Wanita Wajib Tahu! 5 Cara Merawat Wajah Agar Cantik Tanpa Polesan

Cantik Sehat – Cara merawat wajah agar cantik merupakan hal penting yang harus dimengerti dan dipahami. Sebab, kecantikan selalu menjadi hal utama yang diperhatikan kaum hawa. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang rela merogoh kocek sangat dalam atau melakukan perawatan di luar negeri.

Namun, bukan berarti cara merawat wajah agar cantik harus selalu ke klinik kecantikan yang super mahal. Memang hasil yang diberikan akan sesuai, tetapi bagaimana jika tidak memiliki cukup biaya untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan?

cara merawat wajah agar cantik
perawatan wajah cantik tanpa polesan

Inilah Rangkaian Cara Merawat Wajah Agar Cantik

Perlu digarisbawahi, hal penting dalam melakukan perawatan wajah adalah urutan dan tata caranya yang harus benar. Sebab, tidak sedikit orang yang ingin tampil cantik, tetapi masih mengabaikannya. Akibatnya, hasil yang diberikan tidak sesuai. Jadi berikut cara merawat wajah agar cantik di rumah:

1. Tahap Pembersihan Wajah

Masih ada yang berpikir bahwa cara merawat wajah agar cantik cukup dengan membasuhnya dengan air mengalir? Jika cara ini masih saja dilakukan, maka jangan heran kulit wajah tetap kusam dan tak bercahaya.

Berbeda dengan bagian lain yang tertutup pakaian atau hijab (bagi yang mengenakan), wajah adalah salah satu area terbuka dari tubuh. Oleh karena itu, wajah sangat mudah terpapar polutan, baik karena asap, debu, polusi, maupun sinar matahari.

Tak hanya itu, wanita juga terbukti lebih sering memegang area wajah tanpa memerhatikan kebersihan tangan. Demi menjaga kesehatan, pastikan membersihkan area wajah dengan cara berikut ini:

Bersihkan sisa make-up

Langkah pertama dari cara untuk merawat wajah agar cantik adalah membersihkan wajah dari sisa make-up atau kosmetik. Sebab, beberapa kosmetik memiliki sifat waterproof, sehingga tidak akan bersih maksimal jika hanya membasuhnya dengan air.

Pilihlah produk make-up remover atau micellar water yang ramah kulit, mengandung pelembap, dan tidak lengket. Selain untuk menghindari iritasi, juga purging yang berlebihan bagi kulit. Baca juga bahan lokal sebagai cara merawat wajah agar mulus optimal.

Bersihkan wajah

Setelah selesai dibersihkan, basuh wajah menggunakan air hangat agar pori-pori wajah menjadi terbuka. Tuangkan produk pembersih wajah (facial wash) yang sesuai dengan jenis kulit.

Aplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari, lakukan gerakan ini selama beberapa saat. Kemudian bilas menggunakan air dingin atau suhu normal, agar pori-pori tertutup kembali.

2. Tahap Penyegaran Wajah

Cara merawat wajah agar cantik yang kedua adalah melakukan penyegaran wajah atau toning. Selain membersihkan sisa kosmetik yang belum terangkat, toning juga bertujuan untuk menyegarkan serta mengembalikan pH kulit wajah.

Pilihlah produk toner yang sesuai jenis kulit, agar sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam dapat bersih maksimal. Hati-hati, ada dua jenis toner yang ada di pasaran, yaitu:

Exfloating toner

Exfloating toner atau acid toner memiliki peran untuk meregenerasi sel kulit serta membersihkan pori-pori yang tersumbat. Caranya, basahi kapas dengan toner lalu usapkan pada wajah dengan lembut, tidak perlu ditekan terlalu kuat.

Toner jenis ini hanya boleh dilakukan 2 sampai 3 kali saja dalam satu minggu, karena dapat menyebabkan kulit dehidrasi. Jadi, gunakan secukupnya saja.

Hydrating toner

Hydrating toner berfungsi untuk melembapkan, setelah melakukan cleansing atau pembersihan. Selain itu, formula lembutnya juga dapat mengenyalkan kulit, sehingga wajah tampak lebih sehat dan terawat.

Caranya, tuang toner secukupnya pada tangan, lalu tepuk-tepuk secara merata dan perlahan. Hydrating toner sangat aman untuk digunakan setiap hari, pada pagi dan malam hari.

3. Tahap Pelembap Wajah

Pelembap wajah atau moisturizing termasuk hal penting dalam cara merawat wajah agar cantik alami. Fungsi dari tahapan ini adalah untuk meminimalisir timbulnya permasalahan pada kulit wajah, seperti jerawat, noda atau flek hitam, ataupun tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, moisturizer juga akan mengunci semua nutrisi dari rangkaian perawatan sebelumnya. Oleh karena itu, apapun jenis kulit yang dimiliki jangan pernah melewatkan langkah ini. Cukup sesuaikan kandungan di dalamnya, supaya cara merawat wajah agar cantik ini dapat optimal.

Pada tipe kulit berminyak, pilihlah pelembap yang bebas minyak atau oil free dan menggunakan bahan dasar air atau water based. Pada tipe kulit sensitif, pilih pelembap yang berlabel bebas pewangi dan hipoalergenik.

Sementara untuk kulit cenderung normal, pelembap dengan tekstur krim akan lebih cocok. Ada dua jenis pelembap di pasaran, yaitu day cream untuk penggunaan pada pagi hari dan night cream untuk malam hari.

4. Tahap Protecting

Cara merawat wajah agar cantik yang berikutnya adalah tahap protecting. Adapun tujuan dari langkah ini yaitu untuk memberikan perlindungan pada kulit wajah dari polutan dan paparan sinar matahari.

Perlu diketahui, hampir tidak ada sesuatu di bumi ini yang bebas dari paparan sinar UVA. Sebab, sinar UVA dapat menembus awan maupun kaca dan tidak terlalu terpengaruh oleh cuaca. Meski berada di dalam ruangan atau cuaca sedang mendung, sinar UVA akan tetap sampai ke tubuh manusia.

Sayangnya, sinar ini pun dapat menembus kulit jauh lebih dalam daripada sinar UVB. Hal ini tentu cukup berbahaya bagi tubuh, terutama area wajah yang sangat vital bagi wanita. Di sinilah fungsi protecting akan sangat berpengaruh pada cara merawat wajah agar cantik dan sehat.

Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produk sunscreen yang memiliki kandungan SPF dan PA memadai. SPF atau Sun Protector Factor menujukkan tingkat kemampuannya untuk melindungi kulit dari sinar UVB.

Sementara PA menunjukkan tingkat perlindungannya dari sinar UVA. Lakukan pengaplikasian ulang setiap 2 jam sekali, jika sedang melakukan kegiatan di luar ruangan.

5. Skincare Tambahan

Meski berlabel tambahan, keberadaan skincare ini juga penting dalam cara merawat wajah agar cantik. Terutama bagi wanita yang setiap hari harus mengaplikasikan make up tebal dan beraneka ragam. Ada banyak perawatan tambahan yang dapat diterapkan, seperti:

Booster

Booster berfungsi untuk memberikan nutrisi tambahan dan mempersiapkan kulit untuk menerima rangkaian perawatan yang berikutnya. Oleh karena itu, booster diaplikasikan sebelum memakai essence atau serum wajah, agar kandungan di dalamnya dapat bekerja lebih optimal.

Serum

Serum termasuk skincare yang patut dipertimbangkan dalam cara merawat wajah agar cantik. Sebab, serum memiliki peran yang cukup signifikan dalam memenuhi kebutuhan kulit yang lebih spesifik.

Misal, untuk mencerahkan kulit, pilih serum yang kaya akan vitamin C. Sementara untuk mengecilkan pori dan memperbaiki struktur kulit, pilih serum yang memiliki kandungan snail extract.

Essence

Essence berfungsi untuk menutrisi serta melembapkan kulit dengan lebih maksimal. Selain teksturnya yang lebih kental, konsentrasi pada essence juga lebih rendah daripada serum. Mungkin produk yang satu ini masih sulit ditemukan, tetapi hasil yang diberikan akan sebanding dengan perjuangan.

Masker

Masker adalah ramuan khusus yang dapat mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit. Selain menggunakan produk siap pakai, bahan-bahan alami di sekitar rumah juga dapat dimanfaatkan sebagai masker. Entah itu buah-buahan, kopi, yogurt, dan lain sebagainya.

Demikian rangkaian cara merawat wajah agar cantik yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Kenali jenis kulit terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk membeli skincare. Kesalahan dalam kandungan justru dapat merusak dan memperparah kondisi kulit wajah. Salam kulit sehat terawat.

Originally posted 2020-10-10 12:51:31.

Tinggalkan komentar