Simak 8 Manfaat Daun Bidara Untuk Kecantikan dan Kesehatan

CantikSehat – Sejak lama tanaman bidara (Indian Jujube) dikenal memiliki beragam manfaat. Selain buahnya yang dapat diolah menjadi manisan, daunnya juga dapat dijadikan sayur. Air rebusan daun bidara juga dapat dijadikan bahan pengobatan. Selain itu daun ini juga memiliki khasiat untuk mempercantik kulit. Sehingga tidak heran beberapa produk memilih untuk mengekstrak daun bidara untuk kecantikan.

Tidak ada salahnya Anda mencoba manfaat daun bidara untuk kecantikan ini. Meskipun daun bidara sendiri belum sepopuler bunga mawar, calendula, dan Cantella Asiatica. Pasalnya, daun bidara mengandung banyak nutrisi yang ternyata sangat baik untuk kulit. Mau tau apa saja manfaat daun bidara untuk kecantikan juga kesehatan? Simak!

manfaat daun bidara untuk kecantikan

Tentang Daun Bidara

Tahukah Anda? Salah satu manfaat daun bidara untuk kecantikan yaitu dapat mengobati berbagai iritasi juga radang kulit. Seperti psoriasis, eksim, dan jerawat. Ditambah lagi, daun ini dapat membantu mengurangi munculnya keriput dan mengatasi bekas luka. Kulit yang sering terpapar polusi, bahan kimiawi, juga sinar matahari berbahaya, dapat mengalami kerusakan.

Inilah mengapa, kulit harus selalu dirawat dengan memberikan nutrisi yang tepat secara konsisten. Karenanya agar kebutuhan kulit tersebut dapat terpenuhi, Anda dapat memanfaatkan bidara yang mengandung senyawa seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, juga antioksidan ini. Simak yuk, apa saja khasiat daun bidara untuk kecantikan!

Manfaat Daun Bidara Untuk Kecantikan Kulit

Adapun manfaat daun bidara bagi kecantikan adalah:

1. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Mengatasi Jerawat

Ekstrak daun bidara memiliki sifat anti bakteri, sifat ini akan membantu Anda untuk menghilangkan jerawat juga infeksi kulit lainnya. Sehingga Anda dapat memiliki kulit yang bersih dan cerah. Inilah salah satu manfaat daun bidara untuk kecantikan. Anda dapat meracik daun bidara menjadi masker.

Gunakan secara teratur, dua kali dalam seminggu, agar Anda dapat mendapatkan manfaat daun bidara untuk kecantikan wajah yang maksimal. Jika Anda kurang suka menggunakan masker, Anda dapat merebus daun bidara tersebut dan menjadikannya sebagai toner.

2. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Anti Aging

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tanaman ini mengandung banyak antioksidan. Senyawa ini berfungsi untuk membantu  melindungi kulit dari paparan radiasi UV dan polusi yang berbahaya. Selain itu, antioksidan juga dapat melawan gejala penuaan seperti keriput, noda dan lain sebagainya. Sehingga salah satu manfaat daun bidara untuk kecantikan yaitu untuk menjaga kulit awet muda.

3. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Mengobati Kulit Yang Meradang

Kegunaan daun bidara untuk kecantikan lainnya adalah untuk mengobati kulit yang meradang. Faktanya daun bidata mengandung anti inflamasi yang sangat berguna untuk menenangkan kulit yang meradang. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengoleskan daun bidara yang telah ditumbuk halus pada area kulit yang meradang.

4. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Melembabkan Kulit

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, Anda dapat memanfaatkan kandungan lemak juga mineral dalam daun bidara untuk mengatasinya. Ya, manfaat daun bidara untuk kecantikan diantaranya yaitu untuk melembabkan kulit. Anda dapat meracik masker daun bidara dan mengoleskannya pada bagian kulit yang kering. Tunggu hingga kering. Lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

5. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Mencerahkan Kulit

Kulit yang kusam tentunya akan mengganggu kesempurnaan penampilan Anda. Jangan khawatir, karena ternyata daun bidara ampuh digunakan untuk membantu mencerahkan kulit. Hal ini karena daun bidara juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel kulit dan menjadikan kulit semakin glowing juga sehat. Inilah salah satu khasiat daun bidara untuk kecantikan.

6. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Menyembuhkan Luka

Apakah Anda memiliki luka yang sulit untuk disembuhkan? Jika iya, Anda dapat mencoba manfaat daun bidara untuk kecantikan yang satu ini. Hal ini dikarenakan daun bidara dipercaya mampu menyembuhkan luka ringan di tubuh Anda. Senyawa glikosida yang banyak terkandung dalam daun bidara memiliki kemampuan untuk mempercepat regenerasi kulit sehingga akan membantu proses penyembuhan luka.

7. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Merawat Rambut Yang Rusak

Bukan hanya dapat menyembuhkan luka, daun bidara juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Cara mengolah daun bidara untuk kecantikan rambut ini mudah, Anda dapat merebus daun bidara dan menjadikannya sebagai hair tonic.  Gunakan secara rutin agar rambut Anda menjadi lebih kuat dan mencegah kerusakan serta kerontokan rambut.

8. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Menjaga Kesehatan Bibir Dan Mulut

Selain manfaat daun bidara untuk kecantikan, tanaman yang satu ini juga dapat menjaga kesehatan bibir dan mulut. Jika Anda pernah merasa perih akibat sariawan, Anda dapat mencoba meminum air rebusan bidara untuk mengatasinya. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan daun bidara untuk mencegah bibir pecah-pecah juga dapat mencegah bakteri tinggal di mulut.

Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Di samping manfaat daun bidara untuk kecantikan, pohon kecil yang menghasilkan buah di daerah kering ini juga dijadikan sebagai obat herbal tradisional. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa semua bagian daari tanaman ini dapat dimanfaatkan, Nah, penasaran apa saja manfaat daun bidara untuk kesehatan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Mengatasi Insomnia

Banyak orang yang mengalami kesulitan tidur. Padahal kurang tidur akan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Nah, daun bidara memiliki kandungan saponin yang dapat berkhasiat memberikan efek menenangkan yang dapat mengatasi gangguan sulit tidur. Caranya, Anda dapat mencoba mengonsumsi teh daun bidara  sebagai obat tidur alami yang sekaligus dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

2. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Mengatasi Haid Tidak Lancar

Pada umumnya, ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Anda dapat mencoba mengonsumsi daun bidara untuk mengatasi haid yang tidak lancar. Ini disebabkan karena senyawa daun bidara dapat membantu untuk menyeimbangkan hormon juga melancarkan haid. Meski demikian sebaiknya tetap berkonsultasilah kepada dokter.

3. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Mengatasi Maag

Daun bidara memiliki khasiat yang dapat meringankan dampak negatif akibat asam lambung. Sehingga mengonsumsi daun bidara sangat bagus bagi Anda yang memiliki penyakit maag. Selain itu, daun bidara juga dapat mengatasi resiko gangguan pencernaan. Ini karena daun bidara dapat mengeluarkan racun yang ada dalam pencernaan Anda sekaligus mencegah terjadinya infeksi.

4. Manfaat Tanaman Bidara Untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian, tanaman bidara memiliki antibakteri dan anti virus yang tentunya mampu menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh Anda. Pada dasarnya sebagian besar penyakit berasal dari bakteri yang mengendap di dalam tubuh, akan dikeluarkan. Namun lain ceritanya jika yang dihadapi adalah jamur. Karena tidak memberikan efek yang pasti.

Nah, demikian tadi ulasan lengkap mengenai manfaat daun bidara untuk kecantikan juga untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Yang pasti, jika Anda memutuskan untuk menggunakan bahan alami ini untuk mengatasi masalah kecantikan Anda. Maka Anda harus menggunakannya secara rutin unuk hasil yang lebih maksimal. Selamat Mencoba.

Tinggalkan komentar