5 Jus untuk Kecantikan Ini Bikin Kulitmu Mulus Mempesona!

CantikSehat – Jus untuk kecantikan bisa terdiri atas buah-buahan, sayur-sayuran, atau kombinasi dari keduanya. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin, mineral, dan zat-zat lain yang berguna untuk tubuh. Kedua sumber zat gizi ini membuat kulit sehat dan awet muda. Atas kelebihannya yang dapat membuat kulit bercahaya, maka banyak yang mengonsumsi sayur dan buah dalam bentuk jus untuk kecantikan.

Mengonsumsi jus buah untuk kulit awet muda adalah cara yang nikmat dan praktis untuk mendapatkan manfaat dari sayur dan buah. Minum jus secara teratur dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Berikut daftar jus buah dan sayur yang bila rajin dikonsumsi bisa membuat kulitmu mulus dan segar bak artis Korea.

jus untuk kecantikan

Aneka Jus untuk Kecantikan yang Mudah Didapatkan di Sekitar

Sayur-sayuran dan buah-buahan memiliki manfaat yang melimpah untuk kecantikan kulit dan rambut. Apabila Anda malas mengolah bahan makanan tersebut menjadi masakan, maka mengonsumsinya dalam bentuk minuman adalah cara yang paling praktis. Berikut macam-macam jus untuk kecantikan yang bisa diminum setiap hari dan mudah didapatkan di sekitar Anda.

1. Jus Lemon Kaya Vitamin C

Jus lemon sering digunakan sebagai terapi jus detox untuk kulit. Buah ini kaya akan vitamin C yang dapat menjaga kulit tetap sehat dan mencerahkan kulit. Vitamin C juga membantu proses pembentukan kolagen dan elastin pada kulit yang berguna untuk melembapkan dan mengencangkan kulit.

Jus lemon mengandung antioksidan yang bekerja melawan radikal bebas akibat polusi dan sinar UV. Antioksidan ini dapat mencegah kulit kendur, mencegah terbentuknya keriput awal, memperbaiki testur kulit dan mencegah gejala penuaan dini.  Siap-siap menjadi glowing kalau rajin mengonsumsi jus ini, ya!

Campurkan lemon dengan 2 sendok makan madu murni untuk menambah khasiat jus untuk kecantikan ini. Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga dengan meminumnya secara teratur dapat membantu mengeringkan jerawat dan mengecilkan pori-pori. Campuran jus lemon dan madu dapat menyembuhkan luka dengan cepat dan memperbaiki kulit yang terbakar.

2. Jus Tomat untuk Wajah Berjerawat

Jus tomat dikenal sebagai jus yang baik untuk kulit berjerawat. Tomat kaya vitamin A dan vitamin C dan mampu mengatasi masalah kulit seperti kulit yang meradang, dan bekas jerawat. Antioksidan retinol pada vitamin A yang dikandung buah tomat sangat bagus untuk memudarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah.

Memanfaatkan buah tomat sebagai jus untuk kecantikan selain untuk mengatasi jerawat di wajah, juga dapat mencegah penuaan dini. Antioksidan likopen yang terkandung di dalam kulit buah tomat berperan sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari dalam. Konsumsilah tomat sebagai jus untuk mengencangkan kulit, maka Anda terhindar dari wajah keriput sebelum waktunya.

Garis-garis halus di wajah juga memudar dan warna kulit akan lebih cerah. Vitamin C yang tinggi di dalam buah tomat dapat merangsang produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen dan elastin yang meningkat di dalam tubuh akan menjaga kesehatan kulit dan menjadikannya lebih kenyal.

3. Jus Brokoli untuk Rambut Hingga Kuku

Kalau Anda termasuk orang yang tidak menyukai brokoli sebaiknya mulai sekarang belajarlah menyukainya. Brokoli adalah sayuran yang mengandung manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsinya dalam bentuk jus akan mendapatkan manfaat brokoli sebagai jus untuk kecantikan kulit, rambut, hingga kuku. Apabila Anda ingin memiliki kulit yang awet muda, maka rajinlah mengonsumsi jus brokoli sebagai minuman jus untuk kecantikan.

Sayuran ini adalah anti-aging yang sangat hebat karena tinggi kandungan vitamin C. vitamin C sendiri sangat diperlukan untuk merangsang pembentukan kolagen, menjadikan kulit sehat, kencang, dan kenyal. Brokoli adalah sumber mineral zinc dan vitamin E. kedua jenis nutrisi ini sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat. Mengonsumsi brokoli sebagai jus untuk kecantikan dapat mencegah dan mengobati jerawat yang membandel.

Jerawat meradang, merah, bekas jerawat, dan bekas luka lain dapat dipudarkan dengan minum jus brokoli secara teratur. Kandungan vitamin E pada brokoli dapat melindungi sel dan mencegah sel mengalami kerusakan akibat radikal bebas. Selain untuk kulit, rutin minum jus brokoli sebagai jus untuk kecantikan juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kolaborasi antara vitamin E dan vitamin A, B, kalsium, zat besi serta protein akan menutrisi kulit kepala dan batang rambut. Rambut menjadi kuat, sehat, dan bersinar.

Antioksidan retinol yang terkandung pada vitamin A yang ada pada jus brokoli dapat berperan sebagai tabir surya alami. Antioksidan ini mampu mencegah kulit terpapar radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Mengonsumsi brokoli secara rutin juga menjadikan kuku sehat, kuat, dan tidak mudah patah.

4. Jus Seledri Penjaga Kelembapan Kulit

Seledri mengandung vitamin A, B, C, dan K. Sayuran ini juga kaya kandungan antioksidan dan mineral seperti betakaroten, flavonoid, folat dan kalium. Vitamin C yang ada di dalam jus seledri dapat membantu mengatasi masalah jerawat dan kulit kusam. Vitamin A pada jus untuk kecantikan ini dapat melindungi kulit dari efek penuaan dini. Adanya berbagai vitamin, niasin dan folat yang pada seledri dapat meningkatkan kecerahan wajah dan membuat kulit wajah tampak glowing.

Seledri mengandung magnesium, kalium, kalsium, dan selenium yang dapat merangsang kulit membentuk pertahanan diri dari masuknya benda asing yang merugikan. Daun seledri tinggi kandungan air, yaitu sekitar 95 persen. Minum jus seledri sebagai jus untuk kecantikan secara rutin dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan dalam sehari. Hal ini membuat kulit menjadi terhidrasi, terasa lembut, dan lentur. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terhindar dari produksi minyak yang berlebih sehingga mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

5. Jus Nanas yang Menenangkan Kulit

Jus nanas memiliki perpaduan rasa yang manis dan asam yang menyegarkan. Seperti layaknya buah berwarna kuning lainnya, buah nanas kaya akan vitamin C dan betakaroten. Nanas sangat baik untuk kulit yang sensitif dan memiliki jerawat yang meradang. Sifat anti-inflamasinya mampu menenangkan kulit dan menyembuhkan radang. Antioksidan yang terkandung di dalam nanas dapat mengurangi kerusakan kulit dan penuaan dini akibat paparan sinar UV dan polusi.

Garis halus pada wajah, keriput, serta flek hitam dapat berkurang dengan rajin mengonsumsi jus nanas. Jus nanas mengandung kadar air yang tinggi. Tingginya kandungan air ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan harian. Rutin minum jus nanas dapat menghidrasi kulit tubuh sehingga tetap lembap dan kenyal. Kandungan air yang tinggi beserta vitamin C dapat memelihara kesehatan bibir. Bibir tetap lembap dan tidah mudah kering serta pecah-pecah.  

Demikianlah beberapa buah dan sayur yang berguna sebagai jus untuk kecantikan. Beberapa jus ada yang direkomendasikan untuk diminum sebelum waktu makan. Akan tetapi apabila kuatir dengan kondisi pencernaan Anda, maka sebaiknya konsumsilah beberapa jam setelah makan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar