Pusing Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering? Simak 8 Penjelasan Ini!

Cantik Sehat – Cara mengatasi kulit wajah kering yang kurang tepat akan mengakibatkan masalah serius. Penanganan yang tepat harus dilakukan. Namun sebelum melakukan tindakan pengobatan, harus dideteksi terlebih dahulu apa penyebabnya. Walaupun permasalahan kulit kering sering dianggap tidak serius namun jangan coba-coba meremehkannya ya.

Ada beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab kulit wajah kering. Satu diantaranya adalah berkurangnya kelembaban alami pada kulit wajah. Sedangkan penyebab berkurangnya kelembaban alami pada kulit wajah disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab-penyebab tersebut dan cara mengatasi kulit wajah kering secara alami akan dibahas dalam artikel ini.

Cara mengatasi kulit wajah kering

Penyebab Kulit Wajah Kering

Kulit wajah kering sungguh terlihat kurang elok apalagi bila hal ini menyerang kaum hawa yang sangat memperhatikan penampilan. Rasa minder seringkali menyerang bila ada masalah terutama pada wajah. Berbagai cara mengatasi kulit wajah kering tentunya dicoba oleh mereka yang merasa sangat terganggu dengan masalah kulit wajah yang kering. Apa saja ya penyebabnya?

1. Mencuci wajah terlalu sering

Terlalu seringnya mencuci wajah mungkin disebabkan oleh kekhawatiran bahwa wajah yang kotor akan menyebabkan jerawat dan rusaknya kulit. Sayangnya, kebiasaan satu ini justru membuat kelembaban kulit wajah malah tergerus lebih banyak dan kulit wajah menjadi kering. Baca juga 10 Cara Mengatasi Wajah Kering Yang Terbukti Ampuh, Buktikan Yuk!

Cara mengatasi kulit wajah kering seperti ini tentunya dengan mengurangi frekuensi mencuci muka ya. Tentunya untuk menjaga agar kelembaban alami dapat lebih terjaga. Kelembaban alami yang terjaga dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan segar. Terpenting kulit menjadi lebih sehat karena terhidrasi dengan baik.

2. Kondisi udara yang terlalu dingin

Keadaan cuaca yang cukup ekstrim atau di luar daya tahan seseorang merupakan penyebab kulit kering yang cukup sering dialami. Untuk orang-orang yang tinggal di daerah dingin biasanya sudah paham dan memiliki cara mengatasi kulit wajah kering. Namun untuk yang terbiasa dengan cuaca panas, kondisi dingin dapat dengan mudah merusak kulitnya karena tidak terbiasa.

3. Pemakaian kosmetik yang bahan dasarnya terlalu keras

Bahan kosmetik yang kandungan kimianya lebih banyak daripada kandungan alaminya biasanya dapat menyebabkan kulit wajah kering dan gatal. itulah sebabnya cara mengatasi kulit wajah kering dan gatal juga menjadi salah satu hal yang harus mendapat perhatian khusus.

4. Kebiasaan merokok

Kandungan zat-zat dalam rokok seperti nikotin sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya membawa efek yang buruk pada kulit. Kulit menjadi kusam dan sel-selnya menjadi rusak. Nah sekarang sudah tahu kan bahwa rokok sangat merusak kesehatan. Tidak hanya buruk bagi paru-paru, jantung, tenggorokan, dan bagian tubuh sendiri namun buruk juga bagi orang di sekitarnya.   

Cara mengatasi kulit wajah kering

Tidak terlalu sulit sebenarnya mengatasi masalah kulit wajah kering. Terpenting bila menemukan gejala kulit wajah kering segeralah cari penyebabnya dan tempuh cara mengatasinya dengan cermat. Jangan sampai niatnya mengatasi masalah kulit kering, justru menimbulkan masalah lainnya karena tidak cocok menggunakan obat-obatan kimia. Berikut merupakan cara mengatasi kulit wajah kering:

1. Jaga asupan cairan

Telah diketahui bahwa tubuh manusia sekitar 80% mengandung air. Apabila kurang dari kadar tersebut maka banyak akibat buruk yang dapat ditimbulkan. Seperti darah yang kekurangan asupan cairan maka dapat terjadi pengentalan darah. Kulit yang kurang terhidrasi otomatis menjadi berkurang kelembabannya dan menjadi kering bahkan bersisik.

2. Oleskan minyak kelapa

Cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas bisa juga dengan minyak kelapa yang mengandung emolien. Minyak kelapa banyak sekali manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan merawat kecantikan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Untuk kelembaban dan memperbaiki kulit yang kering dan rusak juga ternyata ampuh.  Kulit menjadi lebih halus dan lembut.

3. Jangan biarkan tubuh dalam keadaan basah terlalu lama

Ternyata tubuh yang basah terlalu lama dapat menjadi penyebab kulit wajah kering karena retensi air pada kulit justru jadi berkurang. Salah satu cara mengatasi kulit wajah kering adalah dengan mempersingkat durasi mandi agar kelembaban alami dapat terjaga.

4. Gunakan air hangat atau sejuk saat mandi

Sebagian orang menyukai mandi dengan air yang cukup panas karena bagi mereka hal itu membuat badan lebih segar. Namun akan lebih baik bila saat mandi menggnakan air cukup yang hangat-hangat kuku saja ya. Boleh juga dengan air suhu ruang. Cara ini dianggap mampu membuat kulit lebih sehat termasuk kulit wajah tentunya. Air yang cenderung panas membuat minyak alami pada wajah malah luruh.

5. Oleskan petroleum jelly

Minyak tanah yang dimurnikan sebenarnya bermanfaat untuk menahan kelembaban alami kulit. Efeknya tentu saja sangat baik kan. Menggunakan minyak ini merupakan salah satu cara mengatasi kulit wajah kering dan iritasi. Kesehatan kulit dapat lebih terawat dan terjamin.

6. Penuhi kebutuhan tubuh akan zat antioksidan serta omega-3

Cara mengatasi kulit wajah kering berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat yang kaya antioksidan. Kerusakan kulit akibat radikal bebas dan racun polusi udara dapat dihambat dengan maksimal berkat kandungan antioksidan.

Makanan yang kaya akan antioksidan contohnya adalah tomat, kacang-kacangan, sayuran, aneka buah, wortel, serta kacang polong., sedangkan untuk makanan yang mengandung omega 3 diantaranya adalah ikan salmon. Namun bila dirasa harga ikin ini cukup menguras kantong dapat disiasati dengan mengkonsumsi ikan kembung yang juga memiliki kandungan omega-3 yang juga tinggi.

7. Bersihkan wajah secukupnya saja

Sebaiknya cuci wajah maksimal 3 kali saja dalam sehari. Lebih dari itu justru akan berpotensi membuat kelembaban alami kulit berkurang. Akibat selanjutnya dapat ditebak yaitu kekeringan akan menyerang kulit wajah. Minyak alami pada tubuh tak dapat bertahan dan menempel lebih lama di kulit.

8. Lakukan pengelupasan kulit mati

Kulit kering dapat diatasi dengan mengelupas sel-sel kulit alami dengan cara alami. Contohnya adalah dengan menggunakan masker oatmeal. Selain itu dapat juga mengoleskan gula pada wajah dan menjadikannya masker untuk mengelupas sel-sel mati pada kulit wajah.

9. Gunakan masker untuk wajah

Bagaimana agar cara mengatasi kulit wajah kering pada ibu hamil dapat terjamin keamanannya? ibu hamil sangat rawan terserang masalah kulit. Baik iritasi, gatal-gatal, kering bersisik. Salah satu cara aman yaitu dengan menggunakan masker untuk wajah dari bahan-bahan alami. 

Masker apa saja yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit wajah kering? Di antaranya adalah masker pepaya, mentimun, serta pisang. Lalu masker pisang, madu, dicampur dengan minyak zaitun. Ada lagi masker madu dipadukan dengan kuning telur. Kemudian masker semangka plus madu. Juga masker madu dan alpukat. Satu lagi yang ampuh berkhasiat adalah lidah buaya dan mentimun.

Penggunaan bahan alami ini memang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil. ibu hamil sangat rawan terkena iritasi dan harus sangat menjaga diri dari paparan zat-zat kimia demi kesehatan janin. Namun selain ibu hamil, penggunaan bahan alami juga sangat bagus digunakan oleh orang dewasa lain pada umumnya.

itulah beberapa cara mengatasi kulit wajah kering. Sebaiknya memang memilih bahan-bahan alami agar lebih aman dan menghindari efek samping secara maksimal. Sebagaimana yang telah diketahui bahan-bahan alami memang cenderung lebih aman dan tanpa efek samping.

Originally posted 2020-10-25 21:39:03.

Tinggalkan komentar