Ketahui Penyebab dan 8 Cara Menghilangkan Fungal Acne

Cantik Sehat – Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan fungal acne, ada baiknya untuk mengetahui apa itu fungal acne. Fungal acne berbeda dengan jerawat pada umumnya. Jerawat pada umumnya disebabkan karena pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran atau minyak yang berlebih dan juga oleh bakteri. Selain itu, jerawat juga bisa disebabkan oleh faktor hormonal yang dimiliki seseorang.

Berbeda dengan jerawat biasanya, fungal acne disebabkan oleh jamur Malassezia. Jerawat jenis ini tidak selalu muncul di wajah, namun seringkali justru ada pada bagian punggung, lengan atas dan juga dada. Pertumbuhan jamur yang tidak normal dapat menyebabkan peradangan, iritasi kulit dan fungal acne. Fungal acne berbentuk bintik kecil menyerupai bruntusan dan menimbulkan rasa gatal.

cara menghilangkan fungal acne

Penyebab Fungal acne

Banyak orang yang belum mengetahui tentang fungal acne dan menganggap sama dengan jerawat biasa. Hal ini juga menyebabkan penanganan yang dilakukan seringkalli kurang tepat. Sebelum mencari cara mengatasi fungal acne, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa penyebab dari munculnya fungal acne. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya fungal agne.

1. Kulit Terlalu Lembab karena Keringat

Kulit yang terlalu lembab karena keringat berlebih merupakan salah satu penyebab munculnya fungal acne. Jamur menyukai tempat lembab untuk berkembang biak. Mengenakan pakaian olah raga dalam jangka waktu lama dan dalam kondisi berkeringat akan memicu munculnya fungal acne. Selain itu, menggunakan kembali pakaian olah raga yang belum dicuci dapat meningkatkan risiko munculnya fungal acne.

2. Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Mengkonsumsi obat jenis tertentu seperti misalnya antibiotik dapat menyebabkan munculnya fungal acne. Hal ini terjadi karena obat yang dikonsumsi akan mematikan jamur dan bakteri alami yang ada dalam tubuh sehingga akan terjadi ketidak seimbangan jamur dan bakteri pada tubuh. Cara menghilangkan fungal acne yang disebabkan karena konsumsi obat jenis tertentu haruslah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

3. Sistem Kekebalan Tubuh yang Rendah

Sistem kekebalan tubuh yang dimiliki oleh seseorang sangat berpengaruh terhadap kesehatannya. Fungal acne juga dapat dengan mudah muncul pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah. Orang dengan autoimun sangat rentan menderita fungal acne. Jamur akan mudah menyerang tubuh yang memiliki imunitas rendah. Jaringan kulit merupakan salah satu jaringan yang paling rentan terserang penyakit pada penderita autoimun.

4. Cuaca Panas

Cuaca panas seringkali menyebabkan tubuh lebih mudah berkeringat. Selain cuaca yang panas, tinggal di dataran rendah juga membuat tubuh lebih mudah berkeringat dibandingkan dengan tinggal di daerah dataran tinggi. Jadi, jika Anda sedang melakukan cara menghilangkan fungal acne, maka harus hindari panas.

Keringat berlebih dapat menyebabkan kulit menjadi lembab dan kotor. Kondisi lembab merupakan salah satu kondisi yang disukai oleh jamur. Oleh karena itu orang yang sering berkeringat lebih rentan terkena fungal acne. Baca juga

5. Asupan Makanan

Salah satu cara untuk mencegah munculnya fungi acne adalah dengan memperhatikan asupan makanan harian. Jamur sangat menyukai gula dan karbohidrat untuk tumbuh. Oleh karena itu, kurangi konsumsi gula dan karbohidrat dalam makanan sehari-hari. Gula berlebih di dalam tubuh akan memicu produksi hormon insulin. Kelebihan hormon insulin dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Cara Menghilangkan Fungal acne

Setelah mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan munculnya fungal acne, maka dapat dilakukan antisipasi agar fungal acne tidak muncul di tubuh. Namun jika sudah terlanjur muncul fungal acne, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkannya. Berikut adalah beberapta cara menghilangkan fungal acne yang dapat dilakukan.

1. Jaga Kebersihan Tubuh

Selalu menjaga kebersihan tubuh menjadi salah satu cara mengobati fungal acne. Jamur tidak menyukai tempat yang bersih untuk tumbuh, oleh karena itu sangat disarankan untuk selalu menjaga tubuh dalam kondisi bersih. Setelah berolah raga atau aktivitas yang menyebabkan berkeringat, sebaiknya segera bersihkan diri dan ganti pakaian dengan yang bersih.

2. Hindari Menggunakan Pakaian Ketat dalam Jangka Waktu Lama

Menghindari mengenakan pakaian ketat dalam jangka waktu lama dapat menjadi salah satu cara menghilangkan fungal acne. Bagian tubuh yang tertutup pakaian ketat akan lebih mudah menjadi lembab dibandingkan dengan bagian tubuh lain. Jika terpaksa harus mengenakan pakaian ketat, pilihlah pakaian dengan jenis kain yang dapat menyerap keringat sehingga dapat mengurangi kelembapan pada kulit.

3. Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat Tinggi

Membatasi asupan gula dan karbohidrat dalam makanan harian menjadi salah satu cara menghilangkan fungal acne secara alami. Hormon insulin akan dihasilkan jika tubuh menerima asupan gula dalam jumlah tinggi. Hormon insulin ini dapat menyebabkan munculnya jerawat, terlebih jika tubuh juga menerima asupan karbohidrat dalam jumlah yang tinggi pula. Imbangi asupan makanan harian dengan buah dan sayur tinggi serat dan vitamin.

4. Gunakan Pelembab Wajah Oil Free

Salah satu cara menghilangkan fungal acne dan mencegahnya datang lagi adalah dengan menggunakan pelembab wajah oil free atau bebas dari minyak. Pelembab wajah yang mengandung minyak justru akan memperparah kondisi fungal acne. Gunakan pelembab wajah bebas  minyak untuk membuat kulit wajah tetap lembab namun tidak menyebabkan penumpukan minyak pada pori-pori kulit.

5. Hindari Oil Based Cleanser

Cara menghilangkan fungal acne serta mencegahnya muncul lagi dapat dilakukan dengan menghinfari penggunaan pembersih wajah yang berbahan dasar minyak. Gunakan miccelar water atau cleanser water sebagai pembersih pada wajah yang berminyak. Kandungan minyak pada produk pembersih dapat memicu munculnya lebih banyak jerawat.

6. Gunakan Produk Anti Jamur

Produk-produk anti jamur dapat digunakan sebagai cara menghilangkan fungal acne. Apabila fungal acne muncul pada bagian kepala, gunakanlah shampo anti ketombe. Ketombe biasanya juga disebabkan oleh jenis jamur, sehingga menggunakan shampo anti ketombe dapat membantu untuk mengatasi fungal acne pada kulit kepala.

7. Mengkonsumsi Obat Anti Jamur

Konsultasi dengan dokter sangat diperlukan apabila fungal acne yang muncul tidak segera hilang. Fungal acne merupakan jenis jerawat yang membutuhkan penanganan dari dokter. Apabila kondisi sudah parah, biasanya dokter akan memberikan resep obat anti jamur yang harus dikonsumsi. Aktivitas yang mengeluarkan keringat yang dilakukan 24 jam setelah mengkonsumsi obat anti jamur dinilai menjadi salah satu cara yang efektif.  

8. Gunakan Skincare Khusus

Orang yang menderita fungal acne sebaiknya menggunakan skincare yang memiliki kandungan bahan tertentu. Skincare yang mengandung propolis, ekstrak teh hijau dan asam salisilat (BHA) merupakan jenis skincare untuk fungal acne. Propolis memiliki kandungan zat yang bersifat anti microba dan anti peradangan sehingga dapat mengatasi peradangan kulit akibat fungal acne. Asam salisilat merupakan salah satu bahan yang berfungsi sebagai anti jamur.

Fungal acne seringkali dianggap sama dengan bruntusan sehingga cara menghilangkan fungal acne menjadi kurang tepat. Selintas fungal acne terlihat mirip dengan bruntusan, namun sebenarnya keduanya berbeda. Jika fungal acne disebabkan oleh jamur Malassezia, maka bruntusan disebabkan oleh bakteri yang tumbuh secara berlebihan. Selain itu, bruntusan juga disebabkan karena adanya penumpukan minyak dan sel kulit mati pada pori-pori kulit.

Apabila beberapa cara menghilangkan fungal acne sudah dilakukan namun belum juga sembuh, sebaiknya segera berkonsultasi dengan ahli atau dengan dokter spesialis kulit. Tetaplah menjaga kebersihan dan upayakan agar kondisi tubuh tidak lembab sehingga terhindar dari fungal acne. Semoga bermanfaat.

Originally posted 2020-10-23 21:38:37.

Tinggalkan komentar