Inilah 5 Cara Cantik Wajah Agar Tampak Sehat Alami

Cantik Sehat – Cara cantik wajah bisa didapatkan dengan berbagai usaha. Ada beberapa orang yang lebih memilik jalan pintas dengan perawatan berbahan kimia. Tak sedikit pula yang menutupi kekurangan wajah dengan sapuan make up tebal sehingga tidak tampak alami. Sangat disayangkan, sebab, cara terbaik untuk tampil alami adalah dengan merawat kulit wajah secara rutin menggunakan bahan-bahan alami.

Ada beberapa cara agar wajah menjadi lebih sehat, cerah, lembut dan cantik alami. Hal yang paling penting adalah melakukan kebiasaan baik yang dapat menjaga kondisi kulit. Pada prosesnya, melatih kebiasaan baik ini kadang terasa sulit. Namun, hasilnya lambat laun akan tampak, dan sifatnya lebih permanen dibandingkan cara instan. Simak yuk cara cantik wajah alami ini!

cara cantik wajah

Kebiasaan Baik Sebagai Cara Cantik Wajah Tampak Alami

Berikut beberapa kebiasaan baik untuk kesehatan kulit wajah:

1. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Cara bikin cantik wajah yang paling sederhana adalah dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup. Tak banyak yang menyadari bahwa minum air putih tidak hanya berguna untuk menghilangkan dahaga saja. Pada dasarnya fungsinya adalah memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sebagaimana kita ketahui bahwa tubuh manusia terdiri dari 70% cairan.

Konsumsi air putih yang cukup dapat membuat kulit menjadi lebih bercahaya. Hal ini disebabkan karena air putih dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Selain itu, cukup minum juga dapat menjaga kelembapan kulit. Jadi, sebelum bingung memilih krim wajah mahal, sebaiknya lebih dahulu membiasakan mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup. Idealnya, dalam sehari, konsumsi air putih sebanyak dua liter.

2. Rutin Membersihkan Wajah

Menjaga kebersihan wajah adalah cara cantik wajah alami. Setelah beraktifitas, biasanya kulit wajah menjadi kotor. Tentunya kotoran ini tidak mudah tampak, tetapi jika dibiarkan menumpuk, akan mengakibatkan berbagai masalah pada kulit. Misalnya tumbuhnya jerawat, muncul komedo, dan kulit wajah menjadi kusam. Baca juga 7 Cara Merawat Wajah Agar Mulus dan Cerah, Ikuti Yuk!

Cara membersihkan wajah bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut.

  • Mencuci tangan, agar kuman pada tangan tidak berpindah ke wajah
  • Membersihkan wajah dari make up, bisa dengan menggunakan krim pembersih
  • Usapkan sabun pembersih wajah sambil melakukan pijatan ringan
  • Bilas dengan air hingga bersih

Saat membilas, bisa menggunakan air dingin maupun air hangat. Jika menggunakan air hangat, pastikan agar suhunya tidak terlalu panas, sehingga tidak malah menghilangkan kelembapan alami kulit. Perhatikan agar tidak terlalu sering mencuci wajah menggunakan sabun agar tiidak iritasi. Menjaga kebersihan kulit merupakan cara cantik wajah  alami dan sehat

3. Menghindari Rokok dan Soda

Kebiasaan merokok, selain dapat mengganggu kesehatan secara keseluruhan, ternyata juga memberikan efek pada kulit wajah. Kandungan nikotin dalam rokok dapat menghambat hidrasi pada kulit, sehingga mengakibatkan wajah menjadi cepat keriput. Selain rokok, konsumsi minuman soda juga harus dihindari. Sebab minuman ini tinggi gula, yang dapat mengakibatkan dampak buruk pada kulit.

Kandungan gula pada minuman bersoda ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, kusam, dan lebih cepat keriput. Jadi salah satu cara bikin wajah cantik alami adalah menghindari rokok dan minuman bersoda. Lebih baik menggantinya dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, yaitu sekitar delapan gelas per hari.

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Cara cantik wajah agar tampak sehat alami adalah dengan megonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup. Banyak buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin dan zat gizi baik bagi tubuh. Di antaranya adalah pepaya, tomat, stroberi, alpukat, wortel, dan timun. Selain dikonsumsi sebagai makanan, buah dan sayur juga dapat diolah menjadi masker wajah.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Banyak orang yang lebih sering begadang dan menyepelekan waktu tidur. Setiap manusia memerlukan waktu tidur sepanjang enam hingga delapan jam. Pada saat tidur inilah, tubuh melakukan regenerasi sel, termasuk sel kulit wajah. Jumlah dan kualitas tidur yang baik adalah salah satu cara mempercantik wajah agar tampak lembap, bersinar, dan sehat.

6. Menghindari Stres

Salah satu cara cantik wajah agar tampak sehat adalah dengan menghindari stres. Perlu diketahui bahwa stres yang berkepanjangan dapat mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi kurang terhidrasi. Akibatnya, kulit wajah menjadi keriput dan kusam. Carilah cara untuk meredakan stres yang paling sesuai dengan kondisi masing-masing.

Sebaiknya sisihkan waktu untuk melakukan me time yang menyenangkan bersama anak dan orang terkasih untuk meningkatkan hormon endorfin dan oksitosin. Keduanya adalah hormon kebahagiaan yang dapat meredakan stres. Caranya adalah dengan melakukan olahraga, menjalankan hobi, atau sekadar menyalurkan kasih sayang. Hal itu dapat menjadi cara cantik wajah alami.

7. Menggunakan Kosmetik Sehari-hari yang Ringan

Cara cantik wajah alami adalah dengan mengaplikasikan make up sehari-hari yang ringan dan sederhana. Hindari kebiasaan penggunaan make up lengkap untuk pemakaian harian. Hal ini dapat membuat kulit wajah lebih cepat lelah. Selain itu, make up yang menutupi pori-pori membuat kulit wajah susah bernapas, bahkan bisa menyumbatnya. Akibatnya akan muncul gangguan pada wajah.

Cara Cantik Wajah Dengan Make Up Sederhana

Untuk pengaplikasian sehari-hari, sebaiknya menggudakan gaya make up sederhana. Ada beberapa titik pada wajah yang bisa ditonjolkan sehingga tampak cantik, segar alami. Cara membuat wajah cantik tanpa make up lengkap adalah dengan memastikan agar wajah dalam kondisi bersih dan lembap. Berikut langkah pengaplikasian make up sederhana untuk sehari-hari.

1. Pastikan Wajah Bersih

Wajah yang bersih akan membuat make up lebih mudah menempel secara merata. Jadi, cara cantik wajah secara alami sebelum mengaplikasikan make up adalah membersihkannya. Mengaplikasikan make up pada wajah yang belum dibersihkan justru akan membuatnya cepat luntur. Selain itu, kotoran akan semakin menumpuk dan pori-pori kulit wajah menjadi tersumbat.

2. Aplikasikan Pelembap

Setelah dibersihkan, segera aplikasikan pelembap pada wajah. Langkah ini dapat membuat kulit wajah terhidrasi, lembap, kenyal, dan mencegah kerutan penuaan dini. Setelah diaplikasikan merata dari sisi luar wajah ke arah dalam, lakukan pijatan lembut.  Hal ini bertujuan agar pelembap mudah terserap dan sekaligus membangkitkan syaraf wajah.

3. Gunakan Spons Untuk Mengaplikasikan Base Make Up

Cara cantik wajah dengan make up alami adalah menggunakan foundation, atau krim dasar lainnya yang sewarna dengan kulit. Selain itu, pilihlah yang memiliki tekstur ringan dan dan aplikasikan menggunakan spons. Cara ini dapat membuat hasil akhir yang lebih lembut dan natural, tidak terkesan seperti topeng. Kalau mau diet sehat tanpa sulit dengan biaya murah? simak disini!

4. Beri Kesan Menonjol Pada Satu Bagian Wajah

Agar lebih alami, tak perlu mengaplikasikan make up penuh dan tebal di semua bagian wajah. Cukup dengan menonjolkan bagian tertentu saja. Misalnya dengan menonjolkan bulu mata yang lentik menggunakan maskara. Atau bisa juga dengan rias alis yang mengikuti bentuk aslinya. Tambahkan sapuan samar blush on, untuk memberikan kesan segar.

5. Oleskan Lip Balm

Untuk riasan bibir yang lembut, pastikan agar tampak lembap dan kenyal. cara cantik wajah dengan menonjolkan riasan bibir adalah menggunakan lip balm. Jika dirasa perlu, gunakan lipstick dengan warna lembut yang memberi kesan segar. Contohnya adalah soft pink. Hindari warna gelap dan tegas, agar riasan wajah tampak lebih alami.

Demikianlah cara cantik wajah agar  tampak sehat secara alami. Dengan melakukan kebiasaan baik seperti disebut sebelumnya, kulit akan tampak sehat. Jika ditambah make up sederhana, penampilan akan menjadi cantik alami.

Tinggalkan komentar