5 Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Kecantikan, Bagaimana?

CantikSehat – Manggis merupakan buah kaya manfaat yang biasa dijumpai di pasar tradisional. Memang bergantung pada musim, buah manggis tak selalu tersedia. Meski demikian, tak hanya buahnya saja yang enak dikonsumsi, tetapi kulitnya pun bermanfaat. Terdapat banyak cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan. Satu bahannya, berjuta manfaatnya.

Metode paling mudah dilakukan yakni dengan membuatnya sebagai minuman. Baik berupa teh maupun berupa jus, cara konsumsi kulit buah manggis ini tetap akan memaksimalkan performanya. Menggunakannya sebagai masker juga menjadi langkah yang praktis. Anda akan langsung bisa merasakan perbedaannya pada wajah Anda.

cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan

Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan

Sebelum membahas tentang cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan, kita bahas dulu tentang manfaat kulit manggis untuk kecantikan. Berikut manfaatnya:

Mencegah Penuaan Dini

Salah satu kebaikan kulit manggis untuk kulit yakni mencegah penuaan dini. Tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam dapat diminimalisir dengan memanfaatkan kulit manggis. Kandungan kolagen yang tinggi pada kulit manggis akan meregenerasi sel-sel kulit baru. Faktor inilah yang membuat kulit Anda lebih kencang dan terawat.

Kaya Antioksidan

Kekayaan zat antioksidan pada kulit juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas, sehingga bisa mengurangi kulit kusam dan kering. Dengan cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan, maka kebaikannya akan berdampak cukup signifikan bagi tubuh, terutama pada kulit wajah dan rambut Anda. Tak perlu merasa risau lagi bila berhadapan dengan banyak orang, karena tampilan luar tubuh Anda akan semakin terlihat sehat dan bugar.

Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Selain banyak mengandung antioksidan, kulit manggis juga menjadi salah satu penyumbang vitamin C yang baik bila dimakan atau diseduh dalam jangka panjang. Vitamin C akan berperan cukup intens bagi kulit agar lebih bersih. Selain itu, dalam kulit manggis juga terdapat kandungan antosianin. Zat satu ini fokus untuk memperbaiki kulit, khususnya untuk menghaluskan dan mencerahkan secara alami.

Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Kecantikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya kulit manggis menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan untuk kecantikan. Beberapa perusahaan bahkan membuatnya menjadi sebuah ekstrak agar lebih mudah dikonsumsi secara massal. Kulit manggis memang mengandung banyak kebaikan, sehingga ada banyak cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan yang bisa dilakukan. Di antaranya sebagai berikut:

Kulit Manggis Sebagai Minuman

Anda bisa mengolah kulit manggis sebagai minuman. Meminum seduhan kulit manggis secara rutin juga akan berdampak baik pada kesehatan. Bagaimana cara membuat minuman berbahan dasar kulit manggis ini?

Teh Kulit Manggis Rebus

Cara membuat teh kulit manggis rebus ini cukup mudah. Simak step-step-nya berikut ini:

  • Pertama, bersihkan kulit manggis segar, kemudian cuci dengan air mengalir.
  • Ke dua, potong kulit manggis kecil-kecil, lalu rebus dalam panci berisi sekitar 250 ml air.
  • Ke tiga, tunggu hingga mendidih, kemudian angkat dan saring kulit manggis hingga tersisa airnya saja.
  • Ke empat, ketika air rebusan kulit manggis sudah hangat, Anda bisa mencampurkannya dengan gula atau madu.
  • Ke lima, teh kulit manggis sudah siap dikonsumsi. Sebaiknya minum selagi hangat dan belum berubah warna.

Jus Kulit Manggis

Selain membuat rebusan, cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan bisa dilakukan dengan menyajikannya dengan cara di jus. Selain kulit manggis, Anda perlu menyiapkan bahan tambahan lain yaitu air, jeruk nipis, gula, dan madu. Tujuannya untuk menetralisir rasa pahit dari kulit buah tersebut agar bisa dinikmati. Bagaimana cara membuatnya?

  • Pilih kulit buah manggis segar yang sudah dikupas
  • Cuci bersih kulit manggis dengan air mengalir
  • Potong kecil-kecil untuk memudahkan proses memblender
  • Masukkan air, potongan kulit manggis, madu secukupnya, gula pasir dan jeruk nipis
  • Setelah proses memblender selesai, jus kulit manggis siap disajikan

Cara Mengolah Kulit Manggis Kering

Minuman segar juga bisa Anda dapatkan dari kulit manggis kering. Bahan ini akan lebih mudah disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Ada beberapa cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan yang perlu Anda perhatikan, diantaranya:

  • Siapkan kulit manggis yang akan dijemur
  • Cuci kulit manggis dengan air bersih
  • Potong kulit manggis menjadi kecil-kecil untuk mempercepat proses pengeringan
  • Jemur di bawah matahari langsung hingga benar-benar kering. Umumnya membutuhkan waktu sekitar 3 hari penuh.
  • Setelah kering, Anda bisa menyimpannya dalam wadah yang kedap udara. Hal ini dimaksudkan agar kulit manggis kering tidak rentan terhadap jamur.
  • Jika ingin diseduh sebagai minuman, Anda bisa langsung menaruhnya dalam gelas dan mengguyurnya dengan air panas mendidih.
  • Tambahkan gula atau madu sesuai selera.

Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Kecantikan Sebagai Masker

Cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan bisa juga dilakukan dengan menerapkannya sebagai masker wajah. Manggis memiliki senyawa antimikroba yang aktif, mampu meredam segala jenis keluhan kulit bila Anda terapkan secara rutin. Keluhan wajah seperti jerawat dan kerutan halus akan berkurang. Begini cara membuatnya:

  • Pilih beberapa kulit buah manggis, cuci bersih
  • Potong kecil-kecil kulit manggis, tambahkan sedikit air es
  • Blender hingga berubah menjadi cair
  • Gunakan sebagai masker dalam durasi 15-20 menit
  • Cuci bersih wajah menggunakan air hangat

Anda bisa melakukan treatment ini seminggu dua kali atau sesuai kebutuhan. Kulit akan terlihat lebih segar dan cerah jika Anda bisa mengoptimalkan penggunaanya.

Kandungan Nutrisi dalam Kulit Manggis

Dalam 169 gram atau satu buah manggis memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Di dalamnya terdapat 143 kalori, 35 gram karbohidrat, 3.5 gram serat, 1 gram protein, 1 gram lemak. Tak hanya itu saja, 9 persen vitamin C dari kebutuhan sehari-hari juga menjadi pelengkap nutrisi.

Sejumlah 7 persen jumlah tembaga dari kebutuhan harian, 15 persen asam folat, 7 persen tiamin, 6 persen riboflavin menjadi kandungan lainnya. Bahkan ada tambahan 7 persen magnesium dan mangan yang dibutuhkan tubuh, bisa dipenuhi oleh satu biji buah manggis. Tentu kandungan ini juga mencakup kulit buahnya. Cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan yang cukup variatif tidak akan mengurangi kandungannya.

Pengolahan Kulit Manggis untuk Obat

Betapa melimpah manfaat yang bisa didapat dari kulit manggis. Tak hanya baik untuk kecantikan dan kecerahan kulit, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai obat. Simak cara mengolah kulit manggis sebagai obat:

  • Gunakan kulit manggis dari buah yang sudah matang
  • Rebus dalam air mendidih selama 10 menit
  • Buang air rebusan untuk menghilangkan getah
  • Masukkan kulit manggis yang sudah direbus dalam es batu selama 10 menit
  • Setelah dingin, blender kulit manggis tanpa campuran apapun.
  • Saring dan peras airnya hingga tersisa ekstraknya.
  • Taruh ekstrak tersebut dalam wadah kedap udara, simpan dalam kulkas
  • Konsumsi sebanyak 2 sendok makan untuk merasakan khasiatnya.

Berbagai cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan di atas bisa langsung Anda praktikkan di rumah. Dalam jangka panjang, menggunakan kulit manggis sebagai bahan masker dan bahan minuman kesehatan tentu akan bermanfaat untuk tubuh. Sudah siap menyambut kulit dan rambut yang lebih sehat dengan buah manggis?

Tinggalkan komentar