Wow, 7 Manfaat Bedak Bayi Untuk Kecantikan Ini Harus Dicoba

CantikSehat – Manfaat bedak bayi untuk kecantikan apakah benar-benar nyata? Awalnya, sedikit meragukan karena bedak ini diproduksi untuk bayi baru lahir hingga balita. Bedak bayi memiliki klaim lebih aman untuk kulit, karena memang ditujukan untuk bayi dengan tingkat sensivitas yang lebih tinggi.

Jika ditanya perihal keamanan, ya pasti aman karena bedak bayi memang diproduksi dengan perhitungan khusus. Namun, ada kondisi di mana bedak ini tidak dapat memenuhi kebutuhan kulit wajah orang dewasa. Hal ini dikarenakan kulit bayi masih minim dari paparan sinar matahari, polusi, dan penggunaan kosmetika.

Manfaat bedak bayi untuk kecantikan

Ragam Manfaat Bedak Bayi Untuk Kecantikan

Tampil cantik tentu menjadi dambaan setiap wanita, tetapi butuh perjuangan untuk mewujudkan dan mempertahankannya. Ketelatenan dan konsisten adalah dua kunci yang tak boleh dilewatkan. Tak harus selalu ke salon, karena bahan-bahan di sekitar juga dapat dimanfaatkan, seperti bedak bayi. Berikut adalah beberapa manfaat bedak bayi untuk kecantikan yang dapat dipraktikkan:

1. Mengatasi Iritasi

Sudah bukan rahasia lagi, jika sinar matahari memiliki kandungan UVA dan UVB yang dapat memengaruhi kondisi kulit. Saat terpapar, kulit akan terasa seperti terbakar hingga terkadang menimbulkan iritasi. Hal ini ditandai dengan kulit yang berwarna kemerahan atau merasa gatal.

Untuk mengatasinya, gunakan manfaat bedak bayi untuk kecantikan. Cara pengaplikasiannya yaitu dengan menaburkan bedak bayi ke area yang kemerahan. Lihatlah, beberapa saat kemudian kondisi tersebut akan berangsur membaik. Cukup mudah dan murah, bukan?

2. Masker Wajah

Masker adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sekaligus menutrisinya kembali. Rutinitas ini dianjurkan untuk dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu, agar poses regenerasi sel kulit berlangsung secara optimal.

Saat ini sudah ada banyak sekali produk masker wajah yang beredar di pasaran, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan kulit. Misal untuk kulit kering, pilihlah masker yang memiliki efek menutrisi dan melembapkan kulit. Tak hanya produk siap pakai, bahan-bahan yang ada di rumah juga dapat digunakan sebagai masker wajah.

Dalam hal ini, manfaat bedak bayi untuk masker kecantikan benar-benar patut dicoba. Caranya, yaitu dengan mencampurkan bedak bayi dengan minyak zaitun, minyak almond, ataupun air mawar. Aduk sampai berbentuk seperti pasta, lalu aplikasikan pada wajah secara merata. Tunggu sampai kering, lalu bilas menggunakan air bersih.

3. Menambah Volume Bulu Mata

Tak hanya menyenangkan, memiliki bulu mata tebal dan lentik juga membuat keindahan mata semakin menonjol. Tak jarang, wanita rela merogoh kocek lebih dalam untuk menanam bulu mata. Sebenarnya, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menambah volume bulu mata. Salah satunya yaitu memadukan maskara dengan manfaat bedak bayi untuk kecantikan.

Ya, siapa sangka manfaat bedak bayi untuk kecantikan ternyata sampai ke bulu mata. Caranya, aplikasikan maskara ke bulu mata seperti biasa. Lalu, taburkan bedak bayi ke atas kuas, aplikasikan juga ke bulu mata. Terakhir, timpa menggunakan maskara sekali lagi, lalu lentikkan menggunakan eyelashes curler. Mata cantik langsung terlihat seketika.

4. Lipstik Lebih Tahan Lama

Bagi seorang wanita karier, aktivitas yang padat memang menguras energi. Pasalnya, ia tidak hanya harus menjaga kondisi tubuh agar tetap prima, tetapi juga penampilan. Hal ini yang kadang mengharuskan wanita untuk touch up ulang setiap beberapa jam sekali, agar dapat tetap tampil percaya diri. Merasa ribet dengan aktivitas tersebut?

Tak perlu lagi risau, karena manfaat bedak bayi untuk kecantikan dapat dijadikan jalan keluar. Dengan sedikit taburan, lipstik dapat menempel sempurna dan tahan lebih lama, sehingga tak perlu bolak-balik ke toilet. Caranya, kenakan lipstik seperti biasa, lalu jepit tisu di antara kedua bibir sebentar. Gunakan kuas untuk menyapukan bedak bayi ke atas bibir, lalu timpa lagi menggunakan lipstik, beres. 

5. Base Kosmetik

Daftar manfaat bedak bayi untuk kecantikan yang berikutnya adalah sebagai base atau dasar penggunaan kosmetik, terutama bagi tipe kulit berminyak. Hal ini dikarenakan bedak bayi dapat menyerap keringat dan juga minyak berlebih pada wajah. Dengan demikian, make up akan melekat sempurna dan merata.

Tak hanya bedak, jenis kosmetik yang lain pun akan memperoleh manfaat bedak bayi untuk kecantikan yang sama. Seperti concealer yang lebih tahan lama dan dapat menutup pori-pori dengan lebih maksimal. Efeknya, kulit wajah terlihat mulus tanpa ada kerutan, garis halus, maupun pori-pori besar yang mengganggu penampilan.

6. Mengurangi Nyeri Akibat Waxing

Tidak sedikit wanita yang merasa kurang nyaman dengan keberadaan bulu-bulu, baik di tangan maupun kaki. Oleh karena itu, mereka sering melakukan waxing untuk menghilangkan bulu-bulu tersebut. Sayang, waxing dapat menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, akibat bulu yang tertarik.

Jika memang harus dilakukan, cobalah untuk memadukan waxing dengan manfaat bedak bayi untuk kecantikan. Di sini, bedak bayi tidak hanya berperan sebagai pengurang rasa sakit saja, tetapi juga meminimalisir iritasi. Caranya, taburkan bedak bayi pada tangan atau kaki yang ingin di-wax, lalu tempelkan kertas waxing.

7. Deodoran

Salah satu hal sepele yang sangat menunjang penampilan adalah daerah ketiak. Jika ketiak sudah merasa basah, maka kepercayaan diri dapat turun drastis. Sayangnya, beberapa produk deodoran ternyata dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam. Hal ini juga memengaruhi penampilan lho, terutama bagi yang senang mengenakan baju tanpa lengan.

Sedang mengalami hal yang serupa? Maka saatnya untuk membuktikan manfaat bedak bayi untuk kecantikan tubuh. Konon bedak bayi juga efektif untuk menyerap keringat di ketiak, tanpa membuat kulit menghitam. Caranya juga sangat praktis, yaitu tuang bedak bayi secukupnya pada tangan, lalu gosokkan pada ketiak secara merata.

Tips Memilih Bedak Bayi untuk Dewasa

Meski hampir semua bedak bayi dinyatakan aman untuk orang dewasa, tetapi pemilihan produk tetap harus diperhatikan. Sebab, pemilihan yang tepat dapat memaksimalkan manfaat bedak bayi untuk kecantikan. Untuk memperoleh produk yang tepat, coba terapkan beberapa tips berikut ini:

  • Untuk mengatasi ruam, pilihlah bedak bayi yang dengan kandungan utama cornstarch atau pati jagung. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat camilan ini ternyata memiliki sifat anti-mikroba, anti-inflamasi, serta efek sedatif. Oleh karena itu, bahan ini dipercaya ampuh untuk mengatasi ruam pada kulit wajah.
  • Untuk membuat kulit terasa lebih halus, pilihlah bedak bayi berbahan dasar talc. Bahan baku utama talc adalah magnesium hidroksida yang sudah melalui proses pengembangan. Butirannya yang sangat lembut membuat bedak lebih mudah diserap oleh kulit, sehingga terasa lebih halus seperti kulit bayi.
  • Untuk tipe kulit kering, pilihkan bedak bayi yang memiliki kandungan pelembap di dalamnya. Langkah ini harus dilakukan dengan jeli, karena tidak sedikit produk bedak bayi yang justru memiliki efek sebaliknya. Oleh karena itu, biasakan untuk memeriksa bagian komposisi terlebih dahulu sebelum membeli.
  • Jika memiliki bentuk wajah yang lebar, bedak bayi dengan berbentuk tabur lebih cocok untuk digunakan. Sebaliknya, jika wajah tirus maka penggunaan bedak bayi padat atau compact dapat menjadi pilihan.

Demikian 7 manfaat bedak bayi untuk kecantikan wajah dan kulit tubuh, beserta tips untuk memilih bedak yang tepat. Meski demikian, jangan pernah lengah untuk melakukan perawatan wajah. Sebab, bedak bayi hanyalah penunjang, perawatan utama tetap ada pada penggunaan skincare dan gaya hidup.

Tinggalkan komentar