Berikut Cara Agar Cantik dan Awet Muda Berikut, No. 7 Gampang Banget!

Cantik Sehat – Cara agar cantik dan awet muda bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Tetap tampak cantik dan awet muda meski sudah berusia lanjut adalah impian setiap wanita. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, seseorang harus rutin melakukan perawatan pada kulit wajah untuk menjaganya agar tetap kencang.

Selain melakukan perawatan wajah secara rutin, seeorang juga harus memperhatikan gaya hidup. Menurunnya kekencangan kulit bukan hanya disebabkan karena faktor usia namun juga karena gaya hidup dan pola makan yang kurang baik. Berikut adalah beberapa cara membuat wajah cantik dan awet muda yang bisa dilakukan sehari-hari.

cara agar cantik dan awet muda
gaya hidup sehat untuk cantik awet muda

Menerapkan Gaya Hidup Sehat dalam Cara Agar Cantik dan Awet Muda

Cara agar cantik dan awet muda harus dilakukan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat selain membuat wajah tampak awet muda juga membuat tubuh menjadi lebih bugar. Berikut cara untuk membuat wajah tampak awet muda dengan menerapkan gaya hidup sehat:

1. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup di malam hari bisa membuat tubuh lebih fit, kulit menjadi sehat, dan terlihat muda. Kulit akan lebih aktif dalam melakukan regenerasi sel di saat malam, oleh karena itu hindari tidur terlalu larut atau begadang.

Lama tidur yang ideal adalah 7-9 jam untuk memberi waktu yang cukup bagi sel-sel kulit melakukan perbaikan dan regenerasi sehingga kulit menjadi kencang dan awet muda. Kurang tidur dapat menyebabkan timbulnya garis-garis halus di wajah, lingkaran hitam di mata, dan kantong mata.

Saat berada dalam kondisi kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon stres kortisol yang merusak zat protein kolagen. Sebaliknya, cara agar cantik dan awet muda dengan cukup tidur akan membiarkan tubuh memproduksi kolagen yang dapat memperbaiki sel dan jaringan kulit.

Tubuh dan pikiran harus rileks agar mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Sebelum memejamkan mata, Anda bisa melakukan beberapa cara agar cantik dan menarik seperti mandi air hangat, meditasi, atau membaca.

Hindari makanan berat, cokelat, kafein, dan alkohol karena akan membuat Anda sulit tidur. Matikan semua televisi, ponsel, dan lampu ketika hendak tidur.   Bebaskan rambut dari karet maupun asesoris lainnya. Asesoris rambut dapat menekan kulit kepala dan akar rambut yang mengakibatkan rambut menjadi tipis.

Sebaiknya tidur dengan cara telentang untuk membiarkan aliran darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Tidur dengan posisi miring tidak disarankan dalam cara agar cantik dan awet muda karena dapat memicu keriput dan garis-garis halus.

2. Menghindari Stres

Stres adalah penyebab utama penuaan dini. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa stres dapat menyebabkan kerusakan telomere, yaitu bagian DNA yang bila diperpendek akan menyebabkan kematian sel.

Dalam kondisi normal, telomere memang akan berkurang seiring waktu. Akan tetapi kondisi stres dapat mempercepat prosesnya. Inilah yang mengakibatkan terjadinya penuaan dini.

Oleh sebab itu, menghindari stres adalah cara agar cantik dan awet muda yang harus dilakukan. Cobalah untuk selalu berpikir positif dan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Baca juga 5 Cara Merawat Wajah Agar Cantik Tanpa Polesan.

Berkumpul bersama keluarga dan teman, melakukan meditasi, berjalan-jalan menikmati alam terbuka, atau melakukan kegiatan amal bisa dilakukan untuk mengurangi stres.

3. Aktif Bergerak dan Berolahraga

Tahukah Anda bahwa rutin berolahraga adalah salah satu cara supaya cantik dan menarik? Saat melakukan olahraga, aliran darah di dalam tubuh akan bergerak dengan lancar dan mengedarkan pasokan nutrisi yang berguna ke seluruh tubuh.

Oksigen yang berguna akan lebih banyak diserap dan tubuh menghasilkan hormon bahagia yang dapat mencegah penuaan dini. Cara agar cantik dan awet muda dengan berolahraga minimal 3 jam setiap minggu dapat membuat kulit menjadi muda.

Keringat yang keluar saat berolahraga membantu membersihkan kulit dari kotoran dan sel kulit mati sehingga kulit menjadi kenyal dan bercahaya. Apabila tidak sempat melakukan olahraga, usahakan untuk tetap aktif bergerak dalam kegiatan sehari-hari yang Anda jalani.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh membutuhkan cairan dalam jumlah yang cukup untuk proses metabolisme. Selain itu, minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat menjadi cara membuat wajah cantik dan awet muda.

Kandungan air yang cukup di dalam tubuh akan membuat kulit terhidrasi sehingga kelembabannya tetap terjaga. Kulit menjadi lebih segar, elastis, dan kenyal. Minumlah air minimal 2 liter sehari, satu liter sebelum makan siang, dan satu liter lagi sampai sore. Aturan ini hendaknya diterapkan dalam cara agar cantik dan awet muda.

Jangan meminumnya sekaligus karena tubuh akan langsung membuang kelebihannya daripada menggunakannya. Biarkan tubuh menyerap air dan memanfaatkannya dengan meminumnya secara bertahap.

5. Jauhi Rokok dan Minuman Beralkohol

Rokok dan minuman yang mengandung alkohol harus dijauhi dalam cara agar cantik dan awet muda. Kandungan rokok dan alkohol dapat membuat kulit menjadi kering dan mengalami penuaan dini.

Rokok mengandung nikotin yang dapat memicu kerusakan kolagen yang dibutuhkan bagi proses peremajaan kulit. Minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan dehidrasi sehingga kulit menjadi keriput.

6. Tidak Melupakan Tabir Surya

Kulit yang terpapar sinar matahari terlalu lama dapat mengalami penuaan dini. Sinar UV yang terkandung di dalam sinar matahari akan memecah kolagen di dalam kulit dan menyebabkan lapisan elastin menjadi abnormal. Akibatnya kulit menjadi tipis dan berkerut, memiliki flek hitam, kusam, dan menua.

Agar terhindar dari penuaan dini, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap hari sebagai cara agar cantik dan awet muda. Oleskan kulit dengan pelindung sinar matahari ini meski Anda sedang berada di dalam ruangan.

Gunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 20 dan oleskan setiap 2 jam sekali jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, lindungi kulit dengan ektra perlindungan dari pelembab agar tidak kering dan menghitam.

7. Tertawa Membuat Wajah Awet Muda

Tertawa dapat membuat tubuh menjadi rileks. Saat Anda tertawa, tubuh akan mengurangi produksi hormon stress, dan produksi hormon endorfin meningkat. Tubuh menjadi lebih berkualitas, aliran darah lebih lancar, produksi kolagen menjadi lebih baik, dan sel-sel kulit dapat melakukan regenerasi dengan sempurna.

Wajah yang selalu tersenyum dan tertawa akan nampak lebih muda dibandingkan wajah yang selalu tampak muram. Tertawa gembira selain dapat menurunkan tingkat stres juga dapat menurunkan resiko kematian mendadak akibat serangan jantung.

Hati yang gembira dapat meningkatkan imunitas di dalam tubuh karena memiliki daya tahan yang lebih kuat dalam melawan penyakit. Jadi, jangan ragu untuk tertawa dan terus bahagia karena termasuk cara agar cantik dan awet muda.

8. Rajin Mengonsumsi Sayur, Buah, dan Asam Lemak Omega-3

Sayur dan buah-buahan mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Tomat, ubi jalar, dan labu mengandung beta-karoten. Zat ini mampu melindungi kulit dari sinar UV dan radikal bebas penyebab penuaan pada kulit.

Aneka buah juga memiliki kandungan yang sangat baik. Delima misalnya, mengandung antioksidan yang baik untuk melindungi kulit dari radiasi UV. Karenanya, rajin makan sayur, buah dan omega 3 merupakan cara agar cantik dan awet mudah yang wajib dilakukan setiap wanita.

Selain sayur dan buah, rajin mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 juga dapat membantu mencegah penuaan. Makanan seperti biji-bijian, kenari, dan ikan salmon dapat menguatkan tulang, menjaga mood, dan mengurangi peradangan sebagai tanda-tanda munculnya penuaan.

Demikianlah ulasan tentang cara agar cantik dan awet muda yang bisa disampaikan. Hidup teratur dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat selain membuat wajah tampak awet muda juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Tinggalkan komentar