Ketahui Cara Untuk Cantik Alami Dengan Tanaman Herbal!

Cantik Sehat – Cara untuk cantik alami ini lebih dikenal dengan istilah back to nature. Menggunakan sumber kekayaan alam sebagai bahan pengobatan dan kecantikan. Kekayaan alam amatlah banyak sehingga sayang apabila manfaatnya terlewatkan. Melalui tumbuhan herbal yang tumbuh disekitar kita sudah seharusnya digunakan sebagai alternatif untuk merawat diri.

Cara untuk cantik alami sudah banyak dilakukan oleh kaum perempuan sejak dahulu. Bahkan, perempuan dulu terlihat sangat cantik tanpa polesan make up. Rahasia di balik cantik alami tersebut adalah memanfaatkan tanaman herbal untuk kecantikan dan kesehatan. Tidak hanya luar saja, namun juga perlu sehat supaya aura cantik terpancar.

cara untuk cantik alami

Cara Untuk Cantik Alami dengan Tumbuhan Rimpang

Tumbuhan rimpang sebagai tanaman herbal, sudah tidak rahasia lagi dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Manfaat yang dikandungnya menjadikan tumbuhan ini terus eksis meskipun zaman terus berubah.

Kelompok dari tanaman rimpang misalnya adalah jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, kencur, temu kunci dan tumbuhan yang memiliki akar tinggal. Cara untuk cantik alami tanpa bedak dengan tumbuhan ini diantaranya:

Kunyit

Cara untuk cantik alami yang pertama adalah menggunakan kunyit. Tanaman kunyit memiliki banyak khasiat yang tidak diragukan lagi. Mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Untuk kecantikan kamu dapat menggunakannya sebagai masker wajah dan jamu.

1. Kunyit Sebagai Masker

Cara untuk menjadi cantik alami menggunakan masker kunyit tidaklah sulit. Campurkan setengah sendok bubuk kunyit dan madu hingga merata. Lalu oleskan pada seluruh bagian wajah, kecuali mata. Diamkan selama 10 menit sampai kering. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

2. Kunyit Sebagai Jamu

Selain dari luar, untuk mendapatkan wajah yang cantik alami kamu juga harus melakukannya dari dalam. Begitu juga dengan tanaman rimpang satu ini. kamu dapat menjadikannya sebagai jamu sebelum tidur.

Caranya bisa dicampur dengan asam atau lebih sering disebut kunyit asam. Minuman ini berguna untuk mencerahkan kulit, mencegah munculnya jerawat dan mengurangi kerut di wajah. Sudah enak, bisa bikin cantik lagi. Menyenangkan sekali bukan?

3. Temulawak

Cara untuk cantik alami berikutnya dengan temulawak. Temulawak adalah tanaman yang dapat digunakan sebagai obat diuretik serta dapat menjaga kesehatan liver. Namun, siapa sangka tumbuhan ini juga berkhasiat untuk kecantikan.

Perlu diakui temulawak memang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Dengan adanya fakta tersebut terdapat dua cara cantik alami dan awet muda dengan menggunakan temulawak. Langkah yang pertama, temu lawak bisa kamu gunakan untuk masker wajah. Berikut caranya:

  • Campurkan 1sdt temulawak dengan 2sdm tepung beras, kemudian tambahkan madu secukupnya.
  • Bersihkan wajah sebelum menggunakan masker temulawak
  • Oleskan masker temulawak tersebut ke seluruh bagian wajah
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas menggunakan air hingga bersih.

Selain untuk masker temulawak dapat kamu konsumsi dalam bentuk jamu. Jamu ini berkhasiat membantu merawat kulit wajah dari dalam. Jamu temulawak juga sudah terbiasa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan dan mengatasi perut kembung. Cara untuk cantik alami dengan jamu temulawak bisa dikonsumsi setidaknya seminggu satu kali.

Jahe

Jahe memiliki antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, tahukan kamu jika jahe juga dipercaya dapat memutihkan dan mencerahkan wajah bahkan dapat mengatasi jerawat. Cara untuk cantik alami jahe bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu diantaranya:

1. Jahe Langsung

Cara untuk cantik alami dengan jahe yaitu dibuat masker. Caranya ditumbuk atau memarut secara langsung kemudian dicampurkan dengan tepung beras. Aplikasikan ke wajah secara merata. Kemudian tunggu hingga 15 sampai 20 menit. Lalu, bilas dengan air hingga bersih.

2. Jahe Bubuk

Untuk menggunakan jahe sebagai bahan masker bisa menggunakan bubuk jahe. Cara ini lebih praktis daripada harus menumbuk atau memarut jahe secara langsung. Namun, sebelum mengaplikasikannya ke wajah, perlu kamu ketahui bahwa bubuk jahe tersebut murni. Tidak dicampur dengan bahan lain.

3. Air Jahe

Air rebusan jahe dapat juga dimanfaatkan untuk kecantikan. Dengan mengoleskan langsung air rebusan jahe ke bagian bawah mata, sehingga kantung mata tersamarkan. Selain itu, cara cantik alami setiap hari bisa didapat dengan rutin meminum air rebusan jahe.

Kencur

memiliki wajah berminyak dan berjerawat sangat mengganggu penampilan. Kamu dapat menggunakan alternatif kencur untuk mengatasinya. Cara untuk cantik alami dengan kencur bisa diaplikasikan dengan berbagai cara. Dapat dengan mengaplikasikan ke wajah atau meminumnya sebagai jamu.

1. Kencur Sebagai Masker

Untuk mengurangi penuaan dini, kamu dapat mengambil manfaat dari kencur. sebagai tumbuhan anti-aging kencur dapat dijadikan masker wajah. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan bahan utama kencur dan beras. Untuk detailnya perhatikan langkah berikut ini:

  • Ambil kencur secukupnya kemudian diparut hingga halus
  • Tumbuk beras hingga halus kemudian campurkan dengan parutan kencur
  • Beri air sedikit hingga membentuk pasta
  • Oleskan secara merata ke seluruh wajah
  • Diamkan beberapa menit hingga kering
  • Bilas dengan air hingga bersih
  • Kencur Sebagai Jamu

2. Jamu Kencur

Cara untuk cantik alami pada masa pubertas dapat dengan mengkonsumsi jamu beras kencur. Hal ini dapat mencegah dan mengatasi jerawat yang muncul di wajah. Selain itu, jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk melangsingkan tubuh sekaligus dapat meningkatkan nafsu makan.

Lengkuas

Cara untuk cantik secara islami adalah dengan berwudhu. Namun, apa salahnya jika kamu juga menambahkan lengkuas untuk menghasilkan wajah yang lebih cerah alami. Pasalnya tumbuhan ini dipercaya dapat membuat wajah cantik da awet muda.

Tidak hanya untuk kecantikan, tetapi lengkuas juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.  Lengkuas dapat mengatasi masalah saluran pernapasan. Baca juga Ikuti 10 Tips Awet Muda dan Cantik .

Tentu saja, untuk mengaplikasikannya ke wajah lengkuas harus digiling terlebih dahulu. Setelah lengkuas halus tambahkan air dan aduk secara merata. Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah. Flek hitam dan jerawat akan kabur apabila kamu rutin menggunakannya.

Temu Kunci

Cara untuk cantik alami selanjutnya menggunakan temu kunci. Sayangnya khasiat ini masih jarang diketahui. Temu kunci juga dapat membantu melindungi kesehatan usus dan lambung.

Sedangkan senyawa bioaktif pada temu kunci bagus untuk kulit dan kecantikan. Meskipun, pada umumnya temu kunci hanya digunakan sebagai bumbu masakan.

Temu kunci dapat diaplikasikan ke wajah sebagai masker. Cara membuat masker temu kunci untuk mengatasi jerawat adalah haluskan 3 jari temu kunci, temu giring, kayu rapet dan klembak. Jangan lupa tambahkan 3 sendok teh adas dan 1 sendok makan pulosari. Kemudian simpan bahan tersebut di tempat yang kering dan aman.

apabila ingin menggunakannya ambil satu sendok bubuk masker campur dengan air secukupnya. Lalu balurkan ke wajah hingga rata. Diamkan selama 15 menit hingga masker mengering. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang optimal gunakan seminggu 2 kali.

Demikianlah cara untuk cantik alami dengan memanfaatkan tanaman herbal yang berjenis rimpang. Tanaman ini dapat tumbuh di sekitar rumah atau sengaja di budidayakan. Untuk itu, sudah saatnya kamu kembali menggunakan kekayaan alam untuk kesehatan dan kecantikan.

Originally posted 2020-10-10 11:31:15.

Tinggalkan komentar