Ingin Tahu Cara Agar Terlihat Cantik? Berikut 8 Langkah Rahasianya!

Cara agar terlihat cantik ini patut menjadi perhatian, karena setiap wanita pasti mendambakannya. Beberapa di antara mereka bahkan ada yang menyediakan budget khusus untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Hal ini sangat wajar dan bagus untuk dilakukan, karena bagaimana pun tubuh memang harus dirawat. Dengan tenaga profesional, kulit sehat tak lagi menjadi soal. Sayang, di balik kata perawatan tersebut masih banyak wanita yang mudah tergiur dengan produk kecantikan abal-abal.

cara agar terlihat cantik
wanita ingin terlihat cantik

Inilah Cara Agar Terlihat Cantik Alami

Menurut banyak wanita, cara instan agar terlihat cantik tidak akan memberikan efek yang berarti. Faktor yang paling berpengaruh adalah hasil yang diberikan oleh produk tersebut memang terlihat secara nyata dan cepat.

Ini terjadi karena keinginan untuk cantik bertemu dengan minimnya pengetahuan, sehingga menjadi sasaran empuk bagi oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Meskipun di media elektronik sudah banyak pemberitaan, tetapi ternyata praktik tersebut tetap ada.

Berhati-hatilah, lebih baik gunakan cara agar terlihat cantik yang alami dan minim efek samping. Lantas, bagaimana caranya?

1. Perawatan Kulit Wajah

Hal pertama yang harus diperhatikan baik-baik adalah perawatan kulit wajah. Sebab, kecantikan seseorang seringkali dikaitkan dengan area wajah. Oleh karena itu, lakukan perawatan dengan metode dan produk yang tepat. Berikut adalah beberapa cara agar terlihat cantik yang dapat dilakukan di rumah:

Lakukan Pembersihan Wajah

Bersihkan wajah sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu setelah bangun tidur dan menjelang tidur malam. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit dengan gerakan memutar dan sedikit pijatan. Berikan perhatian lebih pada area yang paling berminyak atau kotor, seperti dahi, hidung, dagu, dan leher.

Gunakan Toner dan Moisturizer

Setelah wajah selesai dibersihkan, jangan lupa untuk menggunakan toner atau penyegar wajah. Toner pada cara agar terlihat cantik berfungsi untuk mengencangkan pori-pori serta mengembalikan pH normal pada kulit wajah.

Sementara moisturizer berfungsi untuk melembapkan kulit wajah, agar tidak dehidrasi. Selain itu, pelembap juga akan membuat wajah terasa lembut dan kenyal.

Gunakan Sunscreen

Sunscreen adalah salah satu produk yang berfungsi untuk melindung wajah dari sinar ultraviolet atau yang biasa dikenal sebagai tabir surya. Oleh karena itu, jangan lupa oleskan sunscreen sebelum mulai beraktivitas pada pagi hari.

Pilihlah produk yang memiliki kandungan SPF minimal 30, jika sering beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari, terutama pada jam 10 sampai 12 siang.

Konon, pada jam tersebut kandungan indeks UV yang dimiliki matahari lebih dari 7. Hal ini berarti sangat berbahaya bagi tubuh, terutama bagian wajah dan dapat menyebabkan kanker kulit. Jika ingin berjemur, lakukan sebelum jam 9 pagi atau setelah jam 3 sore.

Gunakan Riasan

Berias diri atau menggunakan make-up bukanlah sesuatu yang diharamkan di dalam rangkaian cara agar terlihat cantik. Namun, pastikan tidak mengaplikasiakannya berlebihan, karena produk tersebut dapat menyumbat pori-pori wajah.

Jika memang diharuskan untuk berdandan, pilihlah produk yang memiliki kandungan ringan dan lakukan double cleansing. Saat akhir pekan, berikan kesempatan pada kulit wajah untuk bernapas. Baca juga, tips cantik sehat.

2. Perawatan Rambut

Cara agar terlihat cantik yang kedua yaitu dengan memberikan perawatan rambut yang tepat. Bagi wanita, rambut ibarat mahkota yang dapat menunjang penampilan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menyediakan sedikit waktu dan perhatian untuk merawat rambut. Berikut adalah beberapa langkah mudah agar rambut sehat dan bersinar:

Keramas

Keramas yang baik dilakukan setiap 2-3 kali dalam satu minggu, bukan setiap hari. Sebab, di dalam kulit kepala terdapat kelenjar minyak yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan rambut dan mengeluarkan kotoran. Jika minyak tersebut hilang, maka rambut akan mudah rapuh, kering, dan kusam.

Sama halnya seperti produk perawatan wajah, membeli sampo pun harus sesuai dengan jenis atau kondisi kulit. Tujuannya agar kulit kepala tetap sehat, permasalahan pada rambut pun dapat teratasi.

Keramaslah dengan cara yang benar, yaitu dengan melakukan pijatan ringan pada kulit kepala. Ingat, jangan menggaruknya dengan kuku, karena dapat menimbulkan luka.

Gunakan Kondisioner

Memasukkan kondisioner ke dalam cara agar terlihat cantik patut diperhitungkan. Sebab, kondisioner memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kelembapan, mencegah kerusakan, serta membuat rambut berkilau.

Oleskan kondisioner dari ujung hingga pertengahan rambut, tidak perlu sampai ke kulit kepala. Ratakan menggunakan sisir, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih.

3. Perawatan Tubuh

Merawat tubuh dengan baik juga termasuk cara agar terlihat cantik bersinar. Pada dasarnya, perawatan tubuh sama dengan tahapan dalam merawat wajah. Dapat dimulai dengan mandi teratur, menggunakan lotion, serta tabir surya atau sunblock.

Alangkah lebih baik, jika diselingi dengan melakukan eksfoliasi dan masker secara rutin. Lakukan pada area wajah dan tubuh minimal 2 kali dalam satu minggu.

4. Cukupi Kebutuhan Air

Sebagian besar organ tubuh memerlukan cairan untuk bekerja secara optimal, terutama bagian kulit. Oleh karena itu, memastikan tubuh mendapat asupan cairan yang cukup termasuk salah satu cara agar terlihat cantik.

Minumlah minimal 2 liter dalam sehari, agar tubuh terbebas dari zat-zat yang tidak berguna. Jika sedang melakukan olahraga, maka minumlah lebih banyak lagi.

5. Pola Makan Sehat dan Teratur

Melewatkan salah satu jam makan akan memberikan kerugian kepada diri sendiri, baik sarapan maupun makan malam. Sebab, tubuh memerlukan nutrisi sebagai sumber energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Makanlah sehari 3 kali yang diselingi dengan camilan sehat di sela-sela jam makan.

Menghapus salah satu jam makan saat melakukan diet, bukanlah salah satu cara agar terlihat cantik. Sebab, diet adalah tentang pengaturan jumlah kalori dan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Melewatkan jam makan justru akan meningkatkan rasa lapar yang dapat berimbas dengan makan berlebih. Oleh karena itu, bijaklah dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

6. Tidur yang Cukup

Siapa bilang tidur yang cukup hanya penting untuk kesehatan? Faktanya, tidur berkualitas juga memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dunia kecantikan. Beberapa di antaranya yaitu menghilangkan kantung mata dan guratan halus, meregenerasi sel kulit, serta menjaga mood.

7. Olahraga

Cara agar terlihat cantik yang sering diabaikan adalah melakukan olahraga. Alasan paling klasik adalah malas bergerak, membutuhkan waktu yang cukup lama, atau bahkan takut berkeringat. Hal ini cukup disayangkan, mengingat keringat adalah salah satu cara paling efektif untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Jika hal ini dilewatkan begitu saja, berbagai masalah kesehatan pun akan turut mengintai. Sebab tubuh kurang bergerak dan metabolism melambat, sedangkan makanan terus masuk.

8. Mencintai Diri Sendiri

Salah satu kunci cara agar terlihat cantik adalah dengan mencintai diri sendiri. Alih-alih mengingat segala kekurangan yang dimiliki, lebih baik mencintainya sebagai keunikan atau keistimewaan diri.

Selain melakukan perawatan rutin, kecintaan terhadap diri sendiri juga dapat diwujudkan dengan mengenakan pakaian yang tepat. Entah dari segi bentuk, corak, motif, ataupun pemilihan warna.

Demikian 8 cara agar terlihat cantik yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Menjadikan orang lain sebagai inspirasi untuk memperbaiki diri sangat diperbolehkan, tetapi jangan menerapkannya sebagai patokan. Sebab, setiap wanita terlahir cantik, hanya kepercayaan diri saja yang membedakan kadar tersebut.

Originally posted 2020-10-09 03:04:19.

Tinggalkan komentar