6 Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami yang Mudah, Murah, dan Cepat

Cantik Sehat – Cara menghilangkan panu dengan bahan alami akan dijabarkan dalam artikel berikut ini. Panu bukanlah penyakit yang berbahaya namun penderita penyakit ini sangat rawan terserang permasalahan kepercayaan diri. Panu adalah penyakit jamur yang menyerang kulit. Kulit menjadi berwarna putih berbentuk bulat. Tidak terasa sakit namun terasa gatal. Orang daerah tropis lebih sering terserang panu.

Sebelum menjabarkan beberapa cara menghilangkan panu dengan bahan alami yang sering digunakan, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab-penyebab timbulnya panu. Jadi mikroba pada penyakit panu sebenarnya memang terdapat pada kulit hampir semua orang. Namun karena satu dan lain hal, pertumbuhan jamur ini menjadi lebih cepat dan tak terkendali.  Apa saja penyebab panu sih?

Cara menghilangkan panu dengan bahan alami

Beberapa Penyebab Penyakit Panu  

Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit panu menyerang. Sebagian diantaranya adalah beberapa macam jamur. Sedangkan beberapa penyebab lainnya adalah sistem imunitas tubuh, kelembaban, riwayat keluarga, juga pengobatan tertentu yang dapat menimbulkan reaksi tertentu. Berikut penjelasan akan penyebab-penyebabnya:

1. Rendahnya sistem imun tubuh

Sistem imun yang kurang baik pada seseorang tentu saja menjadi gejala yang tidak menguntungkan. Sistem imun tubuh yang rendah menyebabkan berbagai penyakit mudah menyerang orang tersebut. Bukan hanya penyakit berat namun penyakit-penyakit ringan mudah sekali mampir ke tubuh orang yang punya sistem imun rendah.

Salah satu di antara penyakit yang dapat menyerang karena sistem imun tubuh yang rendah adalah panu. Cara menghilangkan panu dengan bahan alami adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh tentu saja dibantu dengan bahan-bahan lainnya agar pengobatan lebih maksimal.

2. Riwayat kesehatan keluarga

Salah satu penyebab panu menyerang diantaranya adalah riwayat kesehatan keluarga. Orang tua dengan riwayat pernah mengalami panu maka biasanya anaknya akan lebih rentan terserang penyakit. Orang tua perlu lebih waspada dan aware terhadap riwayat ini. Dengan demikian orang tua dapat melakukan pencegahan yang lebih baik lagi.

3. Jenis pengobatan tertentu

Pasien dengan pengobatan tertentu seperti kemoterapi atau pengobatan lain yang mempengaruhi kerja sistem imun lebih beresiko. Bahkan memiliki resiko lebih tinggi terkena panu. Penyakit panu walaupun bukan penyakit berbahaya dan cara menghilangkan panu dengan bahan alami juga tergolong mudah namun penyakit ini cukup mengganggu penampilan.

4. Kelembaban

Jamur tergantung jenisnya ada yang mudah berkembang biak pada kondisi panas. Ada juga yang berkembang biak pada kondisi lembab. Untuk jamur yang menyebabkan penyakit panu, mereka biasanya mudah berkembang biak pada kondisi yang lembab. Makanya, jaga selalu agar kondisi tubuh dan badan tidak basah atau lembab dalam waktu lama.

5. Cuaca tropis

Mengapa cuaca tropis mudah membuat orang terserang panu? Sebabnya adalah udara yang panas membuat orang mudah berkeringat. Kondisi badan yang berkeringat dan tidak segera dikeringkan merupakan surganya jamur. Mereka akan sangat mudah berkembang biak.

Beberapa Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami

Di sekitar kita sebenarnya banyak sekali bahan-bahan alami yang mudah didapat. Bukan bahan-bahan alami yang mahal. Namun khasiatnya cukup bagus dan layak dicoba oleh para penderita penyakit panu. Di bawah ini akan dipaparkan beberapa cara ampuh mengilangkan panu dengan bahan alami:

1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan panu dengan bahan alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan daging lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi dan antibakteri karenanya sangat baik untuk digunakan mengobati panu. Baca juga Inilah 6 Cara Menghilangkan Panu Dengan Bahan Alami, Jamur Pasti Kabur!

Cara penggunaannya adalah dengan mengupas kulit lidah buaya dan menggunakan daging lidah buaya yang bening. Oleskan pada kulit yang terkena panu. Diamkan sampai mengering dan bersihkan dengan air hangat. Penggunaan cukup 2 kali sehari sampai sembuh.

2. Minyak Oregano

Selanjutnya cara menghilangkan panu dengan bahan alami adalah dengan menggunakan minyak oregano. Bagian yang digunakan dalam mengobati panu adalah minyak dan bunganya. Minyak oregano mengandung senyawa carvacrol yang dapat mengurangi dan menyembuhkan panu.’

Cara penggunaannya adalah dengan mengambil 5 tetes minyak oregano. Lalu oleskan dengan kapas pada bagian yang terkena panu. Kemudian keringkan. Gunakan setiap hari untuk hasil yang maksimal. Cara menghilangkan panu dengan bahan alami minyak oregano sangat mudah kan.

3. Belimbing Wuluh

Tahukah bahwa belimbing wuluh yang rasanya sangat asam dan seringkali digunakan untuk memasak ternyata dapat menyembuhkan panu. Ternyata ada kandungan kalsium, oksalat, kalium sitrat, tanin, asam format, glukosa, peroksida, dan anti jamur pada belimbing wuluh. Luar biasa ya kandungannya.

Cara cepat menghilangkan panu dengan bahan alami belimbing wuluh adalah dengan membelahnya menjadi beberapa bagian. Kemudian gosokkan pada bagian kulit yang terkena panu selama 5 menit. Selanjutnya diamkan sampai kering dan bersihkan dengan air hangat.

4. Cuka Apel dan Kunyit

Cara menghilangkan panu dengan bahan alami yang keempat adalah menggunakan cuka apel dan kunyit. Cuka apel mengandung anti jamur, memperlambat infeksi, dan mencegah gatal-gatal kambuh kembali. Sedangkan kunyit mengandung anti bakteri yang tinggi. Penggabungan keduanya akan menyebabkan efek yang sangat bagus.

Cara  menggunakannya adalah dengan menggunakan 2 sendok makan cuka apel dicampur dengan 2 sendok makan kunyit bubuk. Campurkan keduanya, gosok-gosok, dan keringkan, bilas dengan air hangat. Gunakan dengan rutin sampai panu hilang dan warna kulit normal kembali.

5. Yogurt (Tawar)

Yogurt merupakan minuman fermentasi yang sangat banyak manfaatnya. Para ibu hamil pun banyak minum yogurt untuk kesehatan. namun  tidak banyak yang tahu bahwa yogurt ternyata dapat menyembuhkan panu. Dalam yogurt terdapat kandungan kalsium, riboflavin, protein, vitamin B6, vitamin B12. Selain itu kandungan probiotiknya membuat perkembangbiakan jamur terhambat.

Cara menghilangkan panu dengan bahan alami secara cepat menggunakan yogurt adalah dengan mengoleskan yogurt tawar dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat. Bisa juga dengan melakukan pengobatan dari dalam yaitu dengan minum 2 gelas yogurt tawar. Manfaatnya dapat membantu pengobatan sehingga akan lebih cepat sembuh.

6. Tea Tree Oil

Antiseptik tinggi, anti jamur, dan anti bakteri merupakan kandungan alami yang terdapat dalam minyak pohon teh. Dapat juga digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan panu dengan bahan alami. Bagaimana cara penggunaan tea tree oil ini agar panu hilang?

Caranya adalah 1 sendok teh minyak kelapa, 5 tetes minyak lavender, dan 5 tetes tea tree oil. Oleskan pada panu dengan bantuan cotton bud kemudian tambahkan minyak oregano. Lakukan ini secara teratur tiap hari dan lihat manfaatnya  sampai panunya sembuh.

itulah tadi 6 cara menghilangkan panu dengan bahan alami dan cepat. Untuk hasil yang maksimal tentunya harus rutin dan disiplin dalam pengobatan ini. Bahan-bahannya semua mudah ditemukan. Penggunaannya gampang sekali karenanya manfaatkan bahan-bahan di atas untuk memaksimalkan kesembuhan. Panu bukanlah penyakit yang sulit disembuhkan.

Nah cara menghilangkan panu dengan bahan alami di atas dapat segera dipraktekkan. Pencegahan yang paling ampuh adalah dengan menjaga kebersihan kulit dan tidak membuat kulit basah dan berkeringat terlalu lama. Segeralah keringkan agar tidak mengundang jamur yang ada di kulit berkembang biak tak terkendali.

Tinggalkan komentar