Kandungan dan 5 Manfaat Bekatul Untuk Kecantikan Kulit Wajah

CantikSehat – Manfaat bekatul untuk kecantikan masih menjadi dilematik banyak orang. Pasalnya, bekatul adalah kulit beras atau yang biasa orang sebut dedak. Di pedesaan, bahan tersebut sering dimanfaatkan sebagai pakan ternak, seperti ayam, angsa, maupun bebek. Lantas, benarkah bekatul dan dedak itu sama?

Tidak sedikit orang yang menganggap, jika bekatul dan dedak adalah bahan yang sama. Mungkin karena masyarakat Indonesia sudah terlanjur menganggap bekatul sebagai bahan sisa pengolahan. Selain itu, jika dilihat secara sepintas memang tidak ada perbedaan, tetapi menurut ahli gizi keduanya tetap berbeda.

manfaat bekatul untuk kecantikan

Apa Perbedaan Bekatul dan Dedak?

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat bekatul untuk kecantikan, mari kenali terlebih dahulu perbedaannya dengan dedak. Hal ini penting untuk dijadikan pengetahuan, karena kandungan gizi di dalam keduanya jelas berbeda, jangan sampai salah mengolah. Berikut adalah perbedaan antara bekatul dan dedak:

1. Harga

Tidak ada patokan harga khusus antara bekatul dan dedak, karena cenderung fluktuaktif mengikuti harga beras di pasaran. Namun, sejak manfaat bekatul untuk kecantikan dan kesehatan mulai booming, harga bekatul menjadi sedikit lebih mahal daripada dedak. Perbedaan itu berkisar antara 500 – 1.000 rupiah per kilogramnya, tergantung kondisi pangan di daerah setempat.

2. Tekstur dan Serat

Cara paling mudah untuk membedakan bekatul dengan dedak adalah dengan memegang secara langsung, karena keduanya memiliki tekstur yang berbeda. Bekatul memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut, karena ia adalah lapisan terluar dari bulir padi atau kulit ari.

Dengan demikian, manfaat bekatul untuk kecantikan terasa masuk akal, karena lebih mudah untuk dibuat sebagai masker wajah atau makanan. Sementara dedak adalah lapisan terluar dari kulit padi, tekstur dan seratnya terasa lebih kasar. Hal ini tentu agak aneh untuk diolah, baik sebagai pangan maupun untuk kecantikan.

3. Perendaman

Cara lain untuk membedakan antara bekatul dengan dedak adalah dengan merendam keduanya ke dalam air. Jika bekatul direndam dengan air, maka ia akan tenggelam seluruhnya. Berbeda dengan dedak akan terlihat ada yang mengambang, karena dedak dihasilkan dari kulit.

4. Kandungan

Ini dia bagian yang paling penting dalam tahap mengenal manfaat bekatul untuk kecantikan, yaitu kandungan. Dedak tidak memiliki banyak kandungan gizi, sehingga tidak cocok dimanfaatkan untuk keperluan pangan manusia. Lain hal dengan bekatul (beras) yang ternyata memiliki segudang nutrisi, berikut beberapa di antaranya:

  • Energi : 245 kilo kalori
  • Gula : 1.5 gram
  • Serat pangan : 15 gram
  • Lemak : 7 gram
  • Magnesium : 235 gram
  • Protein : 17 gram
  • Kalsium : 58 miligram
  • Zat besi : 5.4 miligram
  • Vitamin B1 : 3 gram
  • Vitamin B5 : 7 gram
  • Vitamin B6 : 0.2 miligram

Ragam Manfaat Bekatul Untuk Kecantikan

Setelah memastikan jika yang di rumah adalah benar-benar bekatul, maka kini saatnya mengetahui manfaat bekatul untuk kecantikan. Berdasarkan sedikit ulasan mengenai kandungan nutrisi di atas, manfaat ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menyehatkan Kulit Wajah

Bekatul memiliki 8 kandungan antioksidan, salah satunya yaitu gamma oryzinol sangat berpengaruh terhadap pigmen kulit. Menurut hasil penelitian beberapa ahli, kandungan tersebut memiliki manfaat 4x lebih efektif dalam penghambatan proses oksidasi seluler. Artinya, gamma oryzinol lebih ampuh dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, termasuk bagian wajah.

Seperti yang sudah diketahui, radikal bebas adalah salah satu penyebab kulit kusam dan tampak tidak bercahaya. Hal ini tentu sangat mengganggu, terutama bagi seorang wanita. Lebih dari itu, antioksidan di dalam bekatul juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat memicu kanker kulit. Penelitian inilah yang menguatkan kabar tentang manfaat bekatul untuk kecantikan, sehingga tidak ada salahnya untuk mulai menerapkannya.

2. Mengatasi Tanda-tanda Penuaan Dini

Menua memang sesuatu yang tidak dapat ditolak oleh manusia, tetapi tidak dengan penuaan dini. Penuaan dini adalah suatu kondisi di mana penampilan seseorang tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. Hal ini harus segera diatasi, kalau bisa harus dicegah agar tidak sampai terjadi.

Siapa sangka, manfaat bekatul untuk kecantikan juga dapat mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Selain gamma oryzinol, bekatul juga mengandung tocotrienol dan tocopherol. Ketiganya merupakan jenis antioksidan terbaik yang dipercaya mampu menghilangkan kerutan halus, keriput, dan tanda penuaan lain. Efeknya, kulit wajah tetap kencang dan tidak mudah kendur.

3. Menjaga Elastisitas Kulit

Manfaat bekatul untuk kecantikan alami yang berikutnya adalah menjaga elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan bekatul memiliki kandungan protein cukup tinggi. Seperti yang diketahui, protein juga berperan penting dalam dunia kecantikan. Di dalam tubuh, protein membantu proses regenerasi sel-sel, termasuk sel kulit wajah.

Dengan kecukupan protein, sel-sel kulit yang sudah mati akan dikeluarkan melalui pori-pori wajah, lalu digantikan dengan sel kulit baru. Hal inilah yang membuat elastisitas kulit wajah tetap terjaga dengan baik. Selain mengolahnya menjadi makanan, bekatul juga dapat dibuat sebagai masker.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Di dunia internasional, bekatul lebih dikenal dengan istilah rice bran. Kandungan ini dapat ditemukan pada produk-produk skincare, terutama keluaran terbaru yang mengusung tema kecantikan ala Jepang. Konon, rice bran adalah salah satu kunci kulit orang Jepang yang tampak putih, bersih, dan glowing.

Kandungan ini memang cukup populer di luar sana, tak hanya Jepang tetapi juga Cina, Korea, dan beberapa negara Asia lainnya. Hal ini dikarenakan, di dalam rice bran terdapat kandungan senyawa fatty acid yang memiliki fungsi utama untuk menghambat proses penggelapan kulit.

Bedanya, di negara sana sudah ada rice bran dalam bentuk oil atau minyak, sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan dengan cara apapun. Meski faktor cuaca dan iklim juga memengaruhi kondisi kulit seseorang, mencoba manfaat bekatul untuk kecantikan juga tidak ada salahnya.

5. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah permasalahan kulit wajah yang paling menyebalkan, terutama bagi seorang wanita yang hampir menjadi agenda wajib setiap bulan. Ada cara terbaru untuk mengatasinya, yaitu menggunakan masker bekatul. Manfaat masker bekatul untuk kecantikan juga dipercaya mampu mengatasi jerawat, karena mengandung vitamin E.

Tak perlu diragukan, vitamin E memiliki manfaat yang sangat besar dalam dunia kecantikan. Tak hanya melembutkan dan melembapkan kulit saja, vitamin E bahkan juga dijuluki sebagai kunci kecantikan paling utama. Sementara itu, manfaat bekatul untuk kecantikan dapat diperoleh dengan membuat masker wajah. Berikut cara yang dapat diterapkan:

  • Cuci wajah menggunakan facial wash sampai benar-benar besih, keringkan.
  • Ambil bekatul secukupnya, masukkan ke dalam wadah.
  • Tambahkan sedikit air, aduk sampai berbentuk seperti pasta.
  • Aplikasikan pada wajah dengan sedikit dipijat-pijat.
  • Diamkan kurang lebih 15 menit, bilas menggunakan air bersih.

Sangat mudah, bukan? Anda dapat menambahkan susu segar, kunyit, kopi, maupun air jeruk ke dalam masker, agar manfaat bekatul untuk kecantikan semakin maksimal. Semoga tulisan ini dapat menjadi pencerahan bagi siapa pun yang masih ragu dengan manfaat bekatul. Selamat mencoba.

Originally posted 2020-11-12 21:09:05.

Tinggalkan komentar