Apa Itu Definisi Cantik? Simak 6 Penjelasannya Disini!

CantikSehat – Definisi cantik sebenarnya tidak dapat dideskripsikan secara mutlak. Karena setiap orang memiliki cara pandangnya sendiri untuk mendefinisikan cantik. Namun, sejauh ini yang menjadi tolok ukur cantik adalah fisik. Padahal cantik itu sebenarnya relatif lho. Tidak hanya soal fisik semata, tetapi cantik juga bisa hadir karena perilaku.

Nah, bagi kamu yang memiliki wajah kurang cantik secara fisik tak perlu khawatir, banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tetap cantik. Jangan minder dan tetap menjadi diri sendiri, Simak penjelasan berikut ini!

definisi cantik

Definisi Cantik Menurut Orang Indonesia

Sebuah survei yang dilakukan Dr. Dara Ayuningtyas definisi cantik menurut perempuan Indonesia adalah wanita yang memiliki wajah cerah dan bercahaya. Inilah sebabnya perempuan Indonesia berlomba-lomba melakukan perawatan wajah agar cerah dan glowing.

Sedangkan pada tahun sebelumnya, sebesar 40,9 dari peserta survey menyatakan bahwa cantik adalah perempuan bertubuh sehat dan bugar. Setahun kemudian, cara pandang wanita terhadap tolok ukur cantik telah berbeda. Menurut mereka wanita cantik adalah dengan memperindah penampilan secara keseluruhan.

Definisi Cantik Menurut Dian Sastro dan Maudy Ayunda

Pengertian cantik menurut Dian Sastro dan Maudy Ayunda yang dianggap cantik oleh masyarakat Indonesia. Menurut keduanya cantik bukan semata-mata keindahan fisik, melainkan kepercayaan dan kenyamanan terhadap diri sendiri. Namun, percaya diri akan tumbuh ketika keindahan kulit terjaga.

Dikutip dari wolipop.com “Yang terpenting bagiku adalah bagaimana kita dapat merasa percaya diri dan merasa cantik. Lalu ditambahkan dengan rajin merawat kulit menggunakan skincare membuat rasa percaya diri kita bertambah.” Ungkap pelantun lagu perahu kertas tersebut.

Sedangkan menurut Dian setiap wanita dapat membuat definisi cantik sendiri. Ia menuturkan bahwa proses menjadi cantik adalah proses yang dinamis. Dimana orang yang merasa cantik adalah orang yang merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Sehingga cantik bisa memiliki versi yang berbeda-beda. Yang terpenting menurut Dian, cantik adalah bagaimana wanita merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

Definisi Cantik Dari Masa Ke Masa

Fitrahnya manusia selalu ingin tampil cantik di depan orang lain. Berbagai cara diusahakan supaya dianggap cantik pada masanya. Sebagai contoh seorang wanita yang memiliki bibir tebal dianggap cantik. Tetapi belum tentu orang lain akan mengatakan hal yang sama. Karena kita tidak bisa memaksakan selera cantik orang lain. Lalu apa sebenarnya definisi cantik tersebut?

Sebenarnya kecantikan sudah dinilai dan ada sejak zaman nenek moyang. Seseorang mendapatkan predikat cantik dalam hidupnya bisa dinilai dari cara berpakaian dan aksesoris yang dipakai. Dalam artikel di okezone.com pengertian cantik dari masa ke masa adalah sebagai berikut:

Gaya Rambut Bob

Pada masa ini definisi cantik dinilai dari potongan rambut lurus dan memperlihatkan bagian telinga. Selain itu, konsep kecantikan di era Victoria ini diusung dengan cara cukup menyakitkan. Bentuk tubuh menjadi salah satu tolok ukur cantik dan aksesori harus melekat tiap saat. Belum lagi lingkar pinggang yang harus terbentuk.

Gaya Rambut Ikal

Era ini rambut masih saja dijadikan tolok ukur kecantikan seorang wanita. Tidak lagi menggunakan potongan rambut bob, melainkan bergeser ke gaya rambut ikal. Nah, gaya ini mulai digemari masyarakat New York dan Paris pada tahun 1930-an. Gaya ini lebih terlihat feminin bahkan dapat mengalahkan gaya rambut bob yang sebelumnya populer.

Gaya Rambut Pirang

Sosok marilyn Monroe membawa pengaruh yang cukup besar pada gaya rambut di tahun 1940-1950-an. Nah, pada masa tersebut banyak masyarakat yang menginginkan rambut pirang dan memasang wig. Tahun-tahun berikutnya marilyn Monroe masih turut memberikan pengaruh tinggi terhadap definisi cantik.

Alis Lurus Tebal

Pengertian cantik kali ini berbeda dengan sebelumnya, jika ketiga di atas menyebutkan gaya rambut sebagai tolok ukur kecantikan. Sedangkan kali ini dikatakan cantik apabila memiliki alis tebal lurus. Pada tahun ini, Clara Bow sebagai salah satu wanita dengan alis tebal lurus yang mendapatkan sorotan dari para gadis.

Bersih Dari Bulu

Semakin berkembangnya zaman, definisi cantik semakin berbeda. Pada abad ke 20 kecantikan merujuk ke arah fetish. Wanita dikatakan cantik apabila mereka bersih dari bulu-bulu yang ada di tubuh. Seperti bulu tangan, kaki, ketiak bahkan rambut miss V. Semua harus bersih dari bulu untuk mendapatkan predikat cantik.

Make Up Tebal

Make Up tebal mulai menjadi tolok ukur kecantikan seorang wanita pada tahun 1980-1990. Selain make up tebal, juga rambut yang mengembang besar menjadikan mereka digelari kata cantik.

Operasi Plastik

Semakin canggihnya teknologi di bidang medis membuat seseorang dapat dengan mudah mendapatkan wajah cantik yakni operasi plastik. Mereka dapat mengubah bentuk wajah dan anggota tubuh lainnya menjadi proporsional. Saat ini banyak orang yang sedang berlomba-lomba melakukan operasi plastik agar memiliki wajah yang cantik.

Definisi Cantik Menurut Islam

Sedangkan pengertian cantik menurut Islam bukan hanya berpatokan pada kecantikan fisik dan rupa semata. Akan tetapi lebih pada kecantikan perilaku, sifat dan kebaikan hati dan sifat seorang wanita. Oleh sebab itu, tidak perlu takut karena tidak memiliki wajah yang cantik.

Cantik dalam Islam bisa didapat karena keindahan akhlak dan sifat yang mengiringi kehidupan seorang wanita. Kecantikan fisik dan wajah akan hilang seiring usia menua, tetapi tidak dengan akhlak yang akan bertahan sampai kulit keriput dan usia terus menua.

Bagi wanita yang masih single, definisi cantik dijabarkan secara jelas dalam Islam. Disebut cantik apabila dapat menjaga harkat dan martabatnya sebagai muslimah. Selain itu, menjaga kebersihan diri serta merawat apa yang telah dikaruniakan Allah padanya adalah cara agar tampil cantik. Ciri-ciri cantik dalam islam diantaranya:

  • Selalu menjaga kehormatannya
  • Memiliki sikap malu
  • Bijaksana dalam menyelesaikan masalah
  • Memiliki rasa sabar dalam menghadapi rintangan dan musibah

Tanda Wanita Cantik Yang Sesungguhnya

Beberapa definisi di atas cukup dapat disimpulkan bahwa cantik itu relatif. Tergantung setiap individu menilainya. Kendati definisi cantik masih banyak yang mengatakan tentang bentuk wajah, warna kulit dan bentuk tubuh. Tetapi, cantik yang sebenarnya adalah lebih dari sekadar penampilan semata. Nah, berikut ini beberapa tanda bahwa kamu memang wanita cantik.

Percaya Diri dan Nyaman Menjadi Diri Sendiri

Tanda wanita cantik yang sesungguhnya adalah terletak pada rasa percaya diri yang dimilikinya. Dengan berani menunjukkan jati diri tanpa perlu memikirkan pendapat orang lain. Selain itu, nyaman dengan diri sendiri adalah tanda bahwa kamu cantik yang sesungguhnya.

Memiliki Gairah Tersendiri Tetapi Tidak Pernah Menganggap Kamu Sempurna

Setiap bercerita tentang impian, kamu akan terlihat bergairah dan membara sehingga kamu memancarkan aura cantik alami. Di samping itu, meski kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan mendapatkan banyak pujian tidak lantas merasa kamu sempurna.

Demikianlah definisi cantik dari berbagai versi yang dirangkum dari beberapa artikel. Meskipun sesungguhnya cantik itu relatif, tetapi setiap orang akan memiliki cara pandangnya sendiri untuk menilai wanita itu cantik atau tidak. Begitu juga dengan kamu, mendefinisikan cantik sesuai versi kamu.

Tinggalkan komentar