Simak 13 Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit, Mudah dan Aman!

Cantik Sehat – Cara menghilangkan gatal pada kulit dapat dilakukan setelah mengetahui penyebab timbulnya gatal. Banyak hal bisa menjadi penyebab gatal pada kulit. Rasa gatal ini bisa muncul sebentar dan reda sendiri, namun terkadang rasa gatal ini bisa berlangsung berhari-hari sehingga sangat mengganggu kenyamanan.

Penyebab gatal pada kulit yang umum terjadi biasanya karena gigitan serangga. Beberapa orang juga merasa gatal bila terkena tanaman tertentu, atau alergi terhadap serbuk tanaman. Ada juga kondisi kulit mengalami psoriasis, yaitu penumpukan sel kulit yang menyebabkan kulit menjadi bersisik dan kering sehingga menimbulkan gatal. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi gatal!

cara menghilangkan gatal pada kulit

Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit Alami

Saat kulit terasa gatal, jangan menggaruknya karena dapat menimbulkan luka hingga infeksi pada kulit. Anda bisa gunakan cara menghilangkan gatal pada kulit dengan cara alami sebagai langkah pertama untuk menenangkan kulit. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan gatal:

1. Kompres Es Batu

Mengompres bagian kulit dengan es batu dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan gatal secara alami dan cepat. Letakkan kantong es atau es batu yang telah dilapisi dengan kain pada bagian kulit yang gatal. Lakukan pengompresan untuk meringankan rasa gatal, mengurangi bengkak, dan ruam. Rasa dingin akan membatasi aliran darah ke tempat peradangan. Baca juga Cara Menghilangkan Tato Secara Cepat di Tubuh.

2. Lidah Buaya

Cara menghilangkan gatal pada kulit dengan alami bisa dilakukan menggunakan tanaman lidah buaya. Daging buahnya yang serupa gel memberikan sensasi dingin yang dapat menenangkan kulit yang gatal dan mengalami iritasi. Hal ini disebabkan karena gel lidah buaya mempunyai kandungan zat yang bersifat antiradang. Gel ini juga membantu melembapkan kulit dan menjaga kecukupan kadar air di dalam kulit.

Menggunakan lidah buaya sebagai obat gatal alergi tradisional cukup mudah. Potonglah tanaman ini dan ambil daging buahnya. Lumat lalu oleskan pada kulit yang gatal. Meskipun lidah buaya aman digunakan, namun ada baiknya lakukan uji alergi sebelum mengoleskan ke permukaan kulit yang gatal. Oleskan sedikit lidah buaya dan nantikan beberapa saat untuk melihat respon kulit.

3. Timun

Timun banyak digunakan sebagai bahan perawatan kulit di klinik-klinik perawatan kecantikan. Buah timun mengandung senyawa yang dapat menyejukkan dan menyegarkan kulit. Buah ini juga dapat digunakan untuk membantu meredakan ruam dan gatal di kulit. Cara menghilangkan gatal pada kulit menggunakan timun dilakukan dengan cara menempelkan parutan buah ini ke atas kulit yang gatal.

4. Kulit Pisang

Siapa yang mengira kalau kulit pisang bisa menjadi obat gatal kulit yang cukup efektif? Kulit pisang memberi khasiat yang dapat menyejukkan dan menenangkan kulit yang terasa gatal. Cara menggunakannya cukup mudah. Letakkan kulit pisang sebelah dalam di atas kulit. Lakukan pemijatan secara perlahan agar kandungan zat meresap ke dalam kulit dan sampai rasa gatalnya berkurang.

5. Cuka Apel

Cuka apel terkenal memiliki segudang manfaat. Cuka apel jugadapat digunakan sebagai cara menghilangkan gatal pada kulit. Oleskan bagian kulit yang gatal dengan kapas yang telah dibasahi dengan cuka apel dan diamkan hingga kering. Cuka apel dapat menetralkan racun yang mungkin menjadi penyebab rasa gatal pada kulit tersebut. Perlu diingat untuk tidak memberi cuka apel pada kulit yang luka.

6. Sari Lemon

Asam yang dihasilkan oleh sari lemon merupakan astringent (bahan yang bersifat mengeringkan) alami. Sari lemon banyak digunakan dalam produk kecantikan karena mampu mengurangi minyak berlebih serta menyerap racun berbentuk minyak penyebab gatal. Bahan ini sering digunakan sebagai cara menghilangkan gatal di kaki dengan mengoleskannya langsung pada kulit yang mengalami ruam.

7. Minyak Nabati

Terdapat beberapa macam jenis minyak nabati yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan gatal pada kulit. Anda bisa memilih mengoleskan minyak zaitun, jojoba, argan, chamomile, atau minyak safflower langsung pada kulit yang mengalami ruam. Setiap minyak nabati tersebut memiliki kelebihan sendiri namun semua jenis minyak ini berfungsi untuk menenangkan kulit.

8. Oatmeal

Penggunaan oatmeal sebagai obat alami untuk meredakan gejala gatal pada kulit telah lama disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika. Oatmeal diketahui efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari gatal, eksim, hingga luka bakar. Campurkan satu cangkir oatmeal ke dalam bak mandi lalu berendam selama setengah jam untuk meredakan gatal-gatal pada badan.

Demikianlah cara menghilangkan gatal pada kulit secara alami yang dapat dilakukan. Selain itu Anda juga dapat mengonsumsi atau mengoleskan beberapa jenis obat-obatan untuk membantu meredakan rasa gatal.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Kulit Secara Medis

Berikut adalah beberapa jenis obat pereda gatal seluruh badan yang bisa dibeli bebas, maupun dengan resep dokter:

9. Antihistamin

Pada beberapa orang, saat bertemu dengan benda asing, tubuhnya akan melepaskan suatu zat yang bernama Histamin. Histamin adalah senyawa kimia hasil dari sistem imun tubuh yang bermaksud menyingkirkan benda asing atau alergen yang berpotensi mengganggu tubuh. Perannya dalam mengusir alergen akan menimbulkan gejala alergi seperti bersin dan gatal-gatal di kulit.

Cara menghilangkan gatal pada kulit dengan menggunakan obat antihistamin bekerja melalui penghambatan produksi histamin pada kulit yang dapat memicu gatal. Beberapa antihistamin seperti klorfeniramin dapat menyebabkan kantuk sehingga sebaiknya diminum menjelang waktu tidur. Agar bisa mengetahui jenis antihistamin yang tepat sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

10. Obat Oles Nonsteroid

Obat oles nonsteroid dapat Anda dapatkan dengan bebas tanpa resep dokter. Bentuknya bisa berupa salep, krim, losion, gel, maupun bedak. Obat ini mampu memberi efek menenangkan kulit dan meredakan rasa gatal yang diaplikasikan di bagian luar tubuh. Beberapa obat oles nonsteroid yang digunakan adalah krim yang mengandung mentol dan atau capsaicin, losion calamine, dan salep pramoksin.

11. Kortikosteroid

Obat kortikosoid dapat dipakai sebagai cara menghilangkan gatal pada kulit di seluruh badan yang disebabkan oleh radang. Obat ini tersedia dalam bentuk obat oles seperti krim hidrokortison, maupun tablet minum. Obat kortikosoid biasanya digunakan untuk mengatasi radang dan gatal-gatal pada kulit akibat digigit serangga, eksim, dermatitis, ataupun reaksi alergi.

12. Antibiotik

Obat antibiotik digunakan sebagai pencegah infeksi. Apabila Anda menggaruk bagian kulit yang gatal hingga menjadi rusak seperti berdarah dan bernanah maka Anda perlu mengonsumsi obat ini. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan antibiotik yang tepat untuk tubuh Anda. Maun info diet sehat dan ampuh turunkan berat badan? Simak disini!

13. Antidepressant

Beberapa obat antidepresan golongan SSRI seperti sertralin atau fluoksetin dapat dipakai untuk mengatasi gatal pada kulit akibat kelainan saraf. Antidepresan digunakan untuk mengobati rasa gatal yang timbul akibat masalah psikologis. Obat ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter dan penggunaannya harus berada di bawah pengawasan tenaga medis.

Demikianlah ulasan tentang cara menghilangkan gatal pada kulit. Jika rasa gatal masih berlanjut bahkan kian parah, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter secara mendalam. Hal ini untuk mengetahui apakah rasa gatal yang dialami merupakan tanda gejala penyakit yang serius seperti diabetes, penyakit hati, hingga kanker.

Tinggalkan komentar