya tahan yang tubuh yang anda miliki. Dengan demikian, tubuh pun akan menjadi lebih kebal terhadap berbagai penyakit.

7. Sebagai Penghilang Rasa Sakit

Jika Anda sering merasakan sakit akibat kram menstruasi, maka meminum air hangat akan membantu Anda untuk meringankan rasa sakitnya. Minum air putih bertemperatur hangat akan membantu melemaskan otot-otot perut dan juga efektif meningkatkan sirkulasi kapiler yang berujung pada berkurangnya rasa nyeri saat haid.

8. Memperbaiki Suasana Hati

Menurut penelitian kekurangan cairan dapat mempengaruhi suasana hati seseorang secara negatif. Orang yang memiliki kebiasaan meminum air putih dalam jumlah yang cukup pada umumnya lebih tenang dan merasakan banyak emosi positif. Demikian pula sebaliknya.

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang manfaat minum air putih untuk kecantikan dan kesehatan tubuh yang harus anda ketahui. Sekarang anda telah memahami betapa pentingnya memenuhi kebutuhan asupan air putih harian bukan? Dengan segudang manfaat tersebut, sayang sekali jika Anda masih malas minum air putih. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar