7 Manfaat Jus Seledri Untuk Kecantikan Kulit dan Kesehatan

CantikSehat – Seledri atau biasa disebut juga dengan daun sop ini sering kali digunakan sebagai salah satu rempah untuk menyedapkan rasa masakan di Indonesia. Padahal sayuran yang satu ini mengandung segudang nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan. Kali ini akan dibahas berbagai manfaat jus seledri untuk kecantikan kulit.

Ya, jika Anda mengkonsumsi jus selederi dengan rutin maka Anda akan mendapatkan beragam manfaat jus daun seledri untuk kecantikan. Terutama untuk kecantikan kulit. Tidak hanya dijadikan sebagai toping dalam masakan, Anda juga dapatĀ  mengkonsumsi daun seledri dengan cara dijus, atau dijadikan lalapan. Penasaran apa saja manfaat jus seledri untuk kecantikan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

manfaat jus seledri untuk kecantikan kulit

Inilah 5 Manfaat Jus Seledri Untuk Kecantikan Kulit

Siapa sih yang tidak mengenal seledri? Masyarakat Indonesia tentunya sudah taka sing lagi dengan sayuran yang satu ini. Seledri mnegandung berbagai nutrisi seperti kalori, protein, vitamin E, lemak, hingga kalsium. Selain itu seledri juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, folat, sodium, serat, karbohidrat, dan gula dalam jumlah yang sedikit. Berikut ini ulasan lengkap tentang manfaat jus seledri untuk kecantikan kulit:

1. Mencegah Penuaan Dini Dan Meremajakan Kulit 

Penuaan dini dapat terjadi lebih cepat akibat pengaruh radikal bebas. Anda dapat menjadikan seledri sebagai alternative pilihan untuk mencegah kerutan akibat penuaan dini. Anda akan  mendapatkan manfaat jus seledri untuk kecantikan kulit yang satu ini jika Anda mengkonsumsinya secara teratur. Karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jus sledri mengandung berbagai vitamin.

Seperti vitamin A, B, C, K, niasin, juga folat yang sangat penting untuk memperbaiki kerusakan kulit, memperoduksi kolagen dan menutrisi kulit. Selain dijadikan jus Anda juga dapat membuat masker seledri. Anda dapat melakukannya setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat jus seledri untuk kulit wajah yaitu dapat mengatasi jerawat. Sayuran yang satui ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah jerawat. Karena selederi sendiri kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu membersihakan kulit dan mennghilangkan kotoran yang dapat membantu untuk mencegah timbulnya jerawat.

3. Untuk Meningkatkan Kesuburan Rambut

Selain manfaat jus seledri untuk kecantikan kulit, mengkonsumsi seledri juga sangat dianjurkan untuk Anda yang memiliki masalah pada rambut. Selain dengan cara mengonsumsinya secara langsung, Anda juga dapat membuat seledri menjadi tonik alami yang dapat merangsang peretumbuhan rambut. Caranya cukup mudah.

Anda tinggal menumbuk hingga halus atau memblender 10-15 batang seledri yang telah dicuci bersih. Lalu aplikasikan pada rambut dengan menggunakan handuk hangat. Setelah kurang lebih 1 jam, Anda dapat membasuhnya dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara rutin.  

4. Menghidrasi Kulit

Manfaat minum jus seledri untuk kecantikan selanjutnya adalah mencegah  kulit terasa kering. Kandungan air dalam jus seledri akan mencukupi kebutuhan asupan cairan yang dibutuhkan tubuh. Sehingga kulit pun akan terhidrasi dengan baik dan selalu terjaga kelembababnnya setiap harinya.

5. Mengurangi Kelebihan Minyak Di Wajah

Pada sebagian orang kulit wajah yang berminyak dapat mengurangi penampilan hiungga menyebabkan wajah berjerawt. Disamping melakukan perawatan wajah, Anda sebaiknya juga memperhatikan asupan makanan. Salah sau manfaat jus seledri untuk kecantikan kulit yaitu dapat membantu untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah. Anda dapat meminumnya dalam bentuk jus atau menjadikanya sayur

Selain itu Anda juga dapat langsung mengaplikasikan seledri ke kulit wajah. Caranya cukup mudah. Anda dapat merebus beberapa batang daun seledri. Setelah mendidih, kemudian dinginkan. Jadikan air seledri ini sebagai toner dan aplikasikan pada kulit wajah setiap hari sebelum tidur.

6. Untuk Mencerahkan Wajah

Salah satu manfaat jus seledri untuk kecantikan kulit yaitu mencerahkan wajah. Saat ini ada banyak produk pencerah wajah yang dipasarkan. Padahal Anda dapat memanfaatkan seledri untuk mendapatkan wajah cerah. Seledri memiliki kandungan vitamin C yang membantu mengangkat sel kulit mati sehingga proses regenerasi kulit dapat berjalan dengan optimal. Inilah yang membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.

7. Untuk Mengeksfoliasi Kulit 

Untuk mendapatkan manfaat jus seledri untuk kecantikan kulit yang satu ini Anda dapat mengolah seledri menjadi masker wajah. Seledri dikenal dapat mengangkat sel-sel kulit wajah yang mati dan mengontrol keseimbangan pH kulit. Untuk mengaplikasikannya, Anda dapat menyediakan bahannya terlebih dahulu seperti seledri, oatmeal, dan kulit jeruk.

Blender dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Setelah itu Anda dapat megoleskannya secara merata pada wajah. Lalu tunggulah hingga kering dan meresap, kemudian bilas dengan air dingin sembari dipijat-pijat secara perlahan-lahan. Lakukan secara berkala.

Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan

Setelah tadi membahas manfaat jus seledri untuk kecantikan kulit, sekarang akan diulas manfaat seledri untuk kesehatan. tidak banyak yang tau seledri juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari melancarkan sistem pencernaan hingga menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Berikut ulasannya.

1. Manfaat Seledri untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain manfaat jus seledri untuk kecantikan kulit, seledri juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Seledri kaya akan serat alami dan fitokimia. Kedua nutrisi ini bekerja dengan merangsang dinding lambung dan usus kecil. Ini berguna untuk mencegah terjadinya konstipasi. Keduanya membantu proses peristaltik. Inilah yang menyebabkan makanan yang ada di usus besar dapat tercampur dengan baik.

2. Manfaat Seledri Untuk Mengatasi Maag

Jika Anda menderita penyakit maag Anda dapat mengkonsumsi jus seledri. Jus seledri dapat meredakan nyeri yang disebabkan oleh penyakit maag. Hal ini dikarenakan seledri dapat mengontrol keasaman diperut Anda. Sehingga perut Anda pun terasa lebih nyaman.

3. Manfaat Seledri Untuk Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda sedang menjalani program untuk menurunkan berat badan? Seledri dapat Anda masukkan ke dalam menu harian diet Anda. Ini karena seledri sendiri memiliki kalori negatif. Anda dapat mengonsumsi jus seledri yang hanya memiliki 32 kalori per gelasnya.

4. Manfaat Seledri Untuk Menurunkan Tekanan Darah Dan Kadar Kolestrol

Faktanya, seledri memiliki sifat anti kolestrol yang juga dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Seledri memiliki sifat relaksasi votot polos, meningkatkan aliran kalsium juga kalium di dalam serta luar sel. Maka dari itu bagi Anda penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi sebaikanya rutin mengonsumsi sayuran yang satu ini.

5. Manfaat Seledri Untuk Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut tentunya sangat menganggu saat Anda ingin menjalin komunikasi dengan orang lain. Anda dapat mengatasi bau mulut yang dikarenakan cara menyikat gigi yang salah atau sisa makanan dan bakteri yang menumpuk di dalam mulut dengan seledri. Anda dapat mengunyah batang seledri unukmengatasi bau mulut yang disebabkan bakteri di mulut.

Nah, ternyata ada banyak sekali manfaat jus seledri untuk kecantikan kulit dan kesehatan Anda. Namun tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan, tentunya Anda harus mengaplikasikannya dengan benar serta tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah? Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan komentar