8 Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan yang Harus Diketahui

CantikSehat – Banyaknya manfaat kulit manggis untuk kecantikan membuat sebagian orang mulai melakukan perawatan menggunakan kulit manggis. Setiap perempuan pasti selalu ingin tampil cantik dengan kulit sehat dan terawat. Ada berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit, salah satunya kulit manggis. 

Kulit manggis dikenal memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan, mulai dari mencegah kanker hingga menjaga daya tahan tubuh. Selain bermanfaat dalam kesehatan, kulit manggis juga bermanfaat untuk memberi nutrisi pada kulit wajah. Hal ini karena kulit manggis mengandung vitamin C, antioksidan, dan anti-inflamasi. Kandungan tersebut tentu sangat baik dan diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. 

manfaat kulit manggis untuk kecantikan

Inilah Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan

Selain bermanfaat dalam bidang kesehatan, kulit manggis juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit wajah. Adanya nutrisi penting dalam kulit manggis memberikan banyak manfaat dalam merawat kesehatan dan kelembapan kulit wajah. Berikut 8 manfaat penggunaan kulit manggis untuk kecantikan. 

1. Bisa Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kulit manggis untuk kecantikan yang pertama yaitu bisa mencegah penuaan dini. Wajah mulus tanpa garis halus pasti menjadi impian setiap perempuan. Maka dari itu, untuk mewujudkannya, Anda bisa menggunakan kulit manggis sebagai masker. Adanya vitamin C dan antioksidan dalam kulit manggis bisa mencegah proses penuaan dini. 

Agar mendapatkan manfaat dari kulit manggis, Anda bisa mengaplikasikan masker kulit manggis pada wajah. Cara membuatnya yaitu dengan menghaluskan kulit manggis menggunakan blender hingga halus. Setelah itu aplikasikan masker kulit manggis ke wajah secara merata dan diamkan selama 10-15 menit. Selanjutnya cuci wajah hingga bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut. 

Agar mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan masker kulit manggis 2 kali dalam seminggu.  Selain sebagai masker, Anda juga bisa mendapatkan khasiat kulit manggis dengan cara dikonsumsi. Anda bisa membuat air rebusan kulit manggis maupun suplemen ekstrak kulit manggis untuk dikonsumsi secara rutin. 

2. Bisa Mencerahkan Kulit

Selanjutnya, manfaat kulit manggis untuk kecantikan yaitu bisa mencerahkan kulit. Setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit wajah cerah, bersih, dan berseri. Anda bisa mendapatkan kulit cantik dan bersih dengan rutin menggunakan kulit manggis. Adanya kandungan vitamin C yang tinggi di dalam kulit manggis bisa mencerahkan kulit kusam. 

Selain mencerahkan kulit, kulit manggis juga bermanfaat mengontrol minyak di wajah. Sehingga wajah menjadi bersih, sehat, dan bebas kilap. Cara menggunakan kulit manggis untuk kecantikan yaitu dengan membuat masker dari kulit manggis. Cara membuatnya yaitu dengan menghaluskan kulit manggis menggunakan blender. 

Setelah halus, aplikasikan blenderan kulit manggis ke permukaan wajah secara merata dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut. Selain diaplikasikan sebagai masker, Anda bisa membuat jus kulit manggis untuk dikonsumsi. Pastikan untuk mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan manfaat kulit manggis untuk kecantikan. 

3. Bisa Menghilangkan Flek Hitam

Manfaat kulit manggis untuk kecantikan selanjutnya yaitu bisa menghilangkan flek hitam pada wajah. Adanya flek hitam pada wajah tentu sangat mengganggu dan membuat Anda merasa tidak percaya diri. Meski flek hitam bisa dihilangkan dengan make up, namun lebih baik jika Anda bisa memudarkannya secara alami. Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah yaitu menggunakan kulit manggis. Anda bisa mengaplikasikan kulit manggis sebagai masker wajah. Cara membuatnya yaitu dengan menghaluskan kulit manggis menggunakan blender. 

Setelah itu langsung aplikasikan blenderan kulit manggis ke wajah secara rata dan diamkan antara 10-15 menit. Lalu bilas wajah menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut. Selain sebagai masker, Anda juga bisa langsung mengonsumsi kulit manggis dalam bentuk suplemen. Bila dikonsumsi secara rutin, maka flek hitam akan memudar secara perlahan. 

4. Bisa Menghaluskan Kulit Wajah

Selain bisa memudarkan flek hitam, kulit manggis juga berkhasiat menghaluskan kulit. Adanya kandungan antosianin dan vitamin di dalam kulit manggis bisa membantu menghaluskan kulit. Cara mendapatkan manfaat kulit manggis untuk kecantikan cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan kulit manggis dan menggunakannya seperti masker. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan lembut. 

5. Bisa Mengatasi Jerawat

Manfaat kulit manggis untuk kecantikan selanjutnya yaitu bisa mengatasi jerawat. Adanya jerawat di wajah tentu bisa mengganggu penampilan dan bisa mengurangi rasa percaya diri. Salah satu solusi tepat untuk menghilangkan jerawat secara alami yaitu menggunakan kulit manggis. Selain buahnya yang lezat untuk dikonsumsi, kulit manggis juga bermanfaat untuk merawat kecantikan wajah. Kulit manggis mengandung anti-inflamasi yang berfungsi meredakan peradangan pada jerawat.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengaplikasikan kulit manggis sebagai masker wajah. Langkahnya dengan menghaluskan kulit manggis menggunakan blender. Setelah halus, oleskan kulit manggis menggunakan kuas masker dan tunggu hingga 15 menit. Setelah itu lanjutkan dengan mencuci wajah hingga bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut. Pastikan Anda mengaplikasikannya secara rutin agar jerawat di wajah bisa sembuh dan tidak meninggalkan bekas. 

6. Bisa Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Lembap

Manfaat kulit buah manggis untuk kecantikan selanjutnya yaitu bisa menjaga kulit tetap sehat dan lembap. Kulit sehat dan lembap tentu menjadi impian setiap perempuan, karena menandakan bahwa kulit ternutrisi dengan baik. Anda bisa menjaga kesehatan dan kelembapan kulit dengan rutin mengonsumsi suplemen ekstrak manggis. Dengan begitu, maka kulit akan ternutrisi dari dalam sehingga membuat kulit lebih sehat. 

Kulit yang mendapatkan nutrisi cukup tentu akan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti penuaan dini maupun flek hitam. Pastikan untuk mengonsumsi suplemen ekstrak kulit manggis secara rutin agar kulit menjadi lebih sehat, lembap, dan terawat. 

7. Bisa Menyembuhkan Luka

Berikutnya, Manfaat kulit manggis untuk kecantikan yaitu bisa menyembuhkan luka. Adanya luka pada kulit tentu bisa menimbulkan masalah, salah satunya mengurangi rasa percaya diri. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan luka yaitu menggunakan kulit manggis. Kulit manggis mengandung anti-inflamasi yang dapat membantu proses regenerasi kulit. Sehingga kulit yang rusak bisa digantikan dengan sel baru lebih cepat. 

8. Kaya Antioksidan

Terakhir, manfaat kulit manggis untuk kecantikan adalah sebagai asupan antioksidan kulit. Kandungan senyawa xanthone nya memiliki sifat antioksidan. Antioksidan merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Dalam kesehatan, antioksidan bisa menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan memori. 

Sedangkan dalam kecantikan, antioksidan berperan penting untuk mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit. Maka dari itu agar tubuh dan kulit senantiasa sehat, Anda bisa mengonsumsi kulit manggis secara rutin. Anda bisa menggunakan kulit manggis sebagai masker maupun mengonsumsinya secara langsung untuk mendapatkan manfaatnya. 

Terdapat berbagai manfaat kulit manggis untuk kecantikan, mulai dari mencegah penuaan dini hingga mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam merawat kulit. Kulit manggis dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain menjaga kesehatan, ternyata kulit buah manggis juga berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. 

Tinggalkan komentar