4 Cara Menghilangkan Ketombe Alami yang Ampuh dan Murah, Nomor 3 Gak Nyangka!

Cantik Sehat – Cara menghilangkan ketombe alami dapat dilakukan dengan gampang dan murah. Ketombe adalah bentuk sel-sel kulit di kepala yang terlalu cepat mengalami kerontokan. Kondisi ini mungkin disebabkan karena adanya jamur yang tumbuh di kulit kepala yang mengganggu kelenjar penghasil minyak. Gangguan ini menyebabkan kelenjar memproduksi minyak dalam jumlah yang berlebih.

Ketombe berupa serpihan kulit kepala yang berwarna putih atau keabuan. Serpihan ini sangat mudah terlihat di kepala, bahkan berjatuhan di bagian tubuh lain seperti bahu. Ketombe tidak menular, meskipun demikian memiliki ketombe sangat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Ketahui gejala dan pemicunya sebelum mencari tahu cara menghilangkan ketombe.

cara menghilangkan ketombe alami

Ketahui Pemicu Tumbuhnya Ketombe Pada Rambut

Ketombe memiliki gejala yang sangat mudah dilihat. Adanya serpihan kulit kepala yang berwarna putih, keabuan, terkadang kekuningan, yang berminyak dan mudah jatuh. Serpihan ini mudah terlihat di permukaan kulit kepala, di sela-sela rambut, hingga berjatuhan di bahu. Cara menghilangkan ketombe alami dapat mengurangi gejala lain yang timbul seperti gatal, timbul radang, dan kulit kepala terasa kering.

1. Penyebab Ketombe

Belum diketahui secara pasti penyebab ketombe dalam cara menghilangkan ketombe membandel. Dugaan masih berkisar karena peningkatan produksi minyak oleh kelenjar minyak serta pertumbuhan jamur di kulit kepala. Berikut adalah hal-hal yang diduga menjadi penyebab timbulnya ketombe. Beberapa mungkin disebabkan karena kurang menjaga kebersihan dan pengaruh sistem imun di dalam tubuh.

a. Penyakit Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik adalah sejenis penyakit kulit yang umumnya menyerang kulit kepala dan bagian tubuh yang berminyak. Bagian tubuh yang diserang umumnya di area dahi, punggung, wajah, ketiak, dada, dan pangkal paha. Saat menyerang kulit kepala, penyakit ini menyebabkan kulit merah, berketombe, dan bersisik. Baca juga 8 Tips Temukan Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami.

b. Jamur Malassezia

Malassezia hidup di kulit kepala orang dewasa dalam jumlah yang normal. Kondisi udara panas dan lembab dapat merangsang pertumbuhan luar biasa dari jamur ini dan mengiritasi kulit kepala serta menyebabkan ketombe. Lakukan cara menghilangkan ketombe alami untuk menekan pertumbuhan jamur Malassezia.

2. Kelainan Kondisi Kulit dan Kesehatan Tubuh

Penderita eksim, psoriasis, dan kelainan kondisi kulit lain dapat dengan mudah mengalami gangguan ketombe. Orang dewasa dengan gejala Parkinson dan penyakit saraf lainnya juga rentan memiliki ketombe. Ketombe juga mudah dialami oleh orang-orang dengan sistem imun yang rendah dan penderita stroke.

3. Pola Makan Tidak Seimbang

Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal harus memperhatikan pola makan orang dengan gangguan ketombe. Terlalu banyak makan makanan berlemak dapat memicu produksi kelenjar minyak. Kurangnya kandungan zat besi, vitamin B, dan lemak tertentu di dalam makanan juga dapat meningkatkan resiko ketombe.

Beberapa orang memutuskan untuk berobat ke dokter saat mengalami gangguan ketombe. Pengobatan dengan cara ini biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan ketombe alami yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Cara alami tentu saja lebih aman karena menggunakan bahan-bahan dari alam yang tidak membahayakan tubuh.

Cara Menghilangkan Ketombe Alami, Ampuh dan Murah

Cara menghilangkan ketombe alami dengan cepat bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat di rumah maupun di lingkungan sekitar. Cara ini tentu saja aman karena tidak menimbulkan efek samping seperti yang mungkin terjadi bila menggunakan bahan kimia. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe dengan gampang dan murah.

1. Jeruk Nipis, Kaya Vitamin C

Jeruk nipis sangat kaya vitamin C, selain B1, B2, B3, dan B5. Buah ini juga mengandung karbohidrat, serat, lemak, protein, asam folat, kalsium, magnesium, zat besi, kalium, fosfor, seng, dan gula. Kandungan vitamin dan zat-zat berguna ini sangat berguna untuk mendorong pertumbuhan akar rambut dan mengatasi kebotakan, juga sebagai cara menghilangkan ketombe alami.

Menggunakan jeruk nipis dengan teratur pada kulit kepala dapat mengatasi gangguan ketombe. Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok dilakukan dengan mengoleskan perasan jeruk nipis yang telah dicampur dengan air ke atas kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu bilaslah kulit kepala dengan air bersih. Lakukan dengan teratur minimal seminggu sekali hingga ketombe berkurang.

2. Lidah Buaya, Ampuh untuk Menghilangkan Ketombe

Lidah buaya sangat terkenal akan manfaatnya. Tanaman ini mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, B1, C, protein, karbohidrat, lemak, zat besi, kalsium, dan fosfor. Lidah buaya bermanfaat untuk menguatkan akar dan mencegah kerontokan rambut, membuat rambut berkilau, dan menghitamkan rambut.

Lidah buaya juga digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe alami yang ampuh. Haluskan bagian dalam (daging) lidah buaya lalu oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala. Pijat lembut kulit kepala untuk melancarkan sirkulasi darah dan agar lidah buaya dapat meresap. Diamkan selama setengah jam lalu bilaslah dengan air bersih. Lakukan dengan teratur minimal seminggu sekali.

3. Garam Ternyata Ampuh Menghilangkan Ketombe

Siapa yang menyangka kalau garam ternyata dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe alami yang ampuh. Tekstur garam yang agak kasar dapat menjadi scrub untuk menggosok ketombe agar lepas dari kulit kepala tanpa merusak rambut. Ambil sejumput garam dan gosokkan dengan lembut pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat kemudian cuci rambut menggunakan sampo.

4. Tomat, pH Kulit Kepala Jadi Normal

Tomat dapat menjadi alternatif cara menghilangkan ketombe alami. Ketombe bisa disebabkan oleh penggunaan sampo yang terlalu keras sehingga merubah kondisi pH pada kulit kepala. Tomat dapat mengembalikan pH ini menjadi normal. Hancurkan buah tomat hingga lembut dan campur dengan satu sendok minyak kelapa. Oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut. Mau diet sukses? simak ini.

Setelah dioleskan sampai rata, diamkan hingga meresap. Tak lupa pijat lembut kulit kepala dan area belakang kuping untuk memperlancar peredaran darah. Pemijatan ini berguna untuk membantu proses penyerapan nutrisi ke dalam kulit kepala. Biarkan selama lebih kurang 30 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali.

5. Bawang Putih, Memiliki Kandungan Anti Jamur

Beberapa orang mungkin akan menjadikan bawang putih sebagai alternatif terakhir cara menghilangkan ketombe alami karena baunya yang menyengat. Sebenarnya kandungan anti jamur yang dimiliki bawang putih cukup efektif untuk mambunuh jamur penyebab ketombe. Haluskan bawang putih, campur dengan air, lalu oleskan secara merata ke kulit kepala. Diamkan sesaat kemudian cuci menggunakan sampo.

6. Daun Sirsak, Kaya Kandungan Acetoginin

Semua orang tahu bahwa daun sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun ini mengandung Acetoginin, yaitu kumpulan senyawa aktif yang dapat membunuh racun di dalam tubuh. Daun sirsak mampu mengatasi masalah ketombe karena dapat membunuh jamur penyebab ketombe. Tumbuk beberapa helai daun, campur dengan air, dan gunakan tumbukan daun sirsak ini sebagai masker rambut.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan ketombe alami yang dapat disampaikan. Perlu dipahami bahwa tiap orang akan memberikan hasil yang berbeda. Apabila ketombe tak kunjung sembuh, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter untuk mendapat hasil yang mendalam. Semoga artikel ini bermanfaat.

Originally posted 2020-10-18 21:36:33.

Tinggalkan komentar