7 Cara Merawat Wajah Agar Mulus dan Cerah, Ikuti Yuk!

Cantik Sehat – Cara Merawat wajah agar mulus dan cerah perlu ketelatenan. Ada kalanya seseorang menginginkan kulit wajahnya cerah secara instan. Tak jarang memilih jalan pintas dengan menggunakan produk berbahan kimia. Beberapa produk jenis itu memang diklaim memberikan hasil cepat. Namun, produk tersebut justru berbahaya bagi kesehatan kulit. Efek samping yang ditimbulkan bahkan sangat mengerikan.

Bahan kimia yang ditambahkan pada produk perawatan wajah, dapat mengakibatkan iritasi, sehingga kulit menjadi kemerahan. Selain itu, masih terdapat efek lain yang lebih parah, jika kulit sensitif terhadap bahan tersebut. Bisa jadi reaksi yang muncul adalah kulit wajah menjadi bengkak, nyeri, bahkan hingga mengelupas. Untuk itu, patut waspada dan memastikan produk yang dipakai bebas dari bahan berikut ini!

cara merawat wajah agar mulus dan cerah

Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Merawat Wajah

Ada beberapa hal yang harus dihindari saat merawat wajah, diantaranya adalah:

1. Merkuri

Keberadaan zat ini pada kosmetik sangatlah berbahaya. Biasanya, produk pemutih wajah menggunakan bahan ini agar memberikan efek mencerahkan lebih cepat. Padahal sebenarnya zat ini memicu gangguan pada organ tubuh penggunanya. Misalnya gangguan pada ginjal, hati, otak, dan paru-paru. Bahkan, penggunaan pada waktu lama juga dapat menyebabkan kanker kulit.

Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung zat ini agar aman bagi kulit. Ada baiknya jeli memperhatikan label pada kemasan produk pemutih yang akan digunakan. Lebih baik lagi cara merawat wajah agar mulus dan cerah dilakukan dengan produk alami. Memang pada produk alami hasilnya terkesan memerlukan waktu lebih lama. Namun, justru perlu waspada jika ada produk yang memutihkan wajah secara cepat.

2. Hidrokuinon

Salah satu zat yang sering didapatkan pada produk pemutih wajah adalah hidrokuinon. Pada prinsipnya, cara kerja hidrokuinon adalah menghambat pembentukan melanin. Seperti yang kita ketahui, melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit. Jadi, hidrokuinon berperan menghancurkan sel melanosit dengan tujuan membuat wajah tampak lebih putih. Baca juga 10 Cara Agar Wajah Bercahaya Tanpa Perlu Biaya Mahal!

Namun, penggunaan hidrokuinon pada produk pemutih sudah dilarang, karena terbukti mendatangkan banyak dampak buruk bagi kulit. Efek yang didapat dari penggunaan zat ini adalah iritasi pada kulit dan munculnya rasa terbakar. Selain itu, zat ini justru dapat menimbulkan gangguan ginjal, dan fungsi hati. Melihat besarnya risiko penggunaan zat ini, sebaiknya terapkan cara merawat wajah agar awet muda dan segar secara alami saja.

3. Paraben

Pada beberapa produk kosmetik berupa lotion, krim, dan fondation, sering ditemui kandungan paraben. Namun, penggunaannya harus berada di bawah pengawasan ahli. Sebab, zat ini dapat mengakibatkan gangguan hormon, yang mengakibatkan kanker. Beberap jenis kanker yang diakibatkan adalah kanker kulit dan kanker payudara. Untuk Itu hindari cara merawat wajah agar mulus dan cerah menggunakan bahan ini

Cara Merawat Wajah Agar Mulus dan Cerah Menggunakan Bahan Alami

Sebenarnya, cara merawat wajah agar mulus dan bersih dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Walaupun perlu ketelatenan, tetapi hasilnya justru lebih bagus dan tanpa efek samping yang merugikan kesehatan. Pada prinsipnya, perawatan secara alami lebih menonjolkan pemberian nutrisi pada wajah. Berikut ini lima bahan alami yang bisa mencerahkan kulit.

1.Lidah Buaya

Cara merawat wajah agar mulus dan cerah  bisa dilakukan dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman ini dikenal dengan efek melembapkan. Namun, sebenarnya selain melembapkan, lidah buaya juga dapat menghambat terbentuknya melanin pada kulit. Jadi, menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah secara rutin juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Cara pemakaiannya cukup mudah. Bagian yang digunakan adalah gel yang ada pada daging daunnya. Pertama, kupas lapisan luar daun, kemudian ambil gel yang ada di dalamnya. Oleskan gel tersebut pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih yang bersuhu normal. Sebaiknya gunakan lidah buaya sebagai masker secara rutin seminggu dua kali.

2. Bengkoang

Perawatan wajah agar mulus dan bersih juga dapat dilakukan dengan menggunakan bengkoang. Kandungan Vitamin B dan Vitamin C pada jenis umbi ini mendorong kulit lebih cepat mengalami regenerasi. Hal inilah yang membuat kulit menjadi lebih bersih, mulus dan tampak cerah. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Cukup dengan memarut dan memeras airnya saja.

Air yang didapat dari bengkoang ini sebaiknya diendapkan terlebih dahulu. Jika sudah terjadi endapan, buang airnya dan gunakan endapannya untuk dioleskan padah wajah. Sebelum dibilas, biarkan dulu selama 15 menit. Parutan bengkuang juga dapat digunakan menjadi scrub sebagai cara merawat wajah agar mulus dan cerah. Tips diet ampuh, baca disini.

3. Tomat

Tidak hanya bermanfaat sebagai sayur saja, tomat juga dapat bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih cerah. Tomat memiliki kandungan lycopene yang berfungsi menangkal radikal bebas. Cara merawat wajah agar mulus dan cerah dilakukan dengan menumbuk buah tomat, dan mengoleskannya pada kulit wajah. Boleh juga mengoleskannya ke seluruh tubuh. Perawatan ini dilakukan 30 menit sebelum mandi.

4. Air Beras

Zaman dahulu, nenek moyang kita menggunakan air beras sebagai cara merawat wajah agar tidak kusam. Air cucian beras sebaiknya tidak dibuang, melainkan diendapkan. Hasil endapan inilah yang bisa digunakan sebagai masker wajah. Kandungan ferullic acid dan allantonin pada air beras terbukti dapat membuat kulit tampak lebih cerah, halus, dan tidak kusam.

5. Madu

Madu juga dapat digunakan sebagai cara merawat wajah agar mulus dan cerah secara alami. Sebagaimana kita ketahui, madu adalah pelembap yang sangat baik bagi kulit. Selain itu, madu juga memiliki manfaat mencerahkan dan mengatasi kulit kusam. Caranya adalah dengan mengoleskan madu secara merata pada wajah, kemudian mendiamkannya selama 20-30 menit sebelum dibilas.

Cara Merawat Wajah Agar Mulus dan Cerah Melalui Kebiasaan Baik

Banyak orang fokus merawat wajahnya dari luar saja. Padahal, cara merawat wajah yang benar juga harus dilakukan dari dalam. Langkah-langkahnya adalah dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik bagi kesehatan kulit. Sebab, banyak kebiasaan buruk yang tanpa disadari dapat mengakibatkan gangguan pada kulit.

Beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan kulit tampak lelah dan kusam terkadang dilakukan tanpa sadar. Di antaranya adalah kebiasaan begadang, merokok, dan mandi menggunakan air hangat. Tanpa disadari, begadang dapat membuat kulit menjadi lebih kusam. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak cukup istirahat saat terjadinya regenerasi kulit, sehingga proses ini menjadi terganggu.

cara merawat wajah agar mulus dan cerah juga bisa dilakukan dengan menghindari rokok. Racun yang terkandung di dalamnya dapat merusak sel kulit. Hal yang tidak diduga adalah kebiasaan mandi air hangat yang ternyata dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan kusam. Hal ini disebabkan oleh terkikisnya lapisan lipid kulit saat mandi air hangat.

Jadi, cara merawat wajah agar mulus dan cerah juga bisa dilakukan dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik. Di antaranya adalah memperbanyak konsumsi air putih agar kulit menjadi lembap dan elastis. Selain itu, sebaiknya rutin berolahraga agar metabolisme dan proses regenerasi kulit menjadi lancar. Istirahat pun harus cukup, yaitu tidur selama tujuh hingga delapan jam sehari.

Itulah tadi cara merawat wajah agar mulus dan cerah dengan menghindari penggunaan bahan berbahaya dan lebih memilih bahan alami. Ditambah dengan menerapkan kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit. Intinya adalah kembali pada bahan alami dan jeli dalam memilih produk perawatan kulit.

Tinggalkan komentar