Ini 13 Cara Merawat Wajah Biar Cantik Dan Menawan, Simak!

Cantik Sehat – Wajah yang kusam tentu membuat penampilan tidak menarik, berikut cara merawat wajah biar cantik yang bisa Anda coba.  Pada prinsipnya perawatan wajah harus dilakukan sesuai dengan jenis kulit juga permasalahannya.

Karenanya sebelum menggunakan skincare routine yang lebih kompleks Anda harus memahami langkah-langkah dasar cara merawat kulit yang benar terlebih dahulu. Oleh karena itu yuk, simak 13 cara merawat wajah biar cantik dan awet muda berikut ini.

cara merawat wajah biar cantik
wajah cantik dan awet mudah

Inilah Cara Merawat Wajah Biar Cantik Dan Awet Muda

Pada dasarnya setiap orang memiliki definisi tersendiri tentang konsep kulit cantik. Namun secara umum kulit cantik memiiki karakteristik tekstur yang lembut dan lembap, atau tidak kering. Berikut ini ada 13 cara merawat wajah biar cantik yang perlu dipahami agar kulit wajah Anda selalu kencang dan awet muda.

1.Mencuci Wajah Dengan Benar

Penerapan perawatan kulit wajah yang tepat akan menjaga kulit tetap bersih, sehat, dan cantik. Masalah kulit seperti kusam, jerawat, kerutan, dan bintik-bintik hitam diwajah tentunya akan menjauh. Salah satu cara merawat wajah biar cantik adalah dengan mencuci muka dengan benar.

Wajah yang lebih kusam dan berminyak bisa jadi disebabkan karena mencuci muka dengan cara yang salah. Agar saat mencuci muka Anda dapat membersihkan wajah secara optimal, maka pastikan tangan Anda bersih dengan mencucinya terlebih dahulu.

Bersihkan sisa make up menggunakan micellar water atau cleansing oil. Baru kemudian gunakan facial wash yang lembut. Produk sabun cuci muka yang tidak membuat kulit terasa kering dan ditarik. Baca juga rahasia perawatan wajah cantik di rumah.

Setelah itu, keringkan dengan cara menepuk wajah secara lembut menggunakan handuk atau kain bersih hingga sisa air mengering. Cuci muka Anda setidaknya dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

2.Gunakan Serum

Salah satu cara merawat wajah biar cantik dan putih adalah dengan meggunakan serum. Serum wajah bisa langsung menargetkan masalah yang lebih spesipik.

Misalnya jika kalian ingin melawan hiperpigmentyasi dan bekas jerawat bisa gunakan serum vitamin C. sedangkan untuk membuat wajah awet muda kalian bisa gunakan retinol atau retinoid.

3. Gunakan Pelembab

Setrelah menggunakan serum, lanjutkan dengan menggunakan pelembab. Semua jenis kulit harus menggunakan pelembab, termasuk kulit berminyak. Pilih pelembab wajah yang non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.

4. Menggunakan Essence

Essence berfungsi untuk membantu produk skin care berikutnya agar dapat meresap dengan lebih baik. Sehingga seluruh rangkaian produk skin care dapat bekerja dengan lebih efisien. Essence juga bermanfaat untuk menenangkan iritasi, melembabkan kulit sekaligus mencegah penuaan

5.Menjaga Kulit Wajah Dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Jangan lupa untuk meggunakan sun screen merupakan salah satu cara merawat wajah biar cantik berikutnya. 30 menit sebelum keluar rumah, selalu gunakan sun screen minimal SPF 30.

Paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan wajah cepat keriput dan muncul flek hitam di kulit. Selain itu, ada banyak masalah penuaan dini terjadi karena sinar matahari ini.

6. Melakukan Exfoliasi Kulit Secara Rutin

Expfliasi rutin merupakan salah satu cara merawat wajah biar cantik dan menarik. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah dapat menyebabkan wajah terlihat kusam.

Sel kulit mati ini tidak dapat hilang hanya dengan cuci muka sehingga exfoliasi sangat dibutuhkan. Salah satu metode sederhana untuk exfoilasi adalah dengan menggunakan scrub wajah secara rutin.

Namun, seperti penggunaan skin care lainnya penggunaan scrub wajah juga harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Cukup gunakan scrub 1-3 kali seminggu. Karena wajah juga membutuhkan waktu untuk beregenerasi.

7. Menghindari Kebiasaan Merokok

Kebiasan merokok dapat megakibatkan pembuluh darah di lapisan terluar kulit menyempit. Hal ini beresiko merusak aliran darah ke kulit Anda. Sehingga menyebabkan kulit cenderung kering, kusam, pucat, bahkan bernoda.

Karenanya tidak merokok menjadi salah satu cara merawat wajah biar cantik dan sehat. Kebiasaan tidak sehat seperti merokok juga dapat merusak struktur kulit. Misalnya kerusakan kolagen dan elastin yang berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kekuatan kulit.

Sehingga kulit menjadi lebih cepat kendur dan keriput sebelum waktunya. Selain itu merokok juga ternyata dapat menyerap unsur penting dalam tubuh seperti vitamin C dan membuat kulit menjadi lebih kusam.

8.Kendalikan Stress Dengan Benar

Stress yang tidak terkendali dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif hingga muncul jerawat dan masalah kulit lainnya. Hal ini terjadi karena stress meningkatkan produksi hormon kortisol yang bisa membuat kulit menjadi lebih berminyak. Untuk mengatasinya, lakukan upaya manajemen stress seperti yoga, latihan pernafasan, dan meditasi.

9. Hindari Menyentuh Area Wajah Dengan Tangan

Menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih bisa membuat kuman di tangan berpindah ke wajah. Akibatnya masalah kulit bisa menjadi lebih parah. Untuk mencegah kuman dan bakteri berpindah, selalu cuci tangan sebelum memegang wajah.

10. Jangan Pencet Jerawat

Jika wajah Anda berjerawat, jangan sekali-kali memencet untuk mengeluarkan isinya. Memencet jerawat dapat menyebabkan kotoran dan kuman dari tangan masuk lebih jauh ke dalam kulit kemudia menyebabkan infeksi.

Jerawat yang dipencet juga bisa meradang dan menjadi bengkak kemerahan bahkan meninggalkan luka bopeng di wajah. Karenanya jika wajah Anda berjerawat gunakanlah obat jerawat atau tea tree oil .

11. Menggunakan Masker Dari Bahan-Bahan Alami

Salah satu cara merawat wajah biar cantik lainya adalah dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Misalnya dengan putih telur.

Putih telur yang mengandung protein sangat bermanfaat untuk membantu regenerasi kulit agar sel kulit mati segera tergantikan dengan yang baru. Sebagian kalangan percaya menggunakan putih telur juga dapat memutihkan secara alami

12. Menggunakan Produk Make Up Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit Wajah

cara merawat wajah biar cantik selanjutnya adalah dengan memastikan produk make up yang digunakan sudah sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Hindari memilih produk sembarangan dan segera hentikan pemakaian jika terjadi perubahan secara drastis pada wajah Anda setelah menggunakan produk tersebut.

Misalnya menjadi putih hanya dalam beberapa hari, tumbuhnya jerawat di tempat yang tidak biasanya seperti dagu dan leher. Selain itu, bisa juga  dengan munculnya bruntusan parah yang gatal dan berair.

13. Rajin Mengkonsumsi Vitamin, Suplemen Kecantikan Dan Kesehatan Kulit Serta Memperbanyak Minum Air Putih

Cara merawat wajah biar cantik berikutnya adalah dengan mengkonsumsi vitamin dan memperbanyak minum air putih. Setidaknya minumlah dua liter air putih tiap hari untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Untuk vitamin Anda dapat mengkonsumsi vitamin E atau vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Jika tidak suka bentuk tablet, bisa mengkosumsi bentuk cair dengan rasa-rasa yang enak dan menyegarkan.

Hasil dari penggunaan skin care tentu tidak akan muncul secara instan, namun membutuhkan jangka waktu mingguan dan bulanan. Meski demikian jika Anda terus menggunakannya dengan konsisten hasil yang didapatkan juga akan maksimal.

Itu dia berbagai cara merawat wajah biar cantik yang dapat Anda terapkan sendiri di rumah. Selain itu, sebaiknya Anda juga jangan meninggakan skincare routine. Semoga bermanfaat.

Originally posted 2020-10-09 06:06:27.

Tinggalkan komentar