5 Manfaat dan Resep Jeruk Nipis untuk Kecantikan Serta Efek Sampingnya!

CantikSehat – Jeruk nipis untuk kecantikan, banyak yang telah merasakan khasiatnya. Jeruk nipis adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat di dalamnya. Jika sebelumnya jeruk nipis banyak dikupas dari sisi manfaat kesehatan. Kali ini akan dibahas jeruk nipis dari sisi kecantikan. Kecantikan adalah hal penting untuk dirawat. Salah satu yang dapat digunakan adalah jeruk nipis.

Jeruk nipis identik dengan rasa asam, karena terdapat kandungan vitamin C yang melimpah. Memiliki wajah awet muda dapat diartikan kulit wajah ternutrisi dan hidrasi dengan baik. Jika kulit wajah mendapatkan perawatan yang dibutuhkan, maka secara tidak langsung kulit menjadi kencang dan terlihat lebih muda daripada umurnya.

Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Inilah Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Jeruk nipis mampu mengatasi permasalahan kulit khususnya wajah. Hal tersebut menjadikan banyak produk perawatan yang menggunakan bahan jeruk nipis. Kandungan jeruk nipis telah diteliti lebih lanjut di laboratorium yang menjadikan kini mulai banyak yang beralih menggunaan jeruk nipis. Berikut manfaat jeruk nipis untuk kecantikan.

1. Mengatasi penuaan dini

Jeruk nipis untuk kecantikan menjadi solusi mudah dalam mengatasi penuaan dini. Banyak dari sebagian orang yang mulai cemas pada usia 30 tahun ke atas yang mulai terlihat beberapa kerutan di wajahnya. Banyak faktor yang menyebabkan wajah terlihat menua. Dapat disebabkan paparan sinar matahari, polusi udara, pola makan tidak sehat, dan banyak faktor lainnya.

Mengatasi penuaan dini mulailah mencari produk kecantikan yang dirasa cocok. Salah satu bahan yang mampu mencegah penuaan dini adalah jeruk nipis. Khasiat jeruk nipis untuk kecantikan sebagai bahan alami yang mampu sebagai anti aging untuk wajah. Penuaan dini dapat diatasi apabila segera dalam menjalani perawatan.

2. Mencerahkan kulit wajah

Indonesia adalah negara dengan musim tropis. Hal tersebut berdampak pada sebagian orang yang mempunyai keluhan kulit kusam. Kulit kusam merupakan efek dari kulit wajah yang dehidrasi. Kulit kusam disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Faktor penyebabnya terkena sinar matahari, debu yang menempel, dan berbagai faktor dari luar maupun dalam.

Manfaat dari Jeruk nipis untuk kecantikan salah satunya untuk mencerahkan wajah. Sel-sel kulit mati dapat terangkat dengan kandungan asam sitrat pada jeruk nipis. Selain itu jeruk nipis juga mengandung anti oksidan dan vitamin C yang mampu meregenerasi kulit. Hal ini yang menjadikan mulai banyak produk kecantikan yang menggunakan jeruk nipis.

3. Mengobati jerawat

Jerawat menjadi masalah yang selalu dihadapi oleh kulit berminyak pada khususnya. Hal tersebut dikarenakan ada sumbatan pada pori-pori wajah sehingga menjadi penyebab munculnya jerawat. Jeruk nipis untuk kecantikan sebagai solusi untuk mengobati jerawat. Kandungan air pada jeruk nipis sebagai anti biotik agar bakteri tidak dapat berkembang biak.

Kegunaan jeruk nipis untuk kecantikan secara khusus pada jerawat dapat dengan cara dijadikan masker. Cara membuatnya cukup mudah. Air perasan jeruk nipis dicampur dengan madu. Setelah itu masker siap untuk digunakan pada wajah secara keseluruhan agar hasilnya maksimal.  

4. Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Memiliki bekas jerawat dan flek hitam tentu akan merusak pemandangan wajah. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat yang membandel dan flek hitam adalah jeruk nipis. Kandungan vitamin C dipercaya mampu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat. Vitamin C mampu meregenerasi sel-sel baru dan menjadikan wajah bersih dan cerah.

Cara yang dapat digunakan untuk mengatasi bekas jerawat dan flek hitam adalah dengan menggunakan masker jeruk nipis untuk kecantikan. Cobalah rutin menggunakan masker dua hari sekali, wajah akan kembali cerah dan bersih dari permasalahan bekas jerawat dan flek hitam.

5. Menjaga kelembapan

Wajah yang terjaga kelembapannya adalah idaman setiap orang. Untuk mewujudkan hal tersebut, mulailah mengenali permasalahan dan mencari solusi. Kulit yang terjaga kelembapannya termasuk kulit yang sehat. Salah satu bahan yang mampu menjaga kelembapan adalah jeruk nipis. Jeruk nipis pada dasarnya memiliki kandungan yang baik untuk kulit wajah.

Efek Samping Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Jeruk nipis untuk kecantikan juga memiliki efek samping. Efek samping tersebut setiap orang berbeda-beda. Tidak semua merasakan hal yang sama. Sebagaimana kondisi setiap orang yang berbeda, hal tersebut tidak dapat dijadikan patokan. Untuk itu penting untuk menganalisis terlebih dahulu sebelum rutin dalam penggunaannya. Berikut efek samping yang dapat terjadi.

1. Rasa perih

Rasa perih dapat terjadi dikarenakan kulit wajah mempunyai luka. Tentu akan terasa perih jika luka tersebut terkena air jeruk nipis. Untuk itu penting mengetahui kondisi kulit sebelum pemakaian. Sebaiknya hindari pemakaian air jeruk nipis pada masker apabila kondisi wajah terdapat luka. Jeruk nipis untuk kecantikan juga harus memperhatikan kondisi masing-masing individu.

2. Kemerahan

Kemerahan dapat terjadi sebagai reaksi dari alergi pada bahan kandungan tertentu. Jeruk nipis untuk kecantikan meskipun banyak yang menyatakan bagus, namun juga terdapat beberapa orang yang justru alergi pada bahan ini. Penting untuk melakukan observasi terlebih dahulu sebelum pemakaian jangka panjang.

Apabila kemerahan muncul sebagai reaksi dari alergi. Maka sebaiknya menghindari penggunaan semua bentuk produk perawatan yang memiliki komposisi jeruk nipis. Alergi hanya terjadi pada sebagian orang. Untuk itu, bagi yang tidak memiliki alergi, dapat menggunakan jeruk nipis atau produk yang memiliki bahan komposisi jeruk nipis.

3. Gatal-gatal

Gatal-gatal dapat terjadi sebagai reaksi penolakan suatu bahan pada kulit wajah. Gatal pada wajah juga dapat dikatakan sebagai bentuk ketidak cocokan pada bahan tersebut. Jika terjadi rasa gatal setelah pemakaian jeruk nipis, maka sebaiknya segera dihentikan. Hal tersebut untuk menghindari peradangan yang lebih parah lagi dari sebelumnya.

Beberapa orang yang mengalami gatal-gatal bukan berarti menandakan jeruk nipis atau kandungan jeruk nipis pada suatu produk kecantikan tidak bagus. Hal tersebut sebagai reaksi alami wajah pada suatu bahan tertentu. Selain itu gatal-gatal juga dapat dikarenakan penyebab lainnya. Sebaiknya melakukan observasi terlebih dahulu agar hasilnya jelas.

Jeruk nipis juga memiliki efek samping yang dapat terjadi pada masing-masing individu. Apabila ingin mencoba produk perawatan yang berbahan dasar jeruk nipis, maka dapat mencobanya terlebih dahulu pada bagian kulit wajah yang tertutup. Kulit wajah pada dasarnya lebih tipis dibanding kulit bagian lainnya. Untuk itu membutuhkan perawatan khusus.

Khasiat jeruk nipis untuk kecantikan memiliki efek samping positif dan negatif yang berbeda setiap individu. Jeruk nipis selain digunakan diluar dengan cara dijadikan masker, dapat pula dikonsumsi. Perawatan luar dan dalam menjadikan hasil yang maksimal. Untuk itu cobalah untuk rutin meminum air jeruk nipis yang telah dicampur dengan air hangat.

Jeruk nipis untuk kecantikan adalah salah satu bahan alami dari alam yang dapat dicoba sebagai bentuk perawatan wajah. Proses yang dilakukan secara rutin dalam merawat wajah akan memberikan hasil yang memuaskan. Semoga informasi di atas seputar manfaat dan efek samping jeruk nipis dapat bermanfaat untuk semua yang membaca.

Tinggalkan komentar