13 Tips Temukan Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Cantik Sehat – Tips temukan cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin menghilangkan ketombe. Munculnya ketombe tentu mengganggu penampilan dan menyebabkan rasa gatal di kulit kepala. Ketombe dan rambut rontok bisa terjadi karena berbagai penyebab.

Penyebab umum yang menyebabkan ketombe dan rambut rontok yaitu kulit kepala kering dan salah memilih shampoo. Oleh karena itu, Anda juga harus menghindari penyebab ketombe. Sedangkan jika Anda menginginkan cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok, simak penjelasan di bawah ini!

cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok

Inilah Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Adapun cara mengusir ketombe dan memperbaiki rambut rontok adalah : 

1. Gunakan Lidah Buaya

Tips temukan cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok yaitu menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung berbagai nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan lain sebagainya. Selain membuat rambut berkilau, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. 

Cara menggunakannya yaitu dengan menghaluskan gel lidah buaya. Kemudian oleskan secara merata di permukaan kulit kepala. Setelah semua permukaan diolesi lidah buaya, lanjutkan dengan memijat kepala dengan lembut. Setelah itu diamkan selama 30 menit hingga meresap, lalu bilas dengan air bersih.

2. Gunakan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami selanjutnya yaitu menggunakan jeruk nipis. Selain banyak mengandung vitamin C, jeruk nipis juga mengandung nutrisi lain seperti kalsium, asam sitrat, dan lain sebagainya. 

Adanya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bisa membantu mendorong pertumbuhan akar rambut. Selain itu, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menebalkan rambut dan menghilangkan ketombe. Baca juga 8 Cara Mengobati Ketombe Dan Rambut Rontok Di Rumah yang Mudah.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil air perasan jeruk nipis. Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis dengan air dan oleskan secara merata pada rambut. Setelah dirasa cukup meresap, bilas rambut dengan air bersih. 

3. Gunakan Lemon

Selain jeruk nipis, lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok. Cara menggunakannya yaitu peras jeruk lemon dan campurkan dengan air. Setelah itu oleskan secara merata di permukaan kulit kepala dan rambut, biarkan hingga meresap. Setelah dirasa meresap, bilas rambut dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

4. Gunakan Minyak Kemiri

Tips temukan cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok yaitu menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri banyak dikenal sebagai bahan alami penyubur rambut. Selain bisa menyuburkan rambut, minyak kemiri juga bisa menghilangkan ketombe secara alami. 

Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri di kulit kepala sebelum keramas. Setelah dioles secara merata, biarkan selama 30 menit hingga meresap. Kemudian bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa. 

5. Gunakan Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Cara menggunakannya yaitu dengan mengupas 5-7 butir bawang merah. Kemudian haluskan bawang merah menggunakan blender. Setelah itu oleskan secara merata di permukaan kulit kepala dan diamkan sekitar 10 menit. Selanjutnya bilas dengan air bersih dan lanjutkan dengan keramas seperti biasa. 

6. Gunakan Minyak Zaitun

Tips temukan cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami yaitu menggunakan minyak zaitun. Selain bermanfaat bagi wajah, minyak zaitun juga bisa merawat rambut agar tidak rontok dan terhindar dari ketombe.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun di permukaan kulit kepala secara merata. Setelah itu lanjutkan memijat kulit kepala secara perlahan agar lebih meresap. Selesai memijat kulit kepala, diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas rambut dengan air hangat agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

7. Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Daun sirsak mengandung acetogenin yang bersifat membunuh racun. Adanya sifat inilah yang membuat daun sirsak bisa digunakan untuk menyehatkan kulit kepala. 

Cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan 5 lembar daun sirsak. Setelah itu tumbuk daun sirsak hingga halus dan tambahkan sedikit air. Kemudian oleskan tumbukan daun sirsak secara merata di permukaan kulit kepala, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut dengan air sampai bersih. 

8. Gunakan Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat antibakteri dan asam yang bisa menyeimbangkan pH alami kulit kepala. Meski bermanfaat, sebaiknya gunakan cuka apel dalam batas normal agar tidak membuat rambut menjadi kering. Cara menggunakan cuka apel dengan tepat yaitu dengan menambahkan air lebih banyak dari takaran cuka apel, lalu masukkan dalam botol. 

Kemudian semprotkan ke permukaan kulit kepala setelah keramas. Setelah itu bilas rambut sekali lagi dengan air bersih. Agar mendapatkan hasil lebih maksimal, gunakan perawatan ini 2 kali dalam seminggu. 

9. Gunakan Baking Soda

Tips temukan cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami yaitu menggunakan baking soda. Meski terdengar asing, namun baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara cepat dan permanen. 

Cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan 1/2 sendok teh baking soda dan campurkan dengan air. Pastikan baking soda dan air tercampur hingga mengental. Setelah itu oleskan secara merata di permukaan kulit kepala dan diamkan 15 menit, lalu bilas hingga bersih. 

10. Gunakan Garam

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya yaitu dengan menggosokkan garam secara perlahan di permukaan kulit kepala. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih hingga butiran garam hilang dari permukaan kulit kepala. 

11. Gunakan Minyak Almond

Tips temukan cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami yaitu menggunakan minyak almond. Minyak almond bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara permanen. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak almond secara merata di permukaan kulit kepala. 

Setelah merata, lakukan pijatan ringan agar minyak almond lebih meresap, lalu diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas rambut menggunakan air hangat agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

12. Gunakan Teh Bunga Chamomile

Selain menenangkan saat dikonsumsi, teh bunga chamomile juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Air seduhan teh bunga chamomile bisa membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok. 

Cara menggunakannya yaitu dengan menjadikan air seduhan teh bunga chamomile sebagai bilasan rambut setelah keramas. Jangan lupa untuk memijat secara lembut agar lebih meresap ke dalam kulit kepala. Lakukan perawatan ini secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal. 

13. Gunakan Teh Hijau

Selain teh bunga chamomile, air seduhan teh hijau juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan air seduhan teh hijau dengan minyak zaitun. 

Kemudian bilas kepala dengan air campuran teh hijau dan minyak zaitun. Jangan lupa untuk melakukan pijatan ringan agar lebih meresap, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut sekali lagi menggunakan air hangat. 

Terdapat berbagai tips temukan cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami, mulai dari menggunakan lidah buaya hingga teh hijau. Anda bisa memilih salah satu dari 13 tips di atas agar kulit kepala menjadi lebih sehat dan terbebas dari ketombe. 

Originally posted 2020-10-28 19:20:54.

Tinggalkan komentar