Ketahui 5 Bahan Lokal Sebagai Cara Merawat Wajah Agar Mulus Optimal!

Cantik Sehat – Cara merawat wajah agar mulus selalu menjadi incaran para wanita, baik dengan cara alami maupun perawatan. Wajar, karena kulit wajah yang kasar dengan pori-pori besar seringkali mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri. Oleh karena itu, butuh penanganan yang cepat dan tepat agar prosesnya dapat berlangsung maksimal.

Hal pertama yang harus dipahami dan disadari, yaitu wajah mulus bukan berarti tanpa pori. Bagaimana pun pori-pori berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui kelenjar keringat. Jika pori ditiadakan justru sangat berbahaya, tidak hanya untuk kecantikan tetapi juga kesehatan.

cara merawat wajah agar mulus
merawat wajah dengan bahan lokal

Inilah Cara Tepat Merawat Wajah Agar Mulus dan Bersih

Ada banyak faktor yang memengaruhi kondisi kulit wajah seseorang, seperti polusi, debu, bekas jerawat, komedo, dan lain-lain. Langkah pertama dari cara merawat wajah agar mulus adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Dengan demikian, penanganan dan perawatan yang dilakukan dapat tepat sasaran. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kulit menjadi mulus:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam dunia kecantikan, terutama sebagai cara merawat wajah agar mulus. Bukan tanpa sebab, di dalam lidah buaya banyak terkandung zat aloesin. Zat ini mampu menghambat pembentukan melanin yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan gelap.

Oleh karena itu, banyak produk kecantikan yang menyematkan kandungan aloe vera di dalamnya, terutama produk pencerah atau pelembab wajah. Untuk menggunakan gel lidah buaya sebagai cara merawat wajah agar mulus alami, berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Potong tanaman lidah buaya secukupnya. Pilih daun yang berada di bagian terluar, karena kandungan gel-nya jauh lebih banyak. Berhati-hatilah, jangan sampai merusak kualitas tanaman. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10 menit agar zat resin tidak tercampur ke dalam gel. Caranya, cukup berdirikan lidah buaya pada mangkuk.
  • Kupas salah satu sisi helai daun lidah buaya secara perlahan agar tidak merusak gel. Gunakan pisau atau sendok untuk mengeluarkan gel yang berada di tengahnya, lalu masukkan ke dalam wadah yang bersih. Ingat, jangan sampai zat yang berwarna kekuningan ikut masuk ke dalam wadah, karena dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit.
  • Oleskan lidah buaya pada area wajah dan leher secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih dingin (suhu normal). Untuk mengoptimalkan cara merawat wajah agar mulus, gel tersebut dapat dicampur dengan isi suplemen vitamin E secukupnya.

2. Mentimun

Siapa sangka, buah merakyat yang satu ini dapat dimanfaatkan sebagai cara merawat wajah agar mulus. Selain kaya akan air, mentimun juga mengandung berbagai macam mineral, seperti magnesium, silika, dan mangan. Sementara kandungan vitaminnya berupa vitamin A, vitamin B, serta vitamin C.

Oleh karena itu, kini banyak produk kecantikan yang menggunakan mentimun sebagai bahan dasar. Tak hanya untuk mata, mentimun juga ampuh untuk mengobati kulit terbakar, melembapkan kulit, anti penuaan, hingga iritasi.

Buah ini juga dapat digunakan begitu saja untuk praktik cara merawat kulit wajah agar mulus di rumah. Adapun langkah-langkah yang bisa ditembuh adalah sebagai berikut:

  • Ambil mentimun yang masih segar, lalu cuci bersih.
  • Potong seperempat bagian, haluskan menggunakan blender sampai bertekstur sedikit chunky.
  • Oleskan secara merata ke area wajah dan leher.
  • Diamkan selama beberapa saat atau 15 menit, kemudian bilas wajah menggunakan air hangat.

Selain menggunakan masker murni, mentimun juga dapat dicampur menggunakan bahan-bahan alami yang lainnya. Contoh, madu, lidah buaya, yogurt, air mawar, oatmeal, dan lain-lain. Dengan begitu, cara merawat wajah agar mulus ini dapat memberikan hasil yang lebih optimal.

3. Pisang

Selain memakannya sebagai pencuci mulut, buah pisang juga sering diterapkan dalam rangkaian cara merawat wajah agar mulus. Pisang kaya akan vitamin A, B6, C, dan kalium yang dipercaya memiliki segudang manfaat, baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Selain mengurangi kerutan, pisang juga dapat membuat kulit bercahaya, menjaga kulit dari paparan sinar matahari, sekaligus melembapkan. Apalagi bagi orang dengan kulit wajah yang kasar, masker pisang dapat dijadikan jalan keluar.

Sebab, kandungan di dalam pisang dipercaya ampuh untuk mengatasi peradangan serta menghilangkan bekas luka akibat jerawat. Berikut adalah cara merawat wajah agar mulus menggunakan masker pisang:

  • Bersihkan wajah dan leher menggunakan pembersih terlebih dahulu.
  • Ambil pisang secukupnya, lalu lumatkan (boleh menggunakan blender atau manual).
  • Oleskan masker pada wajah secara merata, diamkan selama kurang lebih 10-15menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat dan keringkan.

Ada pun jenis pisang yang bagus untuk dibuat masker wajah adalah pisang ambon yang belum terlalu matang. Sementara untuk mengoptimalkan cara merawat wajah agar mulus, masker pisang dapat diberi tambahan bahan alami lainnya.

Misalnya madu untuk kulit kering dan berjerawat, yogurt untuk melembapkan kulit. Lalu ada bubuk kunyit untuk bintik hitam dan jerawat, serta beragam manfaat lainnya. Baca juga cara make up natural yang cantik menawan.

4. Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah dewa yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tak hanya itu, buah berwarna hijau ini ternyata juga memiliki tempat tersendiri dalam dunia kecantikan, terutama bagi pecinta masker alami. Konon, alpukat juga dapat digunakan sebagai salah satu cara merawat wajah agar mulus dan sehat.

Kepopuleran alpukat ternyata bukan tanpa alasan, tetapi sederet nutrisi dan zat esensial memang terkandung di dalamnya. Selain melembapkan, alpukat juga dapat mencegah penuaan dini, menyembuhkan jerawat, serta menghaluskan wajah. Tertarik untuk mencobanya? Berikut adalah step by step untuk membuat masker alpukat:

  • Pilih alpukat yang matang sempurna, kupas lalu haluskan sampai bertekstur seperti pasta (boleh menggunakan blender ataupun ditumbuk).
  • Campurkan 1 sdm madu ke dalam masker, aduk rata.
  • Oleskan ke seluruh bagian wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas menggunakan air dingin (suhu normal)

Selain madu, masker alpukat juga dapat dicampur dengan berbagai bahan alami lainnya. Misal, yogurt, tomat, putih telur, lemon, pisang, oatmeal, spiriluna, VCO, dan lain sebagainya. Bahan campuran ini dipercaya dapat mengoptimalkan hasil yang diberikan, karena masing-masing bahan memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda.

5. Pepaya

Cara merawat wajah agar mulus yang terakhir adalah menggunakan masker pepaya. Di dalam pepaya terdapat enzim papanin yang berfungsi untuk membantu proses meregenerasi sel.

Sementara vitamin A, C, dan E akan bermanfaat untuk melembapkan, menutrisi, dan menghaluskan kulit. Oleh karena itu, pepaya dapat digunakan sebagai tabir surya atau sunscreen alami. Untuk menggunakannya, pepaya dapat dibuat menjadi masker wajah.

Agar hasilnya lebih maksimal, tambahkan 2sdm minyak zaitun ke dalam buah pepaya yang sudah dilumatkan. Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan polifenol yang dapat melindungi sel kulit dari ancaman radikan bebas. Oleskan masker secara merata, diamkan selama 30 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat.

Demikian 5 buah di sekitar yang dapat digunakan sebagai cara merawat wajah agar mulus dan bersih alami. Agar perawatan yang dijalani dapat memberikan hasil sesuai harapan, jangan lupa mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Semahal apapun perawatan, tidak akan memberikan hasil jika gaya hidup masih sembarangan.

Originally posted 2020-10-10 12:47:00.

Tinggalkan komentar