7 Tips dan Trik Make Up Kondangan Remaja: Natural, Aman dan Cantik

Cantik Sehat – Tidak hanya make up dewasa, make up kondangan remaja saat ini banyak dicari untuk mempercantik diri sebelum datang ke kondangan. Untuk itu perlu tips dan trik sehingga para remaja tidak salah memilih kosmetik. Make up yang tepat digunakan membuat remaja tampak semakin cantik, tanpa kesan terlalu tua dan tetap elegan. Bukan malah membuat penampilan semakin berantakan dan meninggalkan kecantikan alaminya.

Saat ini, produk kosmetik untuk make up tersedia beragam di pasaran. Tidak hanya merk impor yang bisa menghasilkan sentuhan flawless. Banyak produk lokal yang bisa menunjukkan hasil make up luar biasa. Apalagi untuk remaja yang notabene kulitnya belum banyak tersentuh banyak bahan kimia, jadi mudah untuk memilih kosmetik.

make up kondangan remaja

Persiapan Make Up Kondangan Remaja

Pada dasarnya, make up merupakan serangkaian kegiatan untuk mengubah penampilan. Dari yang aslinya biasa saja menjadi lebih cantik. Dari yang kesannya suram menjadi ceria, atau dari yang cantik menjadi menyeramkan. Make up untuk peran hantu dalam drama atau film, misalnya. Sedangkan untuk kondangan, tentu setiap orang ingin terlihat cantik.

Sebelum menggunakan berbagai macam merk kosmetik untuk mempercantik diri, sebaiknya persiapkan kulit wajah yang sehat. Karena dengan kulit wajah yang sehat terawat, make up natural kondangan remaja minimalis bisa terlihat maksimal dan menghasilkan kesan flawless. Baca juga 8 Tutorial Make up Kondangan Yang Bikin Cantik Maksimal, Simak Ya!

Maka untuk memiliki wajah yang sehat terawat, agar mudah di make up untuk remaja saat kondangan, lakukan perawatan wajah.pertama dengan menjaga kebersihan kulit wajah setiap pagi dan malam hari. Dengan menggunakan pembersih wajah yang aman bagi kulit. Untuk memilih pembersih wajah yang cocok, gunakan rekomendai atau coba sendiri.

Kedua, beri pelembab yang cocok untuk wajah. Hampir semua merk kosmetik lokal maupun internasional menyediakan serum atau pelembap yang berfungsi menjaga kelembapan kulit wajah. Pilih yang nyaman, ringan di kulit dan tidak menimbulkan iritasi atau jerawat.

Kosmetik yang Wajib Ada Untuk Make Up Kondangan Remaja

Untuk make up kondangan remaja, sejumlah alat kosmetik dasar harus ada. Diantaranya adalah: cleanser, foundation atau foundie, bedak, blush on, eye shadow, eye liner, mascara, pewarna bibir, brush dan spons. Selain itu, bisa dianggap tambahan.

Make up kondangan untuk remaja pada prinsipnya memang tidak seperti make up pengantin atau wisuda yang tebal. Hanya perlu sedikit sentuhan bahan kosmetik agar kesan natural tidak hilang dari wajah polos remaja. Alat dan bahan kosmetik dasar tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jika ada yang tidak lengkap, maka ada make up yang kurang sempurna.

Untuk mempermudah proses make up bagi pemula atau remaja, berikut tutorial singkatnya. Tutorial make up kondangan untuk remaja ini dapat diapliaksikan menggunakan merk kosmetik apapun yang sesuai dengan wajah. Biasakan memilih produk yang sudah teruji dan aman digunakan. Hal ini untuk mengurangi risiko rusaknya kulit akibat kosmetik yang salah.

1. Cleanser

Adalah nama lain dari pembersih wajah, bisa berupa toner, milk cleanser, facial wash, atau krim pembersih wajah. Jangan biarkan wajah kusam karena tidak dibersihkan secara rutin. Kotoran, debu, dan polusi bisa menumpuk di permukaan kulit wajah, lama-kelamaan bisa menimbulkan jerawat. Sehingga ketika di-make up, hasilnya tidak baik.

2. Foundation atau foundie

Untuk remaja bisa menggunakan bedak dasar, BB Cream, atau krim pelembab yang mengandung zat pencerah kulit wajah. Bedak dasar untuk make up kondangan remaja berfungsi membuat dasar make up agar tidak mudah luntur.

3. Bedak, baik loose powder atau compact powder

Berfungsi membuat hasil make up tampak “set” di wajah. Sehingga tidak lagi terkesan berminyak akibat pelembap dan bedak dasar. Setelah bedak dialikasikan merata, bahan make up lainnya bisa diaplikasikan sesuai porsinya. Mau diet sehat tanpa efek samping? simak disini!

4. Finishing

Bagian terakhir dalammake up kondangan remaja ini membutuhkan ketrampilan khusus. Pada tahap ini, beberapa rangkaian make up dapat diaplikasikan. Blush on untuk membuat kesan pipi merona. Eye shadow untuk membuat bayangan pada kelopak mata. Eye liner untuk mempertegas garis mata.

Pada tahap ini juga perlu kombinasi warna dalam merias mata sehingga tampak tajam dan bercahaya. Pewarna bibir dapat menggunakan lisptick, lip cream, atau liptint. Tidak semua remaja cocok menggunakan lipstick. Ada yang lebih suka dan cocok menggunakan liptint, atau lip cream.

Perbedaan ketiganya ada pada tekstur dan pilihan warna. Jika tidak cocok, kulit bibir cenderung kering dan warna yang dihasilkan tampak kusam. Sedangkan mascara digunakan untuk mempertebal dan memperpanjang bulu mata. Jika dirasa kesan extention belum diperoleh, banyak perias yang menyarankan untuk menggunakan bulu mata pasangan.

Dalam make up kondangan remaja, sebaiknya hindari kesan make up yang terlalu tebal. Karena kulit remaja masih terlalu polos untuk menerima bahan kosmetik. Brush dan spons digunakan untuk mengaplikasikan setiap bahan make up. Beberapa bahan bisa diaplikasikan langsung menggunakan tangan.

Namun untuk bahan berbentuk krim atau pasta, sebaiknya gunakan alat agar merata sempurna. Seperti eye liner dan mascara, diaplikasikan menggunakan alat yang ada bersama produk. Begitu juga untuk produk berupa bedak, dapat diaplikasikan menggunakan spons. Dengan begitu hasilnya dapat merata sempurna dan menyerap hingga pori-pori kulit.

Bagi pemula dalam make up kondangan remaja, akan sangat nyata perbedaan sebelum dan sesudah make up. Tapi bagi yang sudah terbiasa, tidak terlalu jauh perbedaan sebelum dan setelah make up. Anda termasuk yang mana?

Tips dan Trik Penting Dalam Make Up Kondangan Remaja

Beberapa spot perlu diperhatikan secara khusus dalam membuat make up kondangan remaja. Diantaranya adalah bagian mata, bibir dan hidung. Karena ketiga bagian dari wajah inilah yang menyita perhatian paling banyak. Make up maksimal pada bagian ini dapat menimbulkan kesan berbeda.

1. Mata

Make up kondangan remaja pada bagian mata dapat menggunakan eyeshadow, eyeliner, dan mascara. Pada eyeshadow dapat dikombinasi beberapa warna sekaligus dalam membuat bayangan di kelopak mata. Kombinasi warna juga dapat menyesuaikan dengan warna pakaian yang akan digunakan kondangan.

Misalnya warna coklat tua atau ungu tua, dapat dijadikan sebagai dasar di kelopak mata. Kemudian ditambahkan dengan warna peach, lalu ditutup dengan warna putih atau warna cerah dan diratakan menggunakan brush. Sedangkan untuk eyeliner dan mascara digunakan sesuai petunjuk dan diaplikasikan menggunakan ujung alatnya.

2. Bibir

Make up kondangan remaja pada bagian bibir dapat menggunakan warna yang natural dan tidak terlalu mencolok. Dapat juga menyesuaikan dengan warna pakaian. Biasanya warna yang aman digunakan remaja adalah peach atau orange natural. Kedua warna ini dapat membuat wajah secara keseluruhan terkesan cerah.

3. Hidung

Bagian hidung merupakan bagian wajah yang paling menonjol. Make up pada bagian ini dapat menggunakan bedak dan sedikit eyeshadow. Pada bagian kanan dan kiri, aplikasikan sedikit eyeshadow warna gelap. Sedangkan pada bagian ujung, aplikasikan highlighter warna cerah. Kesan yang dihasilkan adalah hidung tampak lebih mancung.

Beberapa tips dan trik make up kondangan remaja di atas dapat diaplikasikan dengan mudah. Jika para remaja belum memiliki perangkat make up lengkap, bisa mencobanya dulu dengan bahan yang tersedia. Atau manfaatkan meminjam dari kakak perempuan, sepupu, dan alat make up mama. Pastikan izin sebelum menggunakan, ya.

Tinggalkan komentar