10 Manfaat Kopi untuk Kecantikan, Cobain Yuk!

CantikSehat – Membicarakan kopi pasti akan langsung terbayang kelezatannya saat diseduh baik dengan es maupun hangat. Bagi sebagian orang yang gemar mengonsumsi kopi, keberadaannya cukup penting untuk keseimbangan tubuh. Terasa kurang bila tak meminumnya sehari saja. Beruntungnya, tak hanya untuk badan saja, ada banyak manfaat kopi untuk kecantikan.

Kopi yang biasa identik dengan para lelaki, bila berada di tangan perempuan bisa menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk perawatan tubuh terutama wajah dan rambut. Terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bahan minuman satu ini. Simak penjabarannya di bawah ini!

manfaat kopi untuk kecantikan

Inilah Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat kopi yang bahkan jarang diketahui sebagai menunjang kecantikan:

Mengurangi Selulit

Mengatasi selulit merupakan salah satu manfaat kopi untuk kecantikan. Masalah ini dapat memicu tersumbatnya beberapa sel jaringan di bawah kulit. Kopi mampu menjadi salah satu pemecah masalah ini. Memanfaatkannya sebagai scrub mingguan, Anda dapat mengurai jaringan pembuluh darah agar melebar dan mengurangi sumbatan. Dengan demikian, aliran darah akan lebih lancar mengalir ke seluruh tubuh dengan lebih baik.

Menyajikan Efek yang Menenangkan

Kafein yang terkandung dalam kopi menyumbangkan sebuah efek tenang bagi siapapun yang menciumnya. Para pakar kesehatan bersepakat bahwa Anda perlu meluangkan waktu untuk kopi dalam sehari. Tak harus diminum jika memang tak menyukainya, Anda hanya perlu menghirup aromanya untuk mendapatkan efek menenangkan dari sana. Antioksidan yang terkandung di dalamnya akan memberikan rasa rileks pada tubuh dan pikiran Anda.

Mencegah Risiko Kanker Kulit

Manfaat kopi untuk kecantikan lainnya yakni bisa mengurangi risiko kanker kulit, terutama pada wajah. Kopi mengandung senyawa vitamin B yang menjadi pecahan senyawa kunci trigonelin. Zat ini akan terurai menjadi niasin saat biji kopi dipanggang. Niasin inilah yang bisa mencegah kanker kulit non melanoma pada tubuh. Dalam jumlah yang besar, senyawa niacin juga bisa meredam penyebaran sel kanker pada kulit. Dahsyat bukan?

Baik untuk Wajah

Kandungan dalam biji kopi juga mengandung efek anti-inflamasi. Kaitannya dengan peradangan sistem jaringan kulit pada wajah. Biji kopi yang baik akan meneruskan senyawa asam klorogenat dan melanoidin. Jika dikonsumsi berkesinambungan, kandungan zat ini bisa menghambat laju pertumbuhan hiperpigmentasi yang memicu radang.

Mengurangi Risiko Jerawat

Beberapa jenis kasus yang berkaitan dengan luka atau infeksi kulit bisa diredam melalui kopi. Manfaat kopi untuk kecantikan wajah juga bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan benar. Kandungan CGA pada kopi akan bekerja sama untuk melawan sumber akar jerawat. Memakai kopi sebagai masker bisa menjadi salah satu langkah untuk mengatasinya.

Jerawat hormonal bisa langsung kempes saat Anda menggunakan masker kopi di malam hari ditambah dengan sedikit madu. Gunakan 10 menit menjelang tidur, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan rutin dalam 2-3 hari sekali hingga hasil yang diinginkan tercapai.

Menghilangkan Lingkar Hitam

Selanjutnya, manfaat kopi untuk kecantikan adalah mengatasi mata panda. Kandungan kafein dalam kopi juga mampu menyamarkan lingkar hitam di bawah mata. Kondisi mata panda akibat hormonal bisa diminimalisir dengan memanfaatkan kopi dengan campuran minyak zaitun. Kopi dipercaya akan membantu memperlebar pembuluh darah yang menyebabkan lingkar pekat di area mata.

Dengan memberikan tambahan air pada campuran kopi dan minyak zaitun, Anda bisa menciptakan pasta kecil di tangan. Setelahnya, usap lembut pada bagian mata panda tanpa menggosoknya berlebihan. Diamkan hingga 10 menit, kemudian usap menggunakan kain kering yang lembut. Anda bisa mengulanginya sesuai kebutuhan.

Mengurangi Kerutan

Dapat menyelamatkan kerutan ringan di wajah Anda juga menjadi salah satu manfaat kopi untuk kecantikan yang lainnya. Selain rutin menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit, pilihan masker kopi sangat baik dijadikan sebagai alat bantu. Bagi Anda yang berusia di bawah 30 tahun bisa terus melakukan treatment ini secara rutin agar kerutan tidak terlalu menonjol pada usia ini.

Perawatan Anti Aging

Tak hanya mencegah kerutan saja, manfaat kopi untuk kecantikan juga mengurangi bintik hitam akibat radiasi sinar matahari. Lakukan scrub wajah menggunakan kopi dan campuran garam dan gula untuk mendapatkan manfaat satu ini. Anda bisa mencobanya sekali, kemudian cek kondisi kulit Anda. Jika merasa perih atau memerah, Anda bisa mencobanya lagi pada kesempatan lain. Kemungkinan kulit wajah Anda bertipe sensitif. Dengan demikian, tidak perlu dipaksakan untuk melakukan hal yang tidak menguntungkan kulit Anda.

Mengencangkan Kulit

Kandungan kafein dalam kopi, selain sebagai anti aging juga berperan untuk mengencangkan kulit. Jika peredaran darah pada kulit berjalan baik, maka regenerasi kulit akan semakin cepat. Hal ini memungkinkan kulit juga jaringan dalam kulit semakin cepat menyesuaikan diri pada kondisi hormon Anda, kemudian tidak berkesempatan untuk ‘beristirahat’. Terlalu lama ‘beristirahat’ akan membuat kulit melemas, mudah kendur dan tidak kencang.

Membersihkan Sel Kulit Mati di Kaki

Bila Anda ingin mendapatkan kaki mulus tanpa pecah-pecah, perawatan dengan kopi patut dicoba di rumah. Manfaat kopi untuk kecantikan kulit kaki akan memberi efek melembabkan dan menghidrasi. Bagaimana cara melakukan treatment satu ini?

  • Seduh kopi dalam gelas berisi air panas
  • Pindahkan kopi dalam gelas ke dalam ember atau bak kecil, tambahkan sedikit air hingga kondisi kopi agak hangat
  • Rendam kaki dalam campuran kopi tersebut
  • Ada baiknya menggunakan alas kaki saat melakukan perawatan ini
  • Diamkan hingga 30 menit
  • Bilas dengan air dingin
  • Keringkan kaki dengan handuk yang lembut.

Kulit kaki pecah yang bersinggungan dengan larutan kopi akan menyerap manfaatnya selama perawatan berlangsung. Oleh karenanya, langkah ini akan memberikan dampak maksimal bila Anda bisa rutin melakukannya.

Manfaat Kopi untuk Kecantikan Rambut

Pada umumnya, seseorang yang ingin mewarnai rambut menambahkan pewarna atau bleaching. Kini, Anda juga bisa mewarnai rambut menggunakan kopi! Bagaimana caranya? Siapkan beberapa bahan di bawah ini:

  • Bubuk kopi 250 gram
  • Gelas belimbing
  • Air panas dan air dingin
  • Es batu secukupnya
  • Baskom besar
  • Pewarna rambut

Memaksimalkan manfaat kopi untuk kecantikan kulit rambut Anda dengan mengikuti langkah-langkah pewarnaan rambut sebagai berikut:

  • Pertama, seduh bubuk kopi dalam gelas. Dinginkan hingga mencapai suhu ruang.
  • Kedua, pindahkan kopi dalam baskom, tambahkan air es dan pewarna yang Anda inginkan ke dalamnya. Ketiga, siapkan rambut di atas baskom, siram perlahan air larutan kopi tersebut hingga merata.
  • Ke empat, peras rambut perlahan, ikat rambut dengan dicepol, gunakan handuk basah atau topi mandi untuk mendiamkannya.
  • Ke lima, diamkan rambut selama 30 menit hingga 3 jam. Semakin lama, efek pewarnaan pada rambut Anda akan semakin terasa. Ke enam, bilas menggunakan air hangat. Kemudian gunakan sampo sebagai penutup perawatan ini.

Manfaat kopi untuk kecantikan yang telah diuraikan di atas bisa Anda rasakan manfaatnya jika rutin dilakukan. Setok kopi di rumah tak hanya bisa diminum ayah atau suami, tetapi juga bisa digunakan ibu atau istri untuk me time dan mempercantik diri. Dari beberapa contoh treatment di atas, mana yang sudah pernah Anda terapkan?

Originally posted 2020-11-09 23:31:43.

Tinggalkan komentar