7 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan, Bikin Wajah Mulus!

CantikSehat – Daun kelor untuk kecantikan sudah mulai dikenal banyak orang. Selama ini masyarakat lebih banyak mengenal daun kelor sebagai bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisinya. Kini orang mulai mengenal dan memanfaatkan daun kelor untuk kecantikan.

Daun kelor mengandung vitamin dan mineral yang melimpah, sebut saja vitamin A, C, zat besi, protein, dan kalsium. Selain untuk kesehatan, daun kelor juga dapat dimafaatkan untuk kecantikan. Manfaat ini bisa diperoleh terlebih karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Bila Anda penasaran tentang manfaat daun kelor untuk kecantikan, silahkan simak ulasan berikut ini.

Daun kelor untuk kecantikan

Inilah Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan yang Harus Anda Ketahui

Pengaplikasian daun kelor pada kecantikan mulai dilirik banyak orang. Melimpahnya kandungan asam amino di dalamnya menyebabkan tanaman ini memiliki kemampuan sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dan wajah. Berikut beberapa manfaat daun kelor yang bisa dijelaskan:

1. Memudarkan Flek Hitam di Wajah

Salah satu manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah adalah memudarkan flek hitam pada wajah. Daun kelor mengandung lebih dari 30 zat asam amino yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan mampu membantu produksi kolagen dan protein seratin yang penting bagi kesehatan jaringan kulit di dalam tubuh dan wajah.

Anda bisa membuat sendiri ramuan alami menggunakan daun kelor untuk kecantikan ini. Petiklah beberapa daun kelor, cuci bersih, kemudian jemur hingga kering. Tumbuklah daun kelor kering ini hingga halus dan berbentuk bubuk. Gunakan sebagai bedak, atau Anda juga bisa mencampurnya dengan bedak dengan formulasi yang ringan bila digunakan sehari-hari.

Anda juga bisa menjadikannya sebagai masker wajah. Cara membuat masker daun kelor adalah dengan mengambil bubuk kelor secukupnya dan campurkan dengan air. Bisa juga mencampurkannya dengan air mawar yang banyak beredar di pasaran. Tambahkan madu agar mendapatkan nutrisi lebih dan memberikan tekstur yang lengket sehingga lebih mudah menempel di kulit wajah.

2. Membantu Pengangkatan Sel Kulit Mati

Daun kelor untuk kecantikan dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Anda dapat menggunakan masker yang berasal dari daun kelor kering yang sudah ditumbuk. Campurkan madu atau temulawak pada bubuk daun untuk menambah manfaat masker ini. Setelah mengaplikasikan pada wajah selama 30 menit, cuci dengan air bersih. Lakukan tiga kali seminggu untuk hasil yang terbaik.

3. Mencegah Kerutan dan Penuaan Dini

Gunanya daun kelor untuk kecantikan adalah untuk mencegah kerutan dan penuaan dini. Meski setiap orang pasti akan mengalami kerutan, tetapi beberapa orang mengalami kerutan yang lebih cepat. Hal ini disebabkan adanya radikal bebas yang berasal dari polusi dan sinar UV yang dapat merusak kulit.

Bagi Anda yang ingin mencegah kerutan pada wajah, konsumsi sayur daun kelor secara teratur. Daun kelor sangat lezat bila dimasak sayur bening atau hanya sekadar sebagai lalapan. Anda juga dapat mengonsumsi kapsul daun kelor yang banyak beredar di pasaran. Pastikan kapsul tersebut mengandung bahan alami daun kelor tanpa bahan kimia untuk menghindari efek berbahaya bagi tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan, rutin mengonsumsi kapsul daun kelor untuk kecantikan selama 40 hari menunjukkan gejala melambatnya penuaan dini pada wajah. Hal ini karena adanya kandungan dopamin dan sorortonin pada daun kelor yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini diketahui sangat efektif menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

Adanya antioksidan quercetin, vitamin C, betakaroten, dan asam klorogenat serta seyawa polifenol semakin mengoptimalkan manfaat dan kelor dalam mencegah penuaan dini. Beberapa campuran asam amino penting dan fitonutrien karotenoid berfungsi sebagai zat anti-inflamasi yang efektif untuk masalah kulit.

 4. Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Banyak penelitian yang memberikan bukti manfaat daun kelor untuk kecantikan sebagai pengobatan jerawat yang efektif. Tanaman ini mengandung minyak alami yang mengandung asam linoleat sebesar lebih dari 10 persen. Kandungan tersebut cukup untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel.

Masker daun kelor dapat bertindak sebagai antibakteri karena adanya kandungan vitamin C dan mineral penting lainnya. Antibakteri ini dapat menekan pertumbuhan dan membunuh bakteri, serta menghentikan peradangan. Pada akhirnya daun kelor mampu menghaluskan tekstur kulit wajah dengan memudarkan bekas jerawat.

Cara membuat masker daun kelor untuk jerawat sangat gampang. Anda bisa menggunakan bubuk daun kelor kering yang dicampur dengan air, madu, ataupun putih telur. Anda juga bisa langsung menempelkan daun kelor segar yang telah ditumbuk halus pada wajah. Aplikasikan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu hingga jerawat sembuh dan bekasnya memudar.

 5. Mencegah Komedo Muncul

Komedo dan jerawat muncul karena adanya produksi minyak berlebih pada wajah. Vitamin A, C, mineral, dan asam amino yang terkandung di dalam daun kelor untuk kecantikan mampu menghambat produksi minyak berlebih. Inilah yang menyebabkan daun kelor sangat efektif untuk mencegah munculnya komedo pada wajah.

 6. Mengurangi Mata Panda

Siapa sangka kalau daun kelor juga bisa menyamarkan mata panda? Manfaat daun kelor untuk kecantikan mampu menyamarkan mata panda dan mengurangi kantung mata karena adanya kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A di dalam daun kelor mengandung antioksidan retinol yang sangat efektif bekerja terutama bila dipadukan dengn vitamin K.

 7. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Daun kelor mengandung vitamin A dan vitamin C yang telah terbukti baik untuk merawat wajah. Kedua jenis vitamin ini membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang ada di wajah sehingga mengurangi penyumbatan pada pori-pori. Berkurangnya sumbatan ini akan membuat pori-pori kulit wajah mengecil.

8. Membantu Proses Peremajaan Kulit

Daun kelor untuk kecantikan mampu membantu proses peremajaan kulit. Antioksidan kuat yang terkandung di dalamnya merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen, yaitu suatu zat yang berperan untuk meningkatkan elastisitas kulit. Menggunakan masker dan mengonsumsi kapsul daun kelor secara teratur dapat memelihara kulit sehingga tampak sehat, muda, kenyal, dan kencang.

9. Mengatasi Gatal pada Kulit

Gatal-gatal pada kulit apabila digaruk dapat menyebabkan luka berbekas pada kulit dan bekas lukanya tentu dapat mengurangi penampilan. Anda dapat menggunakan masker daun kelor untuk mengurangi rasa gatal dan memudarkan bekas lukanya. Manfaat daun kelor untuk kulit gatal disebabkan karena adanya kandungan zat antiseptik dan antibakteri yang efektif membunuh bakteri penyebab gatal.

10. Membersihkan Darah Kotor

Darah yang kotor dapat menyebabkan aneka permasalahan kulit seperti bisul dan gatal-gatal. Senyawa antioksidan dan zat besi yang terkandung di dalam daun kelor dapat membantu meregenerasi sel darah kotor menjadi sel darah baru yang sehat. Rajinlah mengonsumsi sayur daun kelor maupun kapsul yang berisi ekstrak daun kelor untuk mendapatkan manfaatnya.

Demikianlah beberapa manfaat daun kelor untuk kecantikan. Selain itu daun kelor juga bermanfat bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan mengonsumsi daun kelor secara rutin dapat menjaga berat badan dan memelihara kesehatan mata. Daun kelor juga bagus untuk mencegah penyakit ginjal, mengobati rematik, dan asam urat. Daun ini juga dipercaya sebagai obat penyakit jantung dan antikanker.

Tinggalkan komentar