10 Cara Mengatasi Wajah Kering Yang Terbukti Ampuh, Buktikan Yuk!

Cantik Sehat – Cara mengatasi wajah kering dapat kamu lakukan dengan mudah dan alami. Tentu saja memiliki wajah yang kering membuat tidak percaya diri. Nah, wajah kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya bisa disebabkan karena faktor lingkungan yang menghilangkan kelembapan pada kulit.

Selain itu, gaya hidup juga dapat memicu kulit wajah menjadi kering. Misalnya mandi menggunakan air panas, penggunaan make up yang salah, dan perawatan yang mengeringkan kulit. Mungkin untuk mendapatkan hasil instan kamu menggunakan bahan dari dokter atau dengan perawatan lainnya.

cara mengatasi wajah kering

Ketahui Cara Mengatasi Wajah Kering dan Penyebabnya

Cara mengatasi wajah kering supaya tepat dalam penanganannya harus diketahui penyebanya terlebih dahulu. Meskipun, di atas sudah disebutkan beberapa faktor penyebab wajah menjadi kering. Namun untuk mengetahui secara lebih rinci di bawah ini akan dijelaskan.

1. Penggunaan Antiseptik Berlebihan

Menggunakan sabun antiseptik yang berlebihan membuat wajah menjadi kesat dan kering. Apabila kebiasaan ini tidak dikurangi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah. Pasalnya, minyak alami pada kulit akan ikut hilang dan menyebabkan kulit menjadi kering.

2. Suhu Dingin dan Kelembapan Rendah

Penyebab kulit kering yang sering tidak disadari adalah udara yang dingin. Biasanya dalam ruangan yang menggunakan AC suhu menjadi dingin dan kelembapan udara rendah dan mengakibatkan kulit kering. Nah, apabila kamu lebih banyak menghabiskan waktu diruangan ber-AC tersebut, bisa jadi kulitmu akan kering.

3. Mandi dengan Air Panas

Menggunakan air terlalu panas saat mandi dapat mengakibatkan kulit kering dan bersisik. Pasalnya, kelembapan alami kulit mudah hilang dan memicu kulit cepat kering. Cara mengatasi wajah kering dan bersisik yaitu memastikan temperatur air yang kamu gunakan tidak terlalu panas. Baca juga Inilah 5 Cara Cantik Wajah Agar Tampak Sehat Alami.

4. Mandi Terlalu Lama

Memang asyik mandi dengan air dingin sehingga lupa waktu. Ternyata kebiasaan ini membuat air dalam tubuh menguap meskipun saat mandi wajah bersentuhan langsung dengan air. Faktanya, seletah mandi air dipermukaan tubuh justru cepat menguap dan mengakibatkan kulit menjadi kering.

Cara Mengatasi Wajah Kering Secara Alami

Cara alami memang menjadi salah satu langkah yang banyak ditempuh karena memiliki efek samping yang sedikit. Namun, butuh kesabaran karena cara mengatasi wajah kering secara alami tidak bisa didapatkan secara instan tetapi butuh proses yang lama. Untuk langkahnya di bawah ini:

1. Gunakan Minyak Zaitun

Cara mengatasi wajah kering dan perih bisa menggunakan minyak zaitun. Gunakan minyak tersebut untuk masker wajah. Lakukan secara rutin, miniman 3 kali dalam seminggu. Cara lainnya bisa dengan mencampurkan minyak zaitun dengan alpukat atau madu.

2. Gunakan minyak kelapa

Selain minyak zaitun, cara mengatasi wajah kering bisa menggunakan minyak kelapa. Hal ini karena dalam minyak kelapa mengandung emolien yang dapat mengisi ruang diantara sel-sel kulit sehingga tercipta kulit yang halus. Dengan demikian lemak jenuh dalam minyak dapat melembabkan kulit.

Kamu dapat menggunakannya setiap hari pada daerah yang kering, bahkan untuk tempat sensitif pun tetap aman. Misalnya, daerah bawah mata atau sekitar mulut. Nah, untungnya lagi dalam memakai minya kelapa sebagai cara mengatasi wajah kering kamu tidak perlu mencapurnya dengan bahan lain.

3. Minum Air Putih Yang Cukup

Salah satu penyebab wajah kering bisa karena kekurangan cairan dalam tubuh. Nah, untuk mengatasinya tentu kamu harus memenuhi kebutuhan air tersebut. Dengan terpenuhinya air dalam tubuh membuat kamu tetap terhidrasi dan menjaga kelembapan wajah. Cara mengatasi wajah kering dengan air yaitu konsumsi air putih sesuai anjuran, yakni 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.

4. Hindari Mandi Air Panas

Mandi air panas saat udara terasa dingin memang enak, namun dampaknya juga cukup buruk untuk kulit. Pasalnya, air panas tersebut akan menghilangkan minyak alami yag terdapat dalam kulit sehingga memicu kulit menjadi kering bahkan gatal. Sebagai cara mengatasi wajah kering dan gatal, sebaiknya hindari mandi menggunakan air panas.

5. Hindari Mandi Terlalu Lam

Untuk mencegah dan mengatasi wajah kering sebaiknya hindari mandi terlalu lama. Pasalnya, mandi dengan durasi lama akan membuat air yang ada dalam permukaan tubuh menguap sehingga mengakibatkan kulit menjadi kering. Dianjurkan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit.

6. Keringkan Wajah Secara Tepat

Cara mengatasi wajah kering yang keenam yaitu mengeringkan wajah dengan cara yang tepat. Setelah selesai membasuh wajah segera keringkan dan gunakan kain yang menyerap air. Selain itu, pilihlah handuk yang berbahan lembut dan cukup ditepuk-tepukkan. Apabila kamu menggosokkan ke wajah akan mengakibatkan kulit lebih kering dan merusak kulit bagian luar.

7. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat ternyata juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering dan bruntusan. Pasalnya, kandungan dalam lidah buaya dapat membantu melembabkan kulit. Cara memakainya bisa langsung dioleskan ke bagian wajah yang kering atau mencampurnya dengan minyak almond.

8. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau dapat digunakan sebagai cara mengatasi wajah kering. Mencampurkan teh hijau dengan salah satu minyak essensial seperti minyak kelapa, minyak almond atau minyak lavender.Jadi, cukup di rumah saja tidak perlu jauh-jauh untuk mencari cara menghilangkan kulit kering.

9. Memakai Krim Susu

Krim susu sudah terkenal sejak zaman dulu sebagai bahan yang digunakan untuk kecantikan. Salah satunya untuk melembabkan kulit yang kering. Caranya terapkan susu segar pada bagian seluruh wajah setiap hari. Dengan demikian, kulit menjadi lembab dan lingkaran hitam juga hilang.

10. Memakai Masker Alpukat

Cara mengatasi wajah kering selanjutnya adalah dengan menerapkan masker alpukat pada wajah. Campurkan alpukat dengan madu hingga menjadi pasta kemudian gunakan pada wajah secara merata. Kandungan asam lemak pada alpukat bersifat anti bakteri sedangkan madu dapat menghidrasi kulit wajah.

11. Menggunakan Pelembab Alami

Cara mengatasi wajah kering yang terakhir adalah dengan menggunakan pelembab alami. Mencampurkan bubuk almond, madu dan minyak argan dapat menjadi solusi atasi kulit kering. Pastikan bubuk almond yang hendak digunakan telah ditumbuk dengan halus sehingga saat digunakan sebagai masker tidak menggores kulit wajah.

 12. Konsumsi Makanan Yang Kaya Anti Oksidan dan Omega 3

Selain dari luar, cara mengatasi wajah kering juga dapat dilakukan dari dalam. Yakni mengonsumsi makanan yang dapat membuat kulit lebih segar da terhindar dari kering.  Cara tersebut dapat dengan mengonsumsi makanan kaya anti oksidan dan omega 3 seperti tomat, wortel, kacang polong, sayuran dan buah.

 13. Mengonsumsi Ikan

Selain mengonsumsi makanan kaya antioksidan dan omega tiga, makan ikan juga dapat mencegah wajah kering dari dalam. Dengan memperbanyak makan ikan dan sayur nutrisi kulit akan terpenuhi. Selain itu, dengan mengonsumsi ikan asam lemak dan vitamin cukup sehingga membuat kulit kenyal dan terhidrasi.

Nah, di atas adalah 13 cara mengatasi wajah kering dan beberapa penyebabnya. Apabila kamu mengalami hal tersebut dapat mengaplikasikan salah satu cara di atas. Sebaiknya ketahui dulu apakah kamu alergi atau tidak terhadap bahan yang akan kamu gunakan tersebut.

Tinggalkan komentar